Moch Dzikry Teori itu mudah, tapi praktek cukup sulit untuk dilakukan. Terkadang rasa malas dapat menghambat kita dalam mencapai suatu tujuan.

Investasi Saham: Pengertian dan Tips dalam Membelinya

3 min read

Pengertian Investasi Saham

Sejak pandemi 2020 berlangsung, investasi saham terbukti menjadi incaran masyarakat karena tingginya peluang untuk memperoleh keuntungan. Berdasarkan riset yang dilampirkan oleh Kata data, per Juni 2021 telah ditemukan lebih 44% kenaikan investor yang setara dengan 5.6 juta masyarakat di Indonesia.

Hal ini menunjukkan bahwa minat masyarakat untuk melakukan investasi serta ketertarikan perusahaan untuk membuka sahamnya cenderung meningkat.

Baca juga : pengertian dan fungsi saham menurut para ahli

Investasi saham menjadi salah satu sorotan yang menarik perhatian masyarakat. Selain caranya mudah, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

Namun perlu diingat bahwa dibalik besarnya keuntungan yang diperoleh, saham sendiri memiliki risiko kerugian cukup besar pula. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memperhitungkan strategi yang diperoleh agar mendapat capital gain.

Untuk membeli saham, Anda akan mendapat opsi untuk membeli saham Indonesia maupun saham luar negeri. Cara untuk membeli saham tersebut juga berbeda, bila membeli saham di Indonesia, Anda bisa menggunakan aplikasi atau melalui broker untuk diteruskan transaksinya ke pasar modal Bursa Efek di Indonesia.

Pengertian Saham

Sebagai tata cara untuk mendapatkan pemasukan secara pasif, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan saham. Saham memiliki pengertian sebagai salah satu aset yang dapat disimpan, dijual, atau dibeli kembali di pasar modal. Banyak orang yang membuat investasi sebagai alat untuk menambah kekayaan adalah dengan tingkat bunga yang lebih besar dibandingkan deposito Anda.

Investasi saham cenderung menggiurkan karena akan mendapat keuntungan yang lebih cepat dan mudah. Namun besarkan keuntungan tersebut juga selaras dengan risiko yang akan diperoleh.

Berdasarkan artikel yang ditemukan, ditemukan bahwa tingginya dan besarnya lonjakan saham yang diperoleh, maka saham tersebut dapat berpeluang jatuh maupun memperoleh risiko yang besar pula.

Investasi saham umumnya dipakai sebagai pemasukan pasif karena mereka sering dipandang sebagai tabungan jangka panjang. Saham memang terletak pada keuntungan, meski demikian Anda tidak boleh mengandalkan sebagai pemasukan utama karena mereka bersifat tabungan atau perputaran uang dingin Anda yang jarang digunakan.

Tips Beli Saham Di Indonesia

Sejak pandemi, saham Indonesia mulai mengalami kenaikan secara signifikan. Untuk itu, ada baiknya Anda mengetahui tips dan cara membeli saham-saham yang ada di Indonesia yakni sebagai berikut.

1. Daftar akun di perusahaan sekuritas

Hal awal dari melakukan investasi saham adalah mendaftarkan diri ke perusahaan sekuritas. Untuk mendaftar, Anda akan diminta untuk mengisi data diri dan mengumpulkan dokumen seperti KTP, NPWP, buku tabungan, dan lain sebagainya. Pilihan layanan sekuritas dapat anda lihat pada link berikut ini.

Baca juga : memahami fungsi dan jenis-jenis pasar modal

Meskipun Anda akan diminta mengumpulkan data diri, perusahaan sekuritas biasanya akan menyimpan dengan laman data pribadi Anda.

Sebelum mendaftar, Anda juga harus memastikan bahwa perusahaan sekuritas tersebut dilindungi dan diawasi oleh OJK (otoritas jasa keuangan). Lebih lanjut, Anda juga akan diminta untuk mengisi data diri seperti nama, alamat tinggal, waktu lahir, email, dan lain sebagainya.

2. Lakukan setoran awal

Anda akan diminta untuk menyetorkan sejumlah uang sebagai modal awal melakukan investasi saham. Setoran ini perlu dimasukan ke rekening dana investor (RDI), dan jumlah dana tersebut umumnya berbeda-beda di tiap perusahaan sekuritas.

3. Akses dashboard

Anda perlu memanfaatkan dashboard Anda setelah melakukan transaksi. Dashboard ini berfungsi untuk melihat dan menjalankan berbagai transaksi jual-beli saham Anda di perusahaan sekuritas.

Tips Beli Saham Di Luar Negeri

Selain membeli saham lokal, Anda juga bisa membeli saham dari luar negeri. Hingga saat ini, sudah beberapa perusahaan sekuritas yang menerima investor luar negeri. Oleh karena itu berikut tips membeli saham di luar negeri.

1. Buat akun rekening saham luar negeri

Untuk memulai dan memudahkan berbagai transaksi saat investasi di saham luar negeri. Anda perlu membuat akun rekening saham luar negeri.

Baca juga : mengenal jam buka dan tutup pasar forex (market hours)

Anda juga akan diminta untuk mengisi sejumlah data diri dengan melengkapi dokumen, data diri dan aspek lain dari formulir yang diberikan. Dalam tahapan ini, proses pembukaan rekening akan disedikan oleh broker seperti IBKR (Interactive Broker And Tastyworks).

2. Masukan saldo awal atau / deposit

Mirip seperti pembelian saham dalam negeri, Anda akan diminta untuk menyetorkan sejumlah uang terlebih dahulu untuk memudahkan tahapan investasi saham luar negeri.Selain regulasinya mirip, biasanya jumlah deposit dana yang perlu ditaruh cenderung tidak beda jauh dengan harga di dalam negeri

3. Gunakan aplikasi online

Mudahnya teknologi akan membantu Anda membeli berbagai saham di luar negeri. Anda hanya perlu memanfaatkan fitur serta mengecek berbagai kelebihan yang ada di saham perusahaan sekuritas luar negeri.

Pertimbangan Beli Saham di Indonesia maupun Luar Negeri

Adapun beberapa pertimbangan yang juga perlu Anda pahami dalam membeli saham di dalam negeri ataupun luar negeri, diantaranya yaitu:

1. Mulai riset tentang perusahaan

Anda bisa melihat perusahaan sekuritas yang baik ketika Anda melihat mereka memberikan laba yang tinggi. Pendapatan dan laba bisa dilihat dari laba 10 tahun terakhir. Dari hal tersebutlah Anda bisa menimbang perusahaan sekuritas mana yang lebih baik.

2. Lihat ke-aktif-an saham

Baik perusahaan dalam maupun luar negeri, Anda perlu memperhatikan emiten yang memiliki saham yang aktif. Saham yang masih aktif cenderung lebih terpercaya, oleh karena itu Anda perlu mempertimbangkan aspek aktifnya saham.

3. Sering Periksa Laporan Keuangan

Hal yang tidak kalah penting lainnya adalah manajemen perusahaan, baik pemasukan dan pengeluaran. Baik Indonesia maupun luar negeri, setiap laporan perusahaan cenderung berbeda, namun Anda bisa membandingkan kualitas manajemen pada laporan keuangan mereka masing-masing.

Kesimpulan

Saham merupakan salah satu instrument investasi yang paling digemari masyarakat luas. Dengan jumlah capital gain yang tinggi, Anda bisa memperoleh keuntungan dalam jumlah singkat. Investasi sendiri tidak hanya ada di Indonesia melainkan di luar negeri.

Baca juga : fungsi sistem informasi bagi perusahaan

Tahapan melakukan investasi saham di negara sendiri dan diluar negeri pun berbeda. Selain dari jenis saham yang berbeda, Anda juga perlu memperhatikan tata cara melakukan investasi tersebut.

Meski demikian, Anda perlu mempertimbangkan hal-hal tertentu sehingga bisa memilih berinvestasi secara bijaksana dan memperoleh keuntungan yang lebih besar.

Moch Dzikry Teori itu mudah, tapi praktek cukup sulit untuk dilakukan. Terkadang rasa malas dapat menghambat kita dalam mencapai suatu tujuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.