2 Cara Mengubah Lokasi Backup Itunes Pada Windows

1 min read

Cara mengubah lokasi backup itunes

Cara mengubah lokasi backup itunes – Itunes merupakan alat piranti lunak (software) dari apple yang berfungsi untuk mengelola dan mengatur perangkat iphone pengguna dengan mudah, seperti menginstall aplikasi, membackup data, mengatur sejumlah berkas, membeli lagu dan hal lainnya.

Baca juga : pengertian dan fungsi transistor dalam rangkaian elektronik

Umumnya, dalam melakukan backup seluruh file data perangkat iphone, pasti membutuhkan ukuran penyimpanan kosong yang cukup besar, berkisar puluhan hingga ratusan GB (gigabyte).

Dari hal inilah muncul masalah pada penyimpanan partisi C yang merupakan tempat penyimpanan itunes default, partisi default ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar dibanding partisi D atau partisi lainnya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial mengenai cara mengubah lokasi backup itunes pada operasi sistem windows yang dapat anda prakktekkan dengan mudah.

Lokasi Backup Itunes Default

  • Setup : %UserProfile%\AppData\Roaming\Apple Computer\MobileSync\Backup
  • Microsoft store : %UserProfile%\Apple\MobileSync\Backup

Program itunes memiliki dua lokasi backup default yang berbeda, lokasi default ini tergantung dari mana anda menginstall program itunesnya. Apabila anda menginstall langsung melalui file exe (setup) anda harus mempraktekkan cara yang pertama dan jika telah melakukan instalasi itunes melalui layanan microsoft store anda harus mempraktekkan cara yang kedua.

Cara Mengubah Lokasi Backup Itunes

Di tutorial mengubah backup Itunes ini terdapat dua cara berbeda yang dapat anda terapkan. Untuk lebih jelasnya, simak lebih lanjut pembahasannya dibawah ini :

1. Setup installer

  • Install terlebih dahulu program itunes exe melalui situs resminya
  • Buat folder di directory tujuan dengan nama MobileSync lalu buat lagi folder bernama Backup didalamnya (MobileSync\Backup)
  • Hapus folder bernama Backup (jika ada) pada directory %UserProfile%\AppData\Roaming\Apple Computer\MobileSync\
  • Jalankan CMD (windows + R tulis cmd lalu enter)
  • Kemudian tulis perintah MkLink /J “%UserProfile%\AppData\Roaming\Apple Computer\MobileSync\Backup” “E:\MobileSync\Backup” lalu klik enter
  • Selesai, lokasi backup itunes berhasil dipindah

Cara mengubah lokasi backup itunes

2. Microsoft store

  • Install itunes terlebih dahulu melalui layanan microsoft store
  • Buat folder di directory tujuan dengan nama MobileSync lalu buat lagi folder bernama Backup didalamnya (MobileSync\Backup)
  • Hapus folder bernama Backup (jika ada) pada directory %UserProfile%\Apple\MobileSync\
  • Jalankan CMD (windows + R tulis cmd lalu enter)
  • Kemudian tulis perintah MkLink /J “%UserProfile%\Apple\MobileSync\Backup” “E:\MobileSync\Backup” lalu klik enter
  • Selesai, lokasi backup itunes berhasil dipindah

Cara mengubah lokasi backup itunes

Informasi Tambahan

Untuk tulisan berwarna merah tersebut dapat anda ganti sesuai dengan huruf abjad partisi harddisk komputer anda, seperti D, E, Z, F dan sebagainya.

Tutorial ini berdasarkan pengalaman kerja saya sebagai teknisi komputer. Pastinya tutorial ini bekerja pada sistem operasi windows 8 dan 10 basis 64bit, apabila masih terdapat error dan pertanyaan lainnya, anda dapat berkomentar melalui kolom dibawah artikel ini.

Penutup

Demikianlah pembahasan singkat dari saya mengenai tutorial cara memindah backup itunes pada windows 8 dan 10, semoga penjelasan diatas tadi dapat anda pahami dengan baik. Cukup sekian dan terimakasih telah berkunjung, sampai jumpa di artikel lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *