Pengertian dan Fungsi Host to host dalam Jaringan Komputer

49 sec read

Pengertian dan Fungsi Host to host dalam Jaringan Komputer

Fungsi host to host – Istilah host to host ialah bentuk koneksi antar host, yakni perangkat komputer dengan device lainnya yang terhubung dalam satu jaringan komputer. Komunikasi antar host tersebut berjalan melalui alamat ip (internet protocol) yang telah dikonfigurasi sebelumnya oleh operator jaringan.

Baca juga : memahami perbedaan modem dan router

Dengan adanya host to host tersebut memungkinkan perangkat komputer untuk saling mengenali dan berkomunikasi dengan perangkat komputer yang terhubung lainnya. Contoh singkatnya seperti ini, komputer A dengan alamat 192.168.20.3 dapat mengirimkan sebuah paket data ke komputer C yang memiliki alamat ip 192.168.20.6,

Alamat ip dalam jaringan komputer tersebut dapat berasal dari konfigurasi yang diatur oleh administrator atau operator jaringan. Umumnya, menggunakan konfigurasi DHCP yang berjalan secara otomatis, ataupun konfigurasi statis yang bisa diatur secara manual.  Dalam hal ini, kedua jenis konfigurasi tersebut memiliki kelebihannya masing-masing yang bisa anda gunakan sesuai dengan kebutuhan.

Fungsi Host to Host

Host to host ini berfungsi dalam mengelola dan menyediakan tempat komunikasi atau koneksi paket data yang terjadi pada lapisan jaringan tersebut (network layer). Keberadaan host to host cukup penting, karena tanpa adanya koneksi tersebut, komputer yang terhubung tidak dapat saling berkomunikasi satu sama lain.

Penutup

Demikian pembahasan singkat yang mungkin anda telah mengetahuinya seputar pengertian dan fungsi host to host dalam jaringan, semoga pembahasan singkat ini dapat bermanfaat dan bisa anda pahami dengan baik. Cukup sekian dari saya dan terimakasih, sampai jumpa di pembahasan selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *