Pengertian dan 7 Fungsi Host to Host Payment

2 min read

Fungsi host to host payment

Istilah host to host mungkin terdengar asing bagi sebagian besar orang, meski begitu penggunaan host to host kini sudah banyak digunakan oleh beberapa perusahaan. Terutama yang bergerak di bidang jaringan komputer maupun dalam transaksi pembayaran. Agar lebih paham, simak lebih lebih lanjut pembahasan mengenai pengertian dan fungsi host to payment dibawah ini.

Pengertian Host To Host Payment

Host to host ini sering juga disebut dengan H2H. Sistem ini memungkinkan sebuah komputer terhubung dengan komputer lainnya secara langsung. Sistem host to host ini sering digunakan oleh beberapa perguruan tinggi. Yang memungkinkan para mahasiswa untuk membayar biaya perkuliahan dengan melalui bank.

Baca juga : cara transfer saldo ovo ke dana dan sebaliknya

Pembayaran dengan cara host to host ini juga berlaku untuk pembelian host to host server pulsa, pembayaran ecommerce, serta beberapa transaksi lainnya. yang memungkinkan para penggunanya tidak harus selalu melakukan pembayaran secara manual. Dan juga tanpa harus membawa uang cash.

Fungsi utama host to host yaitu sebagai cara untuk memudahkan seseorang dalam melakukan pertukaran data maupun dalam melakukan sejumlah transaksi pembayaran. Namun dalam pembahasan kali ini, akan dibahas mengenai fungsi dari host to host dalam transaksi pembayaran (host to host payment).

Fungsi Host To Host Payment

Salah satu aktivitas yang menggunakan sistem host to host ini yaitu dalam transaksi pembayaran. Dengan sistem ini, tentunya akan mempercepat dan memudahkan kedua belah pihak dalam melakukan sejumlah transaksi pembayaran.

Dimana pihak pertama yaitu orang yang melakukan pembayaran, sementara pihak kedua yaitu pelaku usaha yang melakukan transaksi untuk keperluan e commerce, contohnya seperti host to host server pulsa. Berikut dibawah ini pembahasan mengenai beberapa fungsi host to host payment yang perlu anda ketahui, diantaranya yaitu:

1.Meminimalisir Antrian

Fungsi host to host dalam transaksi pembayaran yaitu untuk meminimalisir antrian yang panjang. Contohnya jika transaksi yang dilakukan adalah dengan tujuan untuk pembayaran uang kuliah, yang dilakukan oleh mahasiswa.

Jika dengan menggunakan pembayaran secara manual, mahasiswa diharuskan untuk membayar langsung di tempat administrasi. Yang pastinya akan membuat sejumlah antrian yang panjang di depan kasir administrasi. Dikarenakan banyaknya jumlah mahasiswa yang akan melakukan hal yang sama.

2. Meminimalisir Pencatatan Data Pembayaran Secara Manual

Dengan menggunakan sistem host to host ini. Pencatatan data pembayaran yang sebelumnya dilakukan secara manual. Kini bisa diminimalisir, atau mungkin dihilangkan. Karena dengan sistem terbaru ini, setiap transaksi pembayaran, akan disertai oleh data transaksi. Yang seluruhnya akan masuk ke pusat data pada server merchant/kampus.

3. Memberikan Rasa Aman

Dengan host to host payment tentunya bisa memberikan rasa aman bagi si pembayar. Baik itu customer dari aktivitas ecommerce maupun mahasiswa. Karena dengan melakukan pembayaran dengan sistem host to host ini, memungkinkan kedua pihak tersebut bisa menggunakan ATM. Sehingga tidak diharuskan untuk membawa uang tunai.

4. Bisa Melakukan Pembayaran Kapanpun Dimanapun

Dengan melakukan pembayaran melalui ATM dalam host to host payment ini. Tentunya bisa memudahkan setiap orang untuk melakukan pembayaran kapan saja. Tanpa harus tergantung dengan jam operasional merchant ataupun kampus tersebut.

5. Menghindari Terjadinya Praktek Korupsi

Dengan melakukan pembayaran secara host to host ini bisa menghindari terjadinya kecurangan dan praktek korupsi. Karena transaksi sepenuhnya dilakukan melalui server, sehingga kemungkinan uang pembayaran disalahgunakan akan bisa dihindari.

6. Data pembayaran Bisa Dilihat Dengan Real Dan Transparan

Data pembayaran ini umumnya bisa terlihat secara real. Sehingga pihak merchant/kampus bisa mengetahui dengan jelas, siapa saja yang telah melakukan pembayaran. Dan siapa saja yang belum melunasi pembayaran. Sehingga, jika terjadi pemalsuan informasi dan sebagainya. Bisa langsung terlihat dan dibuktikan kebenarannya.

7. Mempercepat proses Transaksi

Fungsi host to host payment yang terakhir yaitu mempermudah dan mempercepat proses transaksi. Pengguna tinggal menunggu beberapa saat, dan pembayaran melalui ATM yang dilakukan dengan sistem host to host ini akan lebih cepat selesai.

Penutup

Demikian beberapa penjelasan singkat mengenai fungsi host to host dalam transaksi pembayaran. Dengan adanya host to host ini, tentunya akan lebih memudahkan berbagai pihak dalam melakukan transaksi pembayaran, maupun dalam pertukaran data yang berkaitan dengannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *