Iqbal Maulana Teori itu mudah, tapi praktek cukup sulit untuk dilakukan. Terkadang rasa malas dapat menghambat kita dalam mencapai suatu tujuan.

Mengenal 7 Fungsi OVO sebagai Alat Pembayaran Masa Kini

2 min read

Brand OVO terkenal sebagai salah satu layanan dompet digital favorit masyarakat. Layanan ini pertama kali berdiri pada 2017 lalu sebagai salah satu pionir di kategorinya. Layanan OVO pada awalnya cukup populer dengan promo kolaborasi bersama aplikasi Grab. Namun perkembangannya saat ini tidak terbatas pada kerjasama tersebut.

Tentang OVO

Layanan ini telah berkembang di bawah naungan Lippo Group sebagai salah satu layanan dompet digital yang lahir di generasi awal. Keterlibatan Grab sebagai salah satu investornya menjadikan OVO tumbuh sangat pesat.

Dalam perkembangannya, OVO bekerjasama dengan banyak merchant berupa UMKM dan bisnis lainnya. Seluruh mitra-mitra tersebut terdorong mengadopsi layanan ini sebagai layanan pembayarannya.

Baca juga : Ini Biaya Transfer OVO ke Bank Mandiri di Indonesia

Berkat pendekatan tersebut, kini brand yang tumbuh bersama Grab dan Tokopedia tersebut telah memiliki lebih dari 60 ribu mitra di seluruh Indonesia.

Tidak hanya sebagai layanan pembayaran, brand tersebut juga mengembangkan berbagai promo dan penawaran bersama mitra-mitranya.

Fungsi Aplikasi OVO

Sebagai salah satu produk teknologi di bidang keuangan, brand OVO memiliki beberapa fitur yang dapat Anda nikmati. Fitur-fitur tersebut bermanfaat untuk berbagai kegiatan.

Fungsi OVO sebagai Alat Pembayaran Masa Kini

Fitur ini mencakup aktivitas transaksi harian, bisnis, hingga investasi. Selain itu, OVO juga memiliki dokumentasi yang baik di dalam aplikasinya. Hal tersebut membantu Anda memiliki pencatatan keuangan yang sangat tertata apabila menggunakan OVO.

1. Transaksi Tanpa Tunai

Seperti pada mayoritas layanan serupa, brand OVO mendorong penggunanya untuk terbiasa melakukan transaksi non-tunai. Rutinitas tersebut mendatangkan berbagai keuntungan bagi banyak pihak.

Salah satunya dalam momen pencegahan penyebaran Covid-19 yang gencar beberapa waktu lalu. Transaksi tunai menjadi salah satu aktivitas yang perlu Anda minimalkan untuk dapat terhindar dari risiko penyakit.

Transaksi non-tunai juga membantu Anda bergerak lebih efisien dan tidak terbatas pada ruang-ruang konvensional. Dengan OVO, Anda dapat bertransaksi tanpa bertatap muka secara langsung.

2. Mendapat Promo Aplikasi

Dengan banyaknya mitra yang bekerjasama, tentu terdapat banyak program promo dan diskon produk yang pengguna bisa dapatkan. Hal tersebut tentu sangat positif bagi Anda.

Baca juga : Cara Mengatasi Kenapa OVO Tidak Bisa Transfer

Sebab Anda dapat menikmati rutinitas belanja yang efisien dan lebih hemat. Bahkan, informasi promo tersebut selalu dapat Anda akses dengan mudah di dalam aplikasinya.

3. Transfer OVO ke Rekening Bank

Aplikasi ini juga menyediakan fitur untuk transfer ke layanan perbankan yang sangat memudahkan rutinitas transaksi. Sebab tidak lagi perlu pergi ke ATM hanya untuk transfer seperti metode konvensional.

Fitur tersebut sangat bermanfaat secara khusus bagi pelaku usaha. Sebab tingginya rutinitas transaksi dapat berjalan lebih mudah dengan aplikasi dompet digital seperti OVO.

4. Top-up Saldo OVO

Aplikasi ini juga bisa langsung Anda gunakan untuk mengisi saldo layanan. Jadi Anda tidak membutuhkan agen atau counter khusus untuk mengisi saldo.

Anda dapat menggunakan layanan internet banking, mobile banking, transfer, dan banyak metode pembayaran lainnya. Hal tersebut tergolong sangat efisien dalam proses mengelola keuangan.

5. Bayar Tagihan via OVO

Layanan OVO saat ini juga berkembang untuk dapat Anda manfaatkan sebagai metode pembayaran tagihan. Di dalam aplikasinya, Anda dapat membayar berbagai tagihan seperti PLN, PDAM, dlsb.

Fitur tersebut tentu sangat efisien bagi kebutuhan rumah tangga. Sebab Anda tidak perlu melakukan aktivitas pembayaran ke masing-masing loket lagi seperti pada pola konvensional.

Baca juga : Rekomendasi APK Penghasil Saldo OVO

Beberapa tagihan juga menetapkan potongan biaya apabila Anda melakukan pembayaran melalui aplikasi. Namun Anda perlu juga memeriksa detail kebijakan yang berlaku pada promo terkait.

Pada pengembangan lebih lanjut, Anda bahkan bisa membuka jasa atau bisnis layanan pembayaran hanya bermodal aplikasi sederhana dan ringan serta sejumlah saldo awal. Dengan begitu layanan tersebut juga dapat menjadi salah satu solusi bisnis sederhana yang sangat efisien.

6. Isi Pulsa

Serupa dengan layanan pembayaran, OVO juga dapat Anda manfaatkan untuk mengisi pulsa. Di dalam aplikasi, Anda dapat memilih tipe prabayar dan pascabayar sesuai jenis layanan Anda.

Brand tersebut juga menerapkan berbagai promo sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Sehingga Anda bisa mendapatkan berbagai diskon dan penawaran apabila bertransaksi isi pulsa di dalam aplikasinya.

7. OVO Donasi

Sebagai salah satu pengembangan terbarunya, aplikasi ini juga memberi akses kepada pengguna untuk dapat melakukan donasi. Terdapat sejumlah lembaga yang telah bekerjasama dalam fitur tersebut.

Uniknya, Anda juga dapat menggunakan beberapa metode pembayaran pada fitur donasi tersebut. Bahkan Anda juga bisa menggunakan OVO Points untuk keperluan donasi.

8. OVO Investasi

Sebagai salah satu layanan dompet digital terbesar di Indonesia, aplikasi ini juga terlibat memberi akses pada ruang-ruang investasi untuk penggunanya.

Dengan fitur investasi, Anda dapat melakukan beberapa opsi investasi di dalam aplikasi. Bahkan, Anda juga bisa berinvestasi mulai dari Rp10.000,- per transaksi.

Baca juga : Cara Mengatasi Transfer Ovo Gagal dengan Efektif

Terdapat beberapa produk investasi yang tersedia di dalam aplikasi, termasuk reksadana dan pasar uang. Tidak hanya membeli aset, Anda juga dapat memantau langsung perkembangannya di dalam aplikasi.

Investasi melalui aplikasi ini tergolong sangat aman. Selain itu, layanannya juga memiliki dukungan pencairan aset yang sangat transparan dan fleksibel.

9. Mengatur Keuangan via OVO

Dengan berbagai fiturnya, OVO dapat benar-benar Anda manfaatkan sebagai aplikasi untuk mengatur keuangan. Termasuk di dalamnya untuk hal pengeluaran, pemasukan, investasi, hingga donasi.

Kesimpulan

OVO memiliki fitur yang sangat kaya dan dapat Anda manfaatkan untuk kehidupan sehari-hari. Dengan pemanfaatan yang akurat, akan banyak manfaat dan hal positif yang dapat Anda temukan bersama layanan tersebut.

Iqbal Maulana Teori itu mudah, tapi praktek cukup sulit untuk dilakukan. Terkadang rasa malas dapat menghambat kita dalam mencapai suatu tujuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.