Hewan Rayap: Jenis, Kasta dan Cara Mengatasinya

2 min read

Hewan rayap

Saat ini, telah ada 2000 lebih jenis hewan rayap yang diketahui di berbagai belahan dunia. Nah dari ribuan jenis tersebut, sejumlah 200 spesies seringkali ditemui di wilayah Indonesia. Akan tetapi, sekitar puluhan jenis saja yang memberikan pengaruh buruk pada tempat tinggal atau rumah-rumah warga.

Baca juga : fungsi keluarga dalam kehidupan manusia

Rayap jenis Coptotermes bisa menyebabkan kerusakan sekitar 90% pada perabotan rumah tangga seperti furniture, kusen, meja dan berbagai barang yang menggunakan bahan kayu. Rayap jenis ini cukup merugikan dan menjadi musuh bagi warga di Indonesia.

Walaupun memiliki jenis spesies yang sangat beragam. Perlu anda ketahui juga bahwa berdasarkan ekologi atau habitatnya, hewan rayap dibagi menjadi dua jenis utama yang berbeda yaitu rayap kayu dan rayap tanah. Untuk rayap jenis Coptetermes ini termasuk salah satu rayap tanah.

Jenis-jenis Rayap

  1. Rayap tanah
  2. Rayap kering
  3. Rayap kayu basah

Kemudian hewan rayap juga digolongkan dengan tiga jenis yang berbeda, yaitu rayap kering, rayap tanah dan rayap kayu basah. Untuk lebih jelasnya, simak lebih lanjut pembahasannya di bawah ini.

1. Rayap Tanah

Jenis penggolongan rayap yang pertama yaitu rayap tanah. Sesuai dengan nama aslinya, jenis rayap ini mendirikan sebuah sarang atau tempat tinggal di dalam tanah agar bisa memperoleh kelembapan yang berasal dari tanah tersebut.

Udara yang terbuka bisa membuat rayap jenis ini kekeringan. Sehingga mereka membangan tempat tinggal yang dilengkapi dengan banyak terowongan supaya bisa makan dengan aman.

Terowongan ini digunakan oleh para rayap tanah dalam mencari makanan dengan cara berjalan menyusuri tanah dan memakan kayu serta selulosa yang ditemuinya. Rayap tanah bisa merusak struktur gedung dan bangunan lainnya dari dalam dengan menimbulkan kerugian hingga triliun-an rupiah setiap tahunnya.

2. Rayap Kayu Kering

Rayap jenis kayu kering juga diam-diam mampu membuat kerusakan. Dalam kata lain, ketika rayap kayu membuat sarang atau tempat tinggal di sebuah kayu kering, maka dengan perlahan koloni rayap tersebut bisa memakan kayu tersebut hingga tersisa bagian kulitnya saja.

Seringkali, kehadiran jenis rayap kayu kering dapat diketahui atau terdeteksi ketika barang furniture yang menjadi sarangnya telah rusak dan keropos. Pastinya rayap ini memakan kayu secara perlahan dan akan meninggalkan sarang dengan bentuk yang unik.

Maka tak heran, jika sebagian besar masyarakat saat ini mulai beralih ke cat kayu khusus anti rayap supaya meminimalisir dan mencegah datangnya rayap penghancur ini.

3. Rayap Kayu Basah

Jenis yang terakhir yaitu rayap kayu basah, rayap ini sangat berbeda dengan jenis rayap sebelumnya. Rayap kayu basah hanya mencari dan memakan sebuah kayu yang telah membusuk. Selain itu, berbagai tempat yang cukup lembab bisa mengundang kedatangan mereka, rayap ini sangat menyukai daerah lembab dan bisa anda temukan di kayu pada daerah terbuka yang bersentuhan langsung dengan tanah.

Kasta Koloni Rayap

Secara umum, rayap terbagi dengan beberapa kasta yang ada didalamnya, yaitu kasta pekerja, kasta prajurit dan kasta reproduksi (hanya raja dan ratu). Tentunya ketika golongan kasta ini mempunyai tugas dan cirinya masing-masing. Agar lebih jelas, simak lebih lanjut simak pembahasannya di bawah ini.

1. Kasta Pekerja

Kasta rayap pekerja mempunyai fungsi dalam memenuhi berbagai kebutuhan dan keperluan ratu. Kasta pekerja inilah yang akan bertugas untuk membuat sarang, mencari makanan, menyiapkan sarang baru khusus koloni dan hal lainnya.

Rayap kasta ini tidak memiliki mata, sehingga tidak bisa melihat. Mereka melakukan komunikasi satu sama lain dengan cara hormonal menggunakan sinyal feromon dan sentuhan langsung. Sehingga, dengan cara ini mereka dapat saling memahami dan bisa mengetahui arah jalan pulang bersama-sama.

2. Kasta Prajurit

Rayap kasta prajurit mengemban tugas dalam melindungi sang ratu dari ancaman predator. Pastinya merekalah yang harus memastikan daerah di sekitar tempat tinggal aman untuk ratu dan para pekerja. Sama seperti pekerja, rayap kasta prajurit berkomunikasi menggunakan sentuhan dan feronom dan tidak dapat melihat karena tidak memiliki mata.

3. Kasta Reproduksi

Kasta tertinggi dalam rayap yaitu kasta reproduksi. Perlu anda ketahui laron merupakan golongan kasta reproduksi yang satu-satunya bisa melihat dan berkembang biak. Laron hanya bertugas untuk melahirkan dan membangun sebuah koloni baru.

Dalam prosesnya, laron hanyalah sebuah rayap spesies reproduksi biasa yang akan mempunyai sayap dan siap untuk berkembang biak ketika dewasa.

Laron atau rayap bersayap ini akan keluar dari tempat tinggalnya untuk mencari pasangan ketika musim hujan tiba. Sehingga, ketika mereka telah memiliki pasangan, laron akan melepaskan kedua sayapnya, kemudian berjalan bersamaan sebagai pasangan raja dan ratu untuk berkembang biak.

Cara Mengatasi Serangan Rayap

  • Menggunakan kapur barus atau kapur semut
  • Menyemprotkan bahan kimia cair atau bubuk di sekitar sarang
  • Menggunakan jebakan kardus atau tisu disekitar sarang, kemudian membakarnya
  • Dan bila perlu anda bisa menggunakan jasa pembasmi rayap agar mendapatkan hasil yang lebih efektif

Penutup

Akhir kata, demikianlah pembahasan mengenai hewan rayap, mulai dari jenis-jenis rayap, golongan kasta rayap dan cara mengatasi hewan rayap yang perlu anda ketahui. Semoga penjelasan tersebut dapat berguna dan bisa anda pahami dengan baik, cukup sekian yang dapat saya sampaikan dan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *