Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

4 Tips Supaya Dipercaya oleh Atasan, Karirmu Dijamin Melesat!

2 min read

Mengetahui tips supaya dipercaya oleh atasan, tentu sangat bermanfaat bagi setiap pekerja, pegawai, ataupun karyawan. Kepercayaan merupakan satu modal penting jika kamu ingin mendapatkan karir yang baik, dan kehidupan pekerjaan yang lebih layak dibandingkan sebelumnya.

Dibandingkan karyawan atau pekerja yang belum tahu cara membuat bos percaya sama kita, tentu mendapatkan kepercayaan dari atasan atau bos sangat sukar didapatkan. Jika demikian, karirnya bisa saja stagnan dan begitu-begitu saja.

Baca juga : Cara Meningkatkan SEO untuk Bisnis Kecil

Hubungan yang baik karena dipercaya oleh atasan, juga dapat meningkatkan performa atau kinerjamu dalam bekerja. Bayangkan jika hubungan baik tidak dapat dibangun. Tentu saja akan banyak kesulitan yang kamu dapatkan dan membuat kamu tidak lagi betah dalam bekerja.

Agar makin dekat dengan atasan, kamu harus mendapatkan kepercayaannya dulu. Begini cara agar bos sayang sama kita dan dipercaya olehnya.

Tips Supaya Dipercaya oleh Atasan

Terdapat sejumlah perilaku yang akan memudahkanmu untuk mendapatkan kepercayaan dari atasan atau bos kamu.

Tips Supaya Dipercaya oleh Atasan

Cara ini, juga berlaku sebagai cara meminta pekerjaan kepada atasan agar lebih mudah karena telah mendapatkan kepercayaannya. Begini penjelasannya:

1. Upayakan Selalu Bersikap Positif

Tips supaya dipercaya atasan pertama, yakni berupaya untuk selalu bersikap positif. Sikap positif dapat kamu tunjukkan dengan berbagai cara. Misalnya saja, kamu harus antusias dalam mengikuti berbagai program yang dilaksanakan perusahaan.

Selain itu, kamu pun harus terlihat bersemangat ketika mengerjakan banyak hal yang diminta oleh atasan. Tak hanya kepada atasan, kamu pun wajib menghormati setiap orang yang berada di dalam kantor perusahaanmu.

Baca juga : Tips Memilih Provider Internet di Indonesia

Ada satu sikap positif yang akan menjadi penentunya, yakni integritas dan performa kamu dalam bekerja. Jika kamu terlihat sangat berintegritas, profesional, dan juga memiliki performa yang baik ketika bekerja, bukan tidak mungkin sang atasan akan langsung mempercayaimu.

Bahkan tidak hanya atasan. Orang-orang yang menjadi rekan kerjamu juga akan ikut hormat dan menghargaimu. Hal ini memang wajib dilakukan karena tentu, atasan tidak akan mempercayai orang dengan sifat yang kurang bersemangat atau malah memiliki kinerja yang buruk.

2. Menyesuaikan Gaya Komunikasi

Cara agar dipercaya oleh atasan selanjutnya yang dapat kamu lakukan, yakni dengan menyesuaikan gaya komunikasi yang memang menjadi karakternya. Ya. Kamu harus lebih dulu memahami bagaimana cara atasan ketika berkomunikasi.

Harvard Business Review mengeluarkan penelitian tentang mendapatkan respect dari atasan yang hasilnya, setiap orang yang ingin dipercaya, wajib mencari tahu bagaimana gaya komunikasi yang digunakan oleh atasan.

Tips supaya dipercaya oleh atasan ini, bisa dilakukan dengan mengamati ketika atasan berkomunikasi. Apakah ia cenderung tegas, ingin selalu dihormati, santai, atau bahkan tidak terlalu memperdulikan gaya komunikasi setiap orang.

Ketika kamu sudah mengetahui bagaimana gaya komunikasinya, kamu bisa menentukan bagaimana sikap yang paling tepat ketika menghadapinya dalam suatu kondisi.

Saat komunikasi antara kamu dengan atasan sudah lancar, tentu saja hubungan baik dengannya dapat dibangun dengan lebih mudah. Inilah yang akan membuatmu sangat dipercaya oleh atasan.

3. Tahu Apa yang Diinginkan Atasan

Cara agar diberi pekerjaan oleh atasan karena sudah dipercaya lainnya yakni mengetahui apa yang memang benar-benar diinginkan oleh atasan. Jika tidak dapat memahaminya, kamu bisa langsung bertanya pada atasan mengenai apa yang dibutuhkannya.

Bertanya kepada atasan, akan membuat kamu terlihat lebih berinisiatif dibandingkan rekan kerjamu yang lain. Perilaku demikian, nantinya dapat membuat atasan lebih dapat mempercayaimu.

Saat kamu sudah mengetahui apa saja yang diinginkan dan apa yang sebenarnya ingin dituju oleh atasan, berusaha keraslah untuk dapat memenuhi ekspektasi atau sesuatu yang diinginkannya.

Misalnya saja atasan ingin suatu model produk yang di dalamnya punya fitur lebih dibandingkan produk pesaing. Nah, tugasmu tentu saja melakukan riset secara mendalam untuk kemudian mengembangkan produk sesuai dengan keinginan.

Setelah itu, bos atau atasan yang menyetujuinya, akan mulai notice dan mempercayaimu lebih dari yang lain.

4. Evaluasi Diri

Ada satu tips agar bos percaya kepada kita dengan lebih mudah, yakni dengan sering-sering melakukan evaluasi diri. Apa maksudnya? Begini. Setiap karyawan atau pegawai, tentu saja pernah melakukan kesalahan.

Karyawan maupun pegawai, tentu manusia yang tidak akan pernah luput darinya. Bos ataupun atasan, tentu mengerti hal tersebut. Ia bahkan tidak akan pernah berharap bahwa ada pegawai ataupun karyawan yang sempurna.

Baca juga : Cara Beli Tiket Bioskop di Alfamart

Namun, ada satu hal yang wajib diingat. Atasan tidak menyukai karyawan atau pegawai yang selalu jatuh pada lubang yang sama atau selalu melakukan kesalahan yang sama. Hal tersebut menunjukkan profesionalitas yang rendah.

Demi mendapatkan rasa percaya dari atasan, tips agar menjadi orang kepercayaan atasan yang perlu dilakukan tentu dengan sering melakukan evaluasi dan tidak mengulangi apa saja kesalahan yang pernah dilakukan.

Penutup

Itulah beberapa tips supaya dipercaya atasan yang bisa kamu lakukan. Tips ini mungkin terbilang sederhana, tetapi kamu bisa menggunakannya sebagai langkah awal untuk mendapatkan kepercayaan dari atasan.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *