12 Tujuan dan Fungsi Presentasi Video bagi Audiens

2 min read

Fungsi presentasi video

Presentasi merupakan aktivitas untuk menyampaikan informasi, ide atau gagasan kepada audience, ada berbagai bentuk presentasi salah satunya presentasi video. Fungsi presentasi video sama seperti pada umumnya yaitu untuk memberikan informasi, namun video presentasi ini bisa dikemas lebih baik untuk lebih menghibur, menyentuh emosi hingga memotivasi audience.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan microsoft power point

Berbeda dengan presentasi yang hanya menggunakan teks dan gambar, ciri khas presentasi video ini ada pada audio visualnya. Oleh sebab itu, dalam membuat presentasi video, Anda perlu memperhatikan rekaman gambar dan suara beserta urutannya dengan baik agar dapat menjadi kesatuan yang utuh. Dengan begitu, audiens akan mengerti informasi atau gagasannya Anda bagikan dengan melihat dan mendengar presentasi video.

Tujuan dan Fungsi Presentasi Video

Ada beberapa jenis-jenis presentasi video sesuai dengan tujuan pembuatannya mulai dari presentasi video cerita, dokumenter dalam kehidupan nyata, video berita, video pembelajaran hingga komunikasi ide atau gagasan. Presentasi ini bisa ditujukan untuk khalayak umum atau kelompok tertentu saja sesuai dengan presenter itu sendiri. Adapun beberapa fungsi presentasi video, di antaranya yaitu:

1. Menyampaikan berbagai Informasi

Seperti yang diketahui sebelumnya, presentasi memiliki fungsi untuk menyampaikan informasi, baik itu informasi yang bersifat biasa, umum, penting atau bahkan rahasia. Penyampaian informasi ini dilakukan menggunakan alat video dalam jaringan ataupun compact disk.

Video yang anda bagikan bisa berupa diri pribadi seperti sedang presentasi, atau dengan menyatukan beberapa gambar, teks dan audio. Pastikan Anda mencantumkan sumber referensinya agar bisa dipercaya. Pastikan pula resolusi video berkualitas tinggi agar audiens dapat melihatnya dengan baik.

2. Mempengaruhi Audience

Fungsi presentasi video selanjutnya yaitu untuk mempengaruhi audiens agar mereka melakukan sesuatu sesuai yang Anda bicarakan. Dalam hal ini pastinya Anda memiliki tujuan presentasi video tersendiri, misalnya mengajak orang lain untuk mengikuti organisasi, membeli produk yang dijual dan hal lainnya. Jika banyak audience yang terpengaruh, maka presentasi Anda bisa dikatakan berhasil.

3. Memotivasi atau Menginspirasi Audience

Bukan hanya sekadar mempengaruhi, para audiens juga dapat termotivasi atau terinspirasi dengan presentasi video yang Anda bawakan. Hal tersebut menjadi tanda tercapainya tujuan penyampaian gagasan atau ide dalam presentasi video tersebut. Pastikan Anda memberi bimbingan atau arahan kepada audiens untuk bisa mengikuti presentasi dengan baik.

4. Mengenalkan atau Menjual Produk

Ketika Anda memiliki usaha, pasti Anda ingin memperkenalkannya kepada masyarakat luas. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan salah satunya yaitu dengan presentasi video. Presentasi ini bisa Anda bagikan di media sosial atau dilakukan secara langsung untuk target tertentu. Tak sedikit perusahaan yang mempromosikan produknya melalui presentasi video untuk mendapatkan pembeli sekaligus investor.

Untuk berhasil menarik minat pembeli atau investor, buatlah presentasi yang berisi seputar produk yang Anda jual, kelebihannya, gambarnya hingga testimoninya di disatukan ke dalam presentasi video tersebut. Pastikan Anda menguasai hal-hal mengenai produk tersebut agar Anda bisa menjawab pertanyaan dari audiens.

5. Memperkenalkan Organisasi atau Perusahaan

Bukan hanya produk, fungsi presentasi video juga dapat dijadikan media untuk memperkenalkan perusahaan atau organisasi. Hal ini dibutuhkan agar semakin banyak orang yang mengikuti organisasi tersebut, terlebih jika perusahaan atau organisasi tersebut masih terbilang baru dan belum memiliki peminat.

6. Memancing Audience untuk Memberi Ide

Dalam presentasi, bukan hanya presenter yang memberikan ide atau gagasan tetapi juga audience. Dengan menampilkan video, para peserta yang melihat bisa memunculkan ide atau gagasannya.

7. Memberi Materi Pelajaran

Agar kegiatan belajar terasa menyenangkan dan tidak membosankan, cobalah buat presentasi video yang isinya materi pembelajaran. Sehingga audiens bisa memahami pembelajaran dengan mudah.

8. Menyampaikan Berita

Fungsi presentasi video selanjutnya yaitu untuk menyampaikan berita yang aktual, terpercaya atau berdasarkan fakta. Anda juga bisa menyampaikan suatu permasalahan, peristiwa, solusi hingga cara kerja melalui video presentasi yang dibuat.

9. Menyampaikan Cerita secara Sederhana dan Jelas

Dengan presentasi video, anda dapat mengemas cerita yang disampaikan menjadi lebih sederhana dan jelas. Sehingga, cerita tersebut bisa dipahami dengan baik oleh para audiens anda.

10. Menyampaikan Permasalahan, Cara Kerja dan Solusi

Presentasi video juga dapat anda gunakan dengan tujuan untuk menyampaikan suatu hal terkait pekerjaan anda. Mulai dari permasalahan, solusi ataupun cara kerja yang diharapkan bisa memaksimalkan pekerjaan dan bisnis yang anda jalankan.

11. Memberi Gambaran dari hal yang Disampaikan

Dengan menjelaskan berbagai hal tanpa presentasi video, terkadang para audiens sedikit merasa kebingungan dan kurang memahami dengan apa yang anda sampaikan. Dengan menjalankan presentasi, pastinya para pemirsa atau audiens anda bisa memiliki gambaran atas apa yang anda sampaikan.

12. Agar Lebih Mudah Dipahami oleh Audiens

Dan tujuan presentasi video yang terakhir yaitu agar lebih mudah dipahami oleh para audiens. Seperti yang kita tau penyampaian menggunakan presentasi terbukti cukup efektif serta mudah dicerna dibanding tidak menggunakan ini. Sehingga, audiens lebih memahami atas apa yang anda sampaikan.

Penutup

Itulah beberapa fungsi presentasi video yang bisa Anda ketahui. Presentasi akan berjalan dengan baik, apabila Anda memenuhi dua kriteria ini, yaitu isi video yang berkualitas dan cara penyampaiannya yang lugas. Jangan terlalu bertele-tele ketika menyampaikan sesuatu, karena hal tersebut membuat audiens merasa bosan.

Akhir kata, demikianlah pembahasan yang dapat saya bagikan mengenai fungsi dan tujuan presentasi video. Saya harap penjelasan di atas tadi dapat bermanfaat dan bisa anda pahami dengan baik, cukup sekian dan sampai jumpa dipembahasan selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *