Memahami 8 Fungsi Keluarga Dalam Kehidupan Manusia

2 min read

Fungsi keluarga

Keluarga, menjadi tempat pertama bagi anak-anak atau generasi penerus memulai proses belajarnya. Sebab itulah fungsi keluarga memiliki andil besar dalam proses pembentukan karakter juga tumbuh kembangnya.

Baca juga : pengertian dan fungsi bahasa indonesia

Peran keluarga menjadi sangat krusial, dalam menentukan bagaimana proses tumbuh kembang berjalan dan seperti apa karakter yang terbentuk nantinya. Sebab itulah penting bagi Anda semua untuk memahami fungsi dari keluarga secara mendasar serta menerapkannya.

Fungsi Keluarga

Berikut di bawah ini beberapa fungsi utama keluarga dalam kehidupan setiap manusia yang perlu anda ketahui, diantaranya yaitu :

1. Menanamkan Nilai-nilai Agama

Keluarga berperan dalam mengajarkan pendidikan agama sejak dini sebagai pedoman hidup kepada keturunannya. Penanaman nilai-nilai positif serta bimbingan dalak menjalankan menjadi dasar agar seorang anak atau individu memahami batasan, kewajiban juga hak sebagai umat beragama berikut hubungan spiritual antara dirinya dan Tuhannya.

2. Menanamkan Nilai Sosial Budaya

Fungsi keluarga dalam sosiologi adalah mengajarkan nilai juga norma-norma kemasyarakatan, guna mengontrol perilaku terkait larangan dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sosial. Setiap anak wajib diajarkan terkait hak dan kewajibannya sebagai makhluk sosial yang memang harus bisa hidup berdampingan tanpa ada yang dirugikan.

Budaya meminta maaf dan menyampaikan terima kasih juga perlu dibiasakan di dalam keluarga. Sebab dengan pembiasaan tersebut mampu membentuk karakter anak yang bisa dan biasa menghargai orang lain serta mau mengakui kesalahannya.

3. Tempat Untuk Mencintai dan Mengasihi

Fungsi keluarga adalah menanamkan cinta dan kasih sayang dengan tulus, karena keluarga adalah sebuah hubungan yang harus didasari saling mencintai dan mengasihi agar anak dapat berkembang sebagai pribadi yang juga mengasihi sesamanya.

Suasana keluarga hangat dan harmonis harus dapat tercipta, agar anak dapat berkembang menjadi pribadi yang ceria, hangat serta peduli pada sesama.

4. Sebagai Tempat Perlindungan

Keluarga harus menjadi tempat ternyaman dan teraman untuk pulang. Hal ini berlaku bagi setiap anggotanya. Sebab dengan begitu setiap anggota keluarga dapat saling terbuka dalam mengatasi permasalahannya. Mempertahankan hubungan yang harmonis menjadi kunci utamanya.

5. Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Sang Anak

Anak-anak yang tumbuh di tengah-tengah keluarga harmonis akan lebih optimal tumbuh kembangnya, sehingga menjadi bibit unggul generasi penerus bangsa.

Untuk bisa menciptakan hubungan harmonis antara kedua orang tua, kehidupan seksual harus terjaga. Ketika kehidupan seksual Anda baik, maka akan tercipta hubungan yang harmonis sehingga mampu menciptakan generasi yang berkualitas. Tentu saja upaya memperbanyak keturunan harus tetap terencana, agar terwujud keluarga sejahtera.

6. Sebagai Tempat Belajar

Fungsi keluarga dalam pendidikan adalah mengajarkan interaksi, sosialisasi dan juga komunikasi yang baik dengan orang lain. Semua pendidikan dimulai dari keluarga, maka penting bagi orang tua untuk bisa memberi pendidikan yang semestinya sesuai aturan, nilai dan norma yang ada.

Di sinilah fungsi keluarga berperan penting dalam membentuk kepribadian dari anggotanya, terutama anak-anak atau generasi penerusnya.

7. Sebagai Contoh Bagi Anak-anak

Dalam keluarga, terdapat pembagian peran dalam aktivitas ekonomi sebagai upaya pemenuhan kebutuhan. Umumnya ibu akan menjadi pengelola keuangan keluarga, sementara ayah yang mencari nafkah. Meskipun saat ini banyak juga para ibu yang turut berkarir dan tentunya setelah terjadi kesepakatan antara suami-istri.

Pembagian peran ini sebagai upaya menciptakan keluarga sejahtera, sekaligus memberi contoh kepada anak-anak terkait pengelolaan keuangan semisal dengan pemberian uang saku dan tabungan yang harus dibedakan.

8. Pembentuk Pribadi

Penerapan perilaku bersih, teratur dan sehat, semuanya diawali dari lingkup keluarga. Pada saat Anda membiasakan hidup bersih dan sehat, maka tidak akan susah bagi anak-anak Anda untuk dapat menjaga lingkungan sekitarnya. Sebab selain sudah terbiasa juga merasa bahwa hal tersebut juga kewajibannya.

Dengan pembiasaan hidup bersih juga sehat dalam keluarga, akan membentuk pribadi yang peduli lingkungan serta berusaha menjaga dan merawatnya. Sebab memberi efek pada kelestarian alam juga kelangsungan bumi kedepannya.

Penutup

Delapan poin fungsi keluarga di atas harus bisa Anda terapkan untuk dapat mewujudkan keluarga dengan ketahanan yang sesuai harapan. Selain itu, berbagai fungsi tersebut juga mampu mengarahkan Anda pada wujud keluarga yang berkualitas dan sejahtera.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *