Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

5 Metode Cara Scan Barcode Tanpa Aplikasi dengan Mudah

1 min read

Cara Scan Barcode Tanpa Aplikasi

Barcode ialah kode unik berupa gambar yang bisa digunakan untuk berbagai hal, baik itu metode pembayaran, mengakses url, membuka aplikasi dan sebagainya. Nah kali ini, saya akan membahas beberapa tips mengenai cara scan barcode tanpa aplikasi tambahan di ponsel dengan mudah dan praktis.

Baca juga : rekomendasi aplikasi keylogger untuk android

Dalam penggunaannya, barcode bisa diakses dan dibaca langsung menggunakan fitur pemindai yang tersedia di perangkat smartphone Android, seperti ponsel Xiaomi contohnya yang menyediakan fitur bawaan tersebut.

Namun, kebanyakan ponsel keluaran terbaru tidak memiliki fitur bawaan untuk membaca barcode. Untuk mengatasi hal ini, pengguna bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang banyak tersedia gratis di google playstore. Lantas bagaimana cara scan barcode di Android tanpa aplikasi tambahan? simak lebih lanjut dibawah ini.

Cara Scan Barcode Tanpa Aplikasi

Berikut dibawah ini beberapa metode yang dapat Anda lakukan dalam membaca kode barcode dengan praktis dan mudah, diantaranya yaitu:

1. Melalui Qrcodescan.in

Di metode pertama, Anda bisa mengakses situs qrcodesca.in melalui aplikasi browser seperti google chrome, mozilla firefox, opera dan sebagainya.

Untuk menggunakannya, Anda perlu memberi akses kamera dengan cara mengklik allow atau izinkan camera jika ada menu notifikasi yang akan muncul saat pertama kali mengakses website tersebut.

2. Melalui Webqr.com

Webqr memiliki tampilan yang bisa dibilang sangat mudah untuk digunakan, karena secara otomatis web ini mampu memindai barcode dengan cepat dan akurat.

Baca juga : jasa install plugin elementor pro terbaru

Selain itu, pengguna bisa memasukkan file gambar barcode secara manual dengan cara menguploadnya di bagian kanan icon camera.

3. Melalui The-qrcode-generator.com

Cara scan barcode tanpa aplikasi selanjutnya yaitu melalui the-qrcode-generator.com, situs ini berfungsi untuk memindai kode barcode dan qr dengan akurat.

Di dalamnya juga terdapat tool online lainnya seperti screen recorder (perekam layar), pdf merger (penggabung file PDF) dan screencastify (alat screenshot).

4. Melalui Pageloot.com

Pageloot.com menyediakan fitur gratis untuk memindai barcode dengan cepat dan mudah. Untuk menggunakannya, pengguna hanya perlu mengizinkan akses kamera pada perangkat yang digunakan.

Baca juga : cara download video instagram tanpa watermark

Selain itu, Anda juga bisa mengupload file gambar barcode secara manual di bagian fitur upload image. Kemudian, di dalamnya terdapat fitur QR generator untuk membuat kode QR sendiri dan QR scanner untuk memindai kode QR secara otomatis.

5. Melalui QRstuff.com

Cara membaca barcode tanpa aplikasi yang terakhir yaitu melalui situs qrstuff.com, sama seperti situs sebelumnya, qrstuff memiliki fitur utama untuk memindai kode QR dengan akurat.

Yang menarik dari situs ini adalah memiliki fitur login dan register untuk menyimpan hasil pemindaian barcode pengguna. Sehingga ini sangat bermanfaat, apabila pengguna mengalami lupa atau barcode hilang.

Informasi Tambahan

Jika Anda kurang puas dengan beberapa metode diatas, Anda bisa langsung mencarinya sendiri di mesin pencarian google dengan keyword “Barcode Scanner” atau “QR Scanner”.

Baca juga : cara menggunakan youtube premium secara gratis

Berbagai cara diatas tadi dapat dengan mudah dan gratis diakses melalui semua perangkat, baik itu laptop, PC ataupun ponsel Android. Asal ada aplikasi browser dan akses internet yang memadai. Semoga bermanfaat.

Penutup

Akhir kata, demikianlah pembahasan singkat yang dapat saya tulis kali ini seputar cara scan barcode tanpa aplikasi tambahan yang dapat Anda lakukan dengan mudah dan praktis. Terimakasih dan sampai jumpa di pembahasan selanjutnya.

Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

One Reply to “5 Metode Cara Scan Barcode Tanpa Aplikasi dengan Mudah”

  1. QR code Scanner is the perfect tool to read QR codes with a webcam on a PC It also allows you to upload the QR code image for scanning

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.