13 Dampak Negatif Perubahan Sosial Pada Masyarakat

1 min read

Dampak negatif perubahan sosial

Hakikatnya perubahan sosial ialah bentuk tatanan hidup pada masyarakat yang sebelumnya telah ada dan diterima serta seringkali terjadi di waktu atau kondisi tertentu, hal ini dipengaruhi oleh beberapa keadaan seperti bentuk geografis, ideologi yang dianut, kebudayaan, material dan komposisi penduduk. Akan tetapi, perubahan sosial juga dapat terjadi karena adanya difusi atau terjadi berbagai hal yang dianggap baru di lingkungan masyarakat tersebut. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai dampak negatif perubahan sosial pada masyarakat yang perlu anda ketahui.

Baca juga : mamahami pengertian sampel menurut para ahli

Dimasa kini, beberapa perubahan sosial bisa saja terjadi dalam struktur dan fungsi di lingkungan masyarakat. Hal ini berarti bahwa yang terjadi perubahan ialah struktur dan sistem sosial masyarakat tersebut. Dalam dunia nyata, perubahan sosial terjadi pada berbagai lembaga kemasyarakatan yang berdampak dan mempengaruhi unsur sosial seperti sikap, nilai dan pola perilaku yang terjadi di kalangan masyarakat.

Pengertian ini berjalan pada berbagai lembaga kemasyarakatan yang memiliki peran penting sebagai cerminan dan himpunan pokok dalam masyarakat. Tentu setiap hal perubahan yang terjadi di lembaga kemasyarakatan dapat berdampak dan mempengaruhi sistem dan struktur dari masyarakat tersebut.

Dampak negatif perubahan sosial

Dampak negatif perubahan sosial pada masyarakat

Dampak negatif perubahan sosial yang terjadi pada masyarakat lebih mengarah ke bentuk kemunduran yang ditandai dengan beragam konflik sosial, deviasi sosial, tindak kejahatan dan beragam masalah sosial lainnya. Tentu hal ini merupakan dampak negatif perubahan sosial yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat.

Berikut dibawah ini merupakan beberapa dampak negatif perubahan sosial yang terjadi pada lingkungan masyarakat akibat adanya modernisasi dan globalisasi, diantaranya yaitu :

Dampak negatif perubahan sosial

  1. Lunturnya jadi diri bangsa dan budaya lokal.
  2. Bersifat kebarat – baratan dan timbul perilaku konsumtif.
  3. Hilangnya kesadaran pada norma dan nilai sosial di masyarakat.
  4. Lebih bersifat individualis, hedonis dan sekuler.
  5. Dapat menimbulkan degradasi moral, cultural lag dan cultural shock.
  6. Terjadi perubahan sosial yang nyata pada bentuk perilaku dan budaya kelompok masyarakat.
  7. Pergaulan dan seks bebas merajalela.
  8. Dapat terjadi konflik sosial antar masyarakat secara horizonal dan vertical.
  9. Lembaga sosial kemasyarakatan tidak dapat berjalan dengan baik.
  10. Terjadi peningkatan pengangguran karena kehilangan kesempatan kerja.
  11. Terjadinya krisis multidimensi pada lingkungan masyarakat.
  12. Kerusakan lingkungan yang semakin masif karena perubahan pola hidup pada masyarakat.
  13. Terjadi degradasi kualitatif pada tatanan sosial di kelompok masyarakat.

Penutup

Demikianlah pembahasan dari saya mengenai dampak negatif perubahan sosial pada masyarakat yang perlu anda ketahui, semoga artikel ini kedepannya dapat bermanfaat dan berguna bagi banyak orang. Sekian dari saya dan terimakasih telah berkunjung di blog masdzikry, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *