Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Kisaran Harga Jual Berlian Terbaru dan Tips Memilihnya

2 min read

Kisaran Harga Jual Berlian Terbaru

Harga jual berlian terbaru saat ini dianggap paling tinggi jika dibandingkan dengan emas, logam mulia, ataupun perak. Tidak heran apabila berlian tersebut sering digunakan sebagai bahan untuk membuat perhiasan. Terlebih, keberadaannya juga akan memberikan kesan yang jauh lebih mewah dan menarik.

Baca juga : harga dinamo mesin cuci berbagai merek

Berlian juga sangat cocok dijadikan sebagai investasi. Berlian juga merupakan salah satu barang mewah sehingga tidak semua orang dapat membelinya secara langsung. Hal tersebut membuatnya lebih sulit untuk mengalami kenaikan harga yang signifikan.

Harga Jual Berlian Terbaru

Perlu Anda ketahui bahwa harga berlian ditentukan oleh beberapa hal. Secara umum ditentukan oleh 4C masing-masingnya yakni Clear, Cutting, Clarity, dan Carat. Tidak hanya itu saja, Color atau warna juga mempunyai skala tersendiri oleh karenanya membuat harga berlian menjadi bermacam-macam.

Saat ini sendiri berlian tersebut kebanyakan dijual dalam bentuk perhiasan. Salah satunya seperti cincin yang disukai oleh banyak orang. Berlian dapat dijadikan sebagai mata cincin sehingga membuat tampilannya terlihat jauh lebih mewah dan juga menarik. Lantas, berapakah kisaran harga jualnya?

Harga berlian dengan tipe Round Diamond pada tahun 2021 saat ini dijual dengan harga sekitar Rp 33.082.000 sampai Rp 166.265.000. Anda mungkin akan terkejut saat melihatnya. Perlu diketahui, bahwa berlian yang sudah mempunyai sertifikat kualitas dan keaslian memang terbilang cukup mahal.

Tips Memilih Berlian untuk Investasi

Seperti yang diketahui, tujuan seseorang melakukan investasi tidak lain hanya untuk memperoleh keuntungan. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui harga jual berlian serta memilihnya dengan tepat agar mendapat keuntungan. Di bawah ini beberapa tips dalam memilihnya:

1. Beli Berlian Utuh

Apabila ingin melakukan investasi berlian, maka ada baiknya untuk membelinya dalam keadaan utuh dibandingkan dengan pecahan kecil. Pasalnya, jika memilikinya dalam keadaan utuh akan jauh lebih menguntungkan dibandingkan dengan berlian yang disematkan dalam sebuah perhiasan.

Baca juga : harga jual akun gojek driver terbaru

Perlu diingat bahwa frame perhiasan nantinya tidak akan memberikan pengaruh terhadap nilai investasi. Oleh karena itu, ada baiknya untuk mengalihkan uang membeli frame tersebut untuk membeli berlian yang utuh. Terlebih, apabila membeli dalam bentuk perhiasan tentu akan cepat berubah trennya.

2. Pilih Warna Putih

Anda juga sangat dianjurkan untuk membeli berlian dengan warna yang paling putih. Hal tersebut pasalnya semakin putih warna berlian, maka akan semakin tinggi juga harga yang bisa didapatkan. Umumnya, tingkatan warna putih tersebut memiliki tanda tersendiri yang perlu diketahui.

Untuk berlian putih dengan tingkatan paling tinggi umumnya akan ditandai dengan kode huruf “D”. Sementara itu, pada tingkatan yang jauh lebih rendah adalah kode huruf “Z”. Selain itu, untuk kejernihan yang terbaik tanpa adanya kecacatan umumnya akan ditandai dengan kode huruf “VVS”.

3. Kadar Karat Tinggi

Selain beberapa tips di atas, sangat penting untuk memilih berlian yang memiliki kadar karat tinggi. Pasalnya, kadar karat tersebut dianggap sebagai salah satu tolak ukur kemurnian sebuah berlian yang dimiliki. Terlebih, kebanyakan orang menyebut berlian asli dengan sebutan berlian utuh.

Berlian dengan kadar karat tinggilah yang mempunyai harga jauh lebih tinggi. Berlian tersebutlah yang sangat cocok dijadikan untuk berinvestasi. Oleh karena itu, pastikan terlebih dahulu kadar karat berlian yang akan Anda jadikan pilihan nantinya.

4. Pilih Model Menarik

Pada umumnya, sebuah berlian sudah didesain dengan model yang unik dan juga menarik. Dalam hal ini, agar berlian tersebut tetap mempunyai banyak peminatnya, maka ada baiknya bagi Anda untuk menjatuhkan pilihan pada berlian yang memang memiliki bentuk lebih menarik.

Saat seseorang tertarik dengan berlian yang Anda miliki tersebut, maka tentu saja harga jualnya akan lebih mudah untuk meningkat. Oleh karena itu, sangat penting untuk lebih memahami mengenai seluk beluk berlian. Termasuk dalam hal modelnya agar nanti dapat disukai oleh banyak orang.

5. Tentukan Ukuran Berlian

Jika dilihat secara umum, berlian memiliki karat minimal 0,2. Ukuran karat berlian tersebut saat ini menjadi yang paling banyak diminati. Ukurannya memang tidak terlalu besar akan tetapi juga tidak terlalu kecil. Tidak heran jika ukuran tersebut sangatlah pas untuk dimiliki.

Terlebih dengan memilih ukuran berlian nantinya juga akan mempengaruhi harga jualnya. Anda juga bisa bertanya langsung kepada penjual, manakah ukuran berlian yang paling banyak diminati oleh pembeli. Dengan begitu, tentu akan lebih mudah dalam menentukan ukurannya.

6. Berlian Harus Bersertifikat

Perlu diketahui, bahwa berlian berkualitas merupakan yang mempunyai sertifikat. Oleh karena itu, jangan sampai Anda salah dalam membelinya. Sangat penting untuk mengantisipasi dari penjual berlian palsu. Pastikan untuk membeli berlian yang memang sudah memiliki sertifikat.

Baca juga : harga bahan bangunan terbaru di Indonesia

Terlebih apabila perbedaan ukuran saja dapat mengubah harga yang ada, maka bagaimana dengan yang tidak memiliki sertifikat? Pastikan untuk membeli berlian yang memiliki sertifikat salah satunya seperti GIA. Umumnya, di dalam sertifikat tersebut memberikan penjelasan mengenai karakteristik berliannya.

Penutup

Itulah beberapa informasi mengenai harga jual berlian terbaru yang bisa diketahui. Saat ini sendiri berlian sangat cocok dijadikan investasi karena memiliki harga yang cenderung tinggi dan stabil. Anda bisa membelinya di tempat jual yang resmi sehingga dapat terjaga dan terjamin keasliannya.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

One Reply to “Kisaran Harga Jual Berlian Terbaru dan Tips Memilihnya”

  1. Very great post. I simply stumbled upon your weblog and wanted to mention that I have truly loved browsing your weblog posts.
    In any case I’ll be subscribing to your feed and I am hoping you write again very soon!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.