5 Fungsi Komputer Dalam Kehidupan Sehari-hari

2 min read

Fungsi komputer

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang beberapa fungsi komputer dalam kehidupan sehari-hari. Pastinya anda telah mengetahui mengenai apa itu komputer, komputer saat ini telah memudahkan beragam aktivitas manusia mulai dari berbelanja, bekerja hingga belajar. Banyak orang yang memanfaatkan komputer dalam kehidupannya sehari-hari, bahkan komputer sendiri tidak bisa terlepas dari kehidupan manusia.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan komputer

Perlu anda ketahui juga bahwa komputer memiliki dua sisi yaitu sisi negatif dan positif sesuai bagaimana Anda menggunakannya. Apabila Anda tidak bisa menggunakan komputer dengan baik, tentu akan bisa membawa dampak negatif dan membuang-buang waktu. Misalnya terlalu sering digunakan untuk menonton, bermain game, bermain sosial media dan hal yang tidak bermanfaat lainnya

Begitupun sebaliknya, jika Anda menggunakan manfaat komputer dengan baik seperti untuk bekerja belajar berjualan online berbisnis berkomunikasi dan lainnya maka anda akan merasakan dampak positifnya.

Fungsi-fungsi Komputer

Agar tidak salah penggunaan, Anda harus mengetahui fungsi komputer dengan baik. Adapun berikut ini merupakan 5 fungsi komputer dalam kehidupan sehari-hari yang bisa Anda ketahui, di antaranya yaitu :

1. Input Data

Fungsi komputer secara umum yang pertama adalah sebagai perangkat untuk meng-input data. Fungsi ini dapat memungkinkan komputer menerima berbagai data dan informasi yang berasal dari luar. Lalu data masuk pada komputer menggunakan berbagai perangkat keras komputer sebagai sarana pendukung, contohnya seperti mouse, keyboard, dan beberapa komponen lain.

2. Penyimpanan Data

Fungsi komputer lainnya adalah sebagai penyimpanan semua data atau dinamakan data storage yang telah ada sebelumnya. Misalnya, jika Anda membuat sebuah file sebelumnya, maka data tersebut akan disimpan dalam komputer sehingga dapat digunakan dan dibuka kembali jika dibutuhkan.

Dengan tersimpannya data di komputer, Anda tidak perlu khawatir jika membutuhkan suatu file tertentu. Anda juga tidak perlu khawatir dalam menyimpan data-data penting di komputer selama bisa menyimpannya dengan baik.

3. Menunjang pembelajaran

Saat ini, setiap sekolah pasti sudah menggunakan komputer dalam kegiatan belajar mengajar (KBM). Apalagi di masa pandemi seperti sekarang, semua sekolah dan kampus melaksanakan belajar dari rumah secara online atau online learning. Hal ini membuat setiap anak diwajibkan mempunyai komputer untuk menunjang pelajaran.

Teknologi juga berperan memudahkan siswa mengerjakan tugas dengan lebih mudah. Informasi mengenai pembelajaran juga lebih mudah didapat. Meski begitu, anak-anak harus diawasi dalam menggunakan komputer jangan sampai mereka tidak menggunakannya dengan baik dalam justru melalaikan kegiatan belajar mengajar secara online.

4. Sumber hiburan dan berita

Komputer juga dapat anda gunakan sebagai sarana hiburan dan sumber mencari informasi. Kita dapat mendengarkan musik, menonton film, bermain game, dan mencari berita dan informasi terkini. Namun jangan terlalu sering melakukan hal tersebut karena hanya membuang waktu, Anda harus bisa membagi waktu dengan baik.

Berbagai jenis musik dan film juga dapat kita akses dengan mudah melalui YouTube atau Spotify, jenis game yang ada sekarang juga sudah banyak, dan portal berita untuk mengakses berita ada berbagai macam pilihannya.

Dengan jaringan internet yang baik, kita bisa mencari berbagai macam berita dan informasi yang sesuai dengan keinginan kita. Pastikan berita yang kamu dapatkan adalah fakta dan aktual, jangan termakan hoax atau berita bohong yang banyak beredar di internet.

5. Sarana Berbisnis

Fungsi komputer lainnya adalah untuk membantu pengguna dalam menjalankan bisnis. Dengan bermodalkan komputer dan koneksi internet, sudah bisa mendapatkan penghasilan.

Banyak hal yang dapat pengguna lakukan untuk berbisnis dengan komputer, apalagi jika Anda memiliki keahlian atau skill dalam bidang teknologi, contohnya jasa edit video, menjadi programmer, jasa desain grafis, jasa edit foto, menjadi penulis, dan kegiatan lainnya terutama jasa. Pekerjaan tersebut bisa dijadikan pekerjaan utama ataupun kerja sampingan ketika Anda masih kuliah

Dengan komputer, bisa juga membuka toko secara online di marketplace dan mengendalikan toko online tersebut dengan komputer. Anda bisa membangun relasi dengan para pebisnis lain, mengenalkan produk lebih luas serta mendapat banyak pembeli melalui internet.

Penutup

Itulah 5 fungsi komputer dalam kehidupan sehari-hari yang bisa Anda ketahui. Pastikan Anda menggunakan komputer dengan sebaik mungkin agar bisa merasakan fungsi komputer dengan tepat. Sekian dan terimakasih, sampai jumpa di pembahasan selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *