Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

5 Cara Mengembalikan File yang Sudah Lama Terhapus

1 min read

Cara Mengembalikan File yang Sudah Lama Terhapus di Android

Dalam menggunakan smartphone, mungkin banyak pengguna sering tidak sengaja menghapus file atau berkas data yang cukup penting. Nah pada kesempatan ini saya akan membahas mengenai beberapa metode cepat cara mengembalikan file yang sudah lama terhapus di android.

Baca juga : cara daftar roblox dengan mudah

Perlu diketahui, ponsel termasuk perangkat elektronik modern yang digunakan oleh banyak orang untuk berkomunikasi dan hal lainnya seperti belajar, berdiskusi, menyelesaikan pekerjaan dan sebagainya.

Cara Mengembalikan File yang Sudah Lama Terhapus di Android

Berikut dibawah ini beberapa metode simple yang dapat Anda lakukan secara gratis menggunakan aplikasi tambahan dalam merecovery data yang hilang, diantaranya yaitu:

1. Menggunakan Undeleter Files & Data

Untuk dapat menggunakan aplikasi ini secara penuh, smartphone android yang akan digunakan harus sudah diroot. Hal ini diperlukan untuk memperoleh akses menyeluruh agar lebih optimal dalam mengembalikan data yang hilang pada ponsel Anda.

Cara menggunakan Undeleter Files & Data

  • Sebelumnya, Anda perlu memastikan bahwa perangkat android Anda telah di root. Bisa menggunakan aplikasi root checker, untuk mengetahui status rootnya.
  • Setelah mengetahui status root-nya, silahkan install aplikasi melalui google playstore.
  • Buka aplikasi dan izinkan akses (allow) jika terdapat notif permission.
  • Pilih penyimpanan pada smartphone Anda yang akan dipulihkan, bisa internal ataupun external (sdcard).
  • Centang beberapa pilihan format file yang tersedia, seperti gambar, audio, video dan sebagainya.
  • Klik tombol scan untuk melanjutkan proses pencarian file yang hilang.
  • Tunggu beberapa saat dan cari file tersebut yang akan direcovery, semoga berhasil.

2. Menggunakan EaseUs MobiSaver

Cara mengembalikan file yang sudah terhapus di android yang selanjutnya yaitu menggunakan aplikasi EaseUs MobiSaver, aplikasi ini sepenuhnya gratis dan tidak membutuhkan akses root khusus untuk mengembalikan berbagai data yang hilang.

Anda bisa mencoba aplikasi easeus mobisaver dengan mencarinya pada kolom pencarian di google playstore. Kelebihannya terletak pada kemampuan scan cepat dan memiliki interface yang mempermudah pengguna untuk melakukan recovery data secara otomatis.

3. Menggunakan DiskDigger

Diskdigger juga termasuk aplikasi gratis yang cukup mumpuni dalam mengembalikan file data yang sudah lama hilang. Anda bisa mengunduhnya melalui google playstore, semoga berhasil.

4. Menggunakan Dumpster Recovery

Dumpster recovery memiliki berbagai fitur unggulan yang dapat digunakan secara gratis untuk melakukan recovery pada berbagai file pengguna. Tentu, aplikasi ini cukup saya rekomendasikan karena terbukti ampuh dalam mencari file yang hilang, semoga berhasil.

5. Menggunakan Trash Bin Recovery

Alat yang terakhir yaitu menggunakan aplikasi tambahan bernama trash bin recovery, aplikasi ini tidak memerlukan koneksi internet. Untuk prosesnya, dapat memakan waktu yang cukup singkat, namun hal ini juga tergantung spesifikasi perangkat android yang Anda gunakan.

Informasi Tambahan

Tentu, pengguna bisa menggunakan semua aplikasi tersebut secara gratis yang dapat diunduh melalui google playstore. Pada dasarnya, banyak aplikasi Android lainnya yang dapat melakukan hal ini, Anda bisa mencobanya menggunakan aplikasi lainnya apabila dirasa kurang maksimal, semoga berhasil.

Baca juga : aplikasi edit foto untuk android

Sebelum melakukan root pada smartphone Android Anda, saya sarankan agar lebih berhati-hati dan serahkan kepada orang yang telah ahli. Hal ini untuk menghindari hal yang tidak dinginkan, seperti bootloop, hang, lambat dan kendala kerusakan lainnya.

Penutup

Akhir kata, demikianlah pembahasan singkat dari saya mengenai tutorial bagaimana cara mengembalikan file yang sudah lama terhapus di Android menggunakan aplikasi tambahan.

Semoga penjelasan diatas tadi dapat bermanfaat dan bisa Anda pahami dengan baik. Apabila ada pertanyaan, jangan segan untuk berkomentar melalui kolom komentar dibawah artikel ini, terimakasih.

Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.