Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

7 Tips Cara Merawat Harddisk Internal dan Eksternal

2 min read

Cara Merawat Harddisk Internal dan Eksternal

Harddisk merupakan hardware (perangkat keras) berupa ruang penyimpanan dalam mendukung perangkat laptop yang berfungsi untuk menyimpan berbagai data-data penting. Karena itu harddisk penting untuk dijaga dan dirawat agar awet tanpa perlu mengganti dengan yang baru. Maka dari itu ada tips sederhana cara merawat harddisk baik internal maupun yang eksternal.

Cara Merawat Harddisk Komputer

Berikut di bawah ini beberapa tips efektif yang bisa Anda terapkan dengan mudah dalam menjaga kesehatan dan performa komponen harddisk pada perangkat komputer atau laptop Anda, di antaranya yaitu:

1. Pilihlah Harddisk Sesuai Dengan Kebutuhan

Cara pertama yaitu memilih harddisk sesuai dengan kebutuhan. Contoh sederhananya jika digunakan untuk bekerja dan butuh program yang besar, maka bisa gunakan harddisk berupa internal. Dan jika sudah hampir penuh, carilah hardisk internal. Namun sebelumnya cek terlebih dahulu apakah laptop memiliki kapasitas untuk menambah harddisk.

Baca Juga : 5 Cara Cek HDD Laptop untuk Melihat Kapasitas Harddisk

Jika harddisk di dalam laptop/komputer sudah hampir penuh karena file film atau yang lainnya, dan ingin menambah koleksi film. Maka pilihlah harddisk yang eksternal. Karena ada beberapa laptop/komputer yang bisa menambah harddisk internal dan ada yang tidak. Namun kembali ke pribadi masing-masing lihat dari kebutuhannya.

2. Buang Data yang Tidak Perlu

Cara merawat harddisk yang kedua ini bisa diperuntukkan untuk dua jenis harddisk, baik internal maupun eksternal. Karena data yang tidak penting ada didalam harddisk hanya akan menjadi sampah saja dan akan semakin menambah memori. Data tidak penting akan memenuhi memori sehingga data penting lainnya tidak akan bisa disimpan didalamnya.

Sebaiknya lakukan secara rutin pengecekan harddisk, dan jika ada data yang tidak perlu, langsung hapus dan jika ada aplikasi bisa langsung uninstall. Hal ini penting untuk mengurangi dalam penggunaan ruangan penyimpanannya, dan juga menghindari dari kerusakan dalam harddisk. Cara ini bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi cleaner. Bisa di download gratis di Google dan sudah terverifikasi aman.

3. Hindari Penyimpanan Data yang Berlebihan

Terkadang laptop/komputer menjadi lamban sistemnya karena memori harddisk terlalu penuh. Jadi sistem di dalamnya menjadi lambat dalam bekerja dan terkadang sering terjadinya nge-lag. Maka dari itu cek harddisk secara berkala. Harddisk yang penuh bisa akan merusak harddisk secara tidak langsung.

4. Cek Selalu Suhu Pada Harddisk

Berikutnya yaitu cara merawat harddisk dengan cara lakukan pengecekan suhu pada harddisknya. Jika harddisk terlalu panas maka itu akan menurunkan kemampuan harddisk dalam menyimpan datanya. Jaga terus agar suhu harddisk tetap stabil. Cara ini bisa dilakukan dengan cara menggunakan program seperti Wizard PC atau pun HDD Temperature.

Baca Juga : 5 Ciri-ciri Hardisk Laptop Rusak dan Tips Cara Mengatasinya

Ini biasanya dilakukan untuk harddisk jenis internal, karena programnya ada di laptop langsung. Kemungkinan harddisk eksternal juga bisa diterapkan cara ini. Untuk menjaga harddisk tidak mengalami suhu panas, bisa juga digunakan cooling pad. Alat ini sebenarnya untuk laptop tetapi juga bisa menjaga kestabilan suhu pada harddisknya.

5. Aktifkan Antivirus

Harddisk banyak yang rusak pada umumnya dikarenakan adanya virus yang masuk dan itu akan menyerang sistem didalamnya. Maka dari itu download aplikasi antivirus dan aktifkan agar jika ada virus yang masuk akan bisa langsung terdeteksi. Dan jika telah terdeteksi akan mudah untuk dibersihkan.

Jika cepat sadar masuknya virus, itu akan menghindari kerusakan pada harddisk dan sistem lainnya didalam. Lebih baik gunakan antivirus yang premium yang berbayar karena biasanya itu lebih fast dalam mendeteksi adanya virus. Bahkan virus yang terkadang tidak terdeteksi untuk versi gratisnya.

6. Jangan Menaruh Laptop Dalam Keadaan Hidup di Atas Kasur

Berikutnya cara merawat harddisk adalah dengan tidak menaruh laptop di atas kasur. Hal ini berlaku untuk harddisk jenis internal. Ada banyak yang melakukan hal itu, karena bekerja di atas kasur lebih nyaman. Namun jika mengerjakan sesuatu di laptop dan dikerjakan di atas kasur itu akan merusak harddisk internal pada laptopnya.

Karena hal itu dapat memperpendek umur pemakaian harddisk, disebabkan karena piringan yang berputar di dalam laptopnya menjadi tidak stabil. Itu bisa merusak piringannya dan harddisk menjadi rusak.

7. Rajin Membersihkan Harddisk Dari Debu

Cara terakhir yaitu dengan rajin membersihkan harddisknya. Ya, harddisk perlu dibersihkan. Ini berlaku untuk yang internal maupun eksternal. Karena jika harddisk berdebu, akan masuk partikel debunya dan jika itu terjadi lama akan menjadi rusak. Rajin membersihkannya dengan menggunakan kuas. Terlalu banyak debu bisa merusak komponen didalam harddisk nya.

Baca Juga : Penyebab Laptop Mati Total yang Sering Terjadi

Dan untuk internal biasanya lakukan rutin karena terkadang laptop panas diakibatkan dari banyaknya debu yang menumpuk. Debu yang menumpuk akan menghambat angin dari kipas di dalam laptopnya. Jika laptop panas, maka harddisk pun bisa kena juga. Jadi usahakan jaga harddisk dan laptop dari kerusakan dengan rajin membersihkan debu nya.

Penutup

Nah, itu tadi beberapa hal sederhana dalam cara merawat harddisk untuk jenis internal dan juga eksternal. Pada dasarnya komponen elektronik memang harus rajin dirawat dan dijaga agar barang tersebut lebih tahan lama atau awet selama pemakaian. Semoga bermanfaat ya, see you next artikel.

Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.