Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Mengenal Pengertian dan Fungsi Backup di Cpanel Hosting

2 min read

Pengertian dan Fungsi Backup di Cpanel

Fungsi backup di cpanel memang sangat banyak. Aplikasi satu ini sangat cocok bagi orang yang memerlukan backup data untuk keperluan perusahaan maupun pribadi. Selain itu, fitur yang ada di dalamnya juga cukup bagus dan mumpuni.

Baca juga : cara mengubah foto buram menjadi HD

Bagi yang bergelut di dalam dunia website, tentu saja sudah tidak asing lagi dengan Cpanel. Fungsi backup Cpanel merupakan suatu fitur yang digunakan dalam mengamankan semua data dan juga informasi yang ada pada website. Ini bertujuan agar semua data tidak hilang.

Bagi para pembaca yang tertarik untuk melakukan backup data khususnya pada website maka harus menggunakan cpanel ini. Aplikasi ini bisa diunduh secara otomatis melalui play store maupun website. Selain itu, ini juga bisa diakses melalui PC maupun smartphone Android.

Fungsi Backup Data di Cpanel

Cpanel merupakan sebuah aplikasi yang dikeluarkan oleh BOC yang merupakan sebuah perusahaan trading di Indonesia. Ini sudah dilengkapi dengan fasilitas backup data baik mulai dari mingguan dan bulanan. Selain itu, keamanannya juga cukup terjaga.

Aktivitas backup data pada website yang saat ini tersedia pada Cpanel di adalah backup data yang berupa website, email, database serta konfigurasi DNS. Semuanya mampu melakukan backup data dengan jumlah yang sangat besar sekalipun. Tentunya, hal ini sangat menguntungkan bagi semua.

Backup data harus dilakukan secara berkala. Para penggunanya harus mempunyai salinan data website pada komputer. Dengan begitu cara ini cukup aman dilakukan di jamin data tidak hilang. Penggunaan Cpanel ini sangat mudah dan simple.

Tutorial Penggunaan Cpanel Hosting

Setelah mengetahui apa saja fungsi backup data Cpanel, selanjutnya harus mengetahui mengenai tutorial melakukan backup data melalui aplikasi ini. Ini sangat mudah dan berikut caranya yaitu:

1. Login ke Akun Cpanel

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan login pada website ini. Langkah selanjutnya adalah dengan mengisi username serta password. Tunggu beberapa maka menandakan sudah terdaftar dalam Akun tersebut.

2. Masuk ke Menu File

Setelah berhasil loging, maka selanjutnya harus masuk pada menu file. Disana ada berbagai macam pilihan terkait backup data. Setelah itu, kliklah backup wizard. Inilah yang membuatnya aplikasi ini banyak diminati.

3. Lakukan Pembekapan

Pada saat memasuki halaman login cpanel, langkah selanjutnya adalah melakukan backup terhadap semua data tersebut. Ini akan ada dua pilihan yang akan dipilih yaitu backup dan restore. Untuk membackup data pilihlah backup data.

Baca juga : cara mengurangi cahaya komputer atau laptop windows

Jangan lupa ya untuk memilih full backup jika ingin semua file dan menu dibersihkan. Proses yang diperlukan cukup cepat mulai dari 10 sampai 20 menit. Ini tergantung dengan koneksi internet yang ada pada saat itu.

Pada halaman ini, setiap penggunanya harus menentukan lokasi tempat dimana hasil backup itu akan disimpan. Maka dari itu pastikanlah terdapat ruangan kosong yang cukup lega pada smartphone.

4. Tunggu Proses

Setelah login pasti akan masuk ke tampilan tertentu. Ini sudah memiliki website yang bernama gobek. Ini merupakan sebuah tindakan untuk membatalkan backup data yang dilakukan pada saat itu.

Selama proses menunggu maka bisa digunakan untuk download dari hasil backup tersebut. Hal ini menandakan jika file sudah siap untuk didownload serta disimpan di dalam aplikasi penyimpanan.

Keunggulan Dari Cpanel

Seperti yang diketahui bahwa saat ini cpanel merupakan sebuah aplikasi yang banyak digunakan oleh semua orang untuk membackup data. Ada beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh aplikasi. Berikut ini adalah penjelasannya.

1. Bisa Menghemat Waktu Serta Uang

Dengan menggunakan cpanel maka tidak perlu lagi untuk membeli alat seperti harddisk yang digunakan untuk membackup data. Data secara otomatis akan disimpan ke klub dengan sangat aman.

2. Aplikasi Terbaik

Menggunakan aplikasi backup data yang sudah berkualitas. C panel sendiri merupakan sebuah aplikasi backup data yang sudah teruji secara resmi. Dengan begitu, kemampuan dalam bidang backup data sudah tidak perlu diragukan lagi.

3. Penawaran Software

Keunggulan ketiga adalah sering adanya penawaran software auto installer. Dengan menggunakan software ini maka para penggunanya tidak perlu meng-install karena sudah otomatis terinstal. Ini menjadi salah satu hal yang cukup praktis dan hemat waktu.

4. Fitur Canggih

Cpanel juga memiliki berbagai macam fitur yang cukup canggih dan menarik. Berbagai macam fitur ini tentu saja sangat membantu para penggunanya untuk menggunakan aplikasi ini.

5. Customer Service

Ada juga customer service yang cukup ramah dan membantu. Terkadang dalam penggunaan aplikasi ini sering mengalami masalah. CS dari aplikasi ini bersedia mendengarkan keluh kesah kita mengenai penggunaan aplikasi dan memberikan solusi.

6. Selalu Upgrade

Keunggulan selanjutnya dari cpanel adalah selalu melakukan upgrade secara rutin. Dengan begitu, maka website akan tambah lebih bagus dan lebih menarik. Selain itu, ada banyak penambahan item tertentu untuk bisa dikerjakan dan dipelajari.

7. Tutorial Mudah Didapat

Ada berbagai tutorial serta panduan yang mudah di mengerti. C panel biasanya menyediakan panduan berupa panduan online mengenai manual penggunaan aplikasi ini. Semuanya dijelaskan secara gamblang ada penjelasan tersebut.

Penutup

Itulah tadi beberapa penjelasan singkat mengenai fungsi backup di cpanel hosting dan berbagai macam hal yang terkait dengan aplikasi satu ini.

Baca juga : rekomendasi merk harddisk eksternal terbaik

Semoga penjelasan tersebut bermanfaat dan bisa membuka wawasan lebih jauh mengenai dunia website. Ini sangat perlu untuk diaplikasikan.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.