Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

5+ Metode Cara Mengecek Tipe Hp Samsung dengan Mudah

2 min read

Samsung menjadi salah satu merk hp banyak digunakan di Indonesia. Hp samsung sendiri memiliki beragam model dan tipe. Untuk yang ingin membeli hp samsung ini, penting banget untuk mengetahui cara mengecek tipe hp samsung. Apalagi jika ingin membeli hp samsung bekas.

Baca juga : Cara Melihat IMEI Samsung

Seperti yang kita tau, merk hp asal Korea Selatan ini memang memiliki banyak penggemar di Indonesia. Kualitasnya awet dengan desain dan fitur yang modern. Selain itu tipe dan model dipasarkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Tidak salah jika hp ini dibandrol dengan harga yang relatif mahal, namun tetap banyak peminatnya. Jika Anda salah satunya, dan berencana membeli hp samsung.

Cara Mengecek Tipe Hp Samsung

Penting nih bagi Anda untuk mengetahui cara mengecek tipe hp samsung. Selain itu cek tipe hp juga penting saat ingin mengganti room system.

Cara Mengecek Tipe Hp Samsung

Ada 5 cara direkomendasikan karena mudah dan simpel. Anda bisa pilih mana paling mudah dan berikut tutorial lengkap bisa diikuti berikut ini.

1. Menggunakan Kode Rahasia

Cara pertama menggunakan kode rahasia. Seperti yang diketahui bahwa android memiliki banyak kode rahasia. Salah satunya untuk mengecek tipe hp. Berikut tutorial lengkapnya:

  • Buka menu dial up pada hp samsung
  • Ketikan kode *#1234#
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul beberapa informasi, termasuk model hp

2. Melalui Menu Pengaturan Samsung

Selanjutnya menggunakan menu pengaturan atau setting. Melalui menu pengaturan Anda bisa menemukan data hp secara lengkap. Mulai dari model, versi android, bahkan hingga RAM. Berikut cara cek tip hp samsung melalui pengaturan:

  • Masuk menu pengaturan atau setting
  • Scroll bawah dan pilih opsi tentang perangkat
  • Akan tampil informasi hp, termasuk tipe hp Samsung

3. Melalui sticker

Melalui sticker hp, cara ini cukup unik dan mudah untuk dilakukan. Sticker yang dimaksud berada di bagian belakang hp tepatnya di balik baterai.

Baca juga : Cara Mengatasi Touchscreen Bergerak Sendiri

Jadi Anda perlu membuka bagian belakang tutup hp samsung, tapi tenang karena tidak perlu membongkar isinya. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka penutup hp dan ambil baterainya.
  • Cari data IMEI hp samsung di balik baterai.
  • Buka situs IMEI dengan klik link ini.
  • Masukan kode IMEI pada kolom.
  • Centang bagian saya bukan robot.
  • Kemudian akan muncul informasi lengkap hp termasuk tipenya.

4. Menggunakan Aplikasi

Cara terakhir adalah dengan menggunakan aplikasi salah satunya adalah CPU-Z. Sebelum itu bisa unduh aplikasi melalui Google Play Store dan ikuti langkah dibawah ini.

  • Buka aplikasi CPU-Z
  • Akan tampil berbagai pilihan menu, Anda bisa pilih Device.
  • Pada menu device akan muncul informasi tipe hp pada bagian atas.

5. Melalui Aplikasi Device Info HW

Selain aplikasi CPU-Z, juga bisa menggunakan device info hw. Ukuran aplikasi cukup ringan hanya 1,5 MB dan bisa didownload langsung melalui Google Play Store.

Untuk langkah menerapkannya sama dengan menggunakan aplikasi CPU-Z yaitu sebagai berikut:

  • Buka aplikasi CPU-Z, bisa diunduh di playstpre
  • Pergi ke menu device
  • Nah didalamnya terdapat beberapa informasi termasuk tipe hp Anda.

6. Melalui Dusbook

Cek tipe hp selanjutnya bisa dicek melalui Dusbook hp. Ini cara mudah karena cukup mencarinya dengan membaca informasi yang sudah tertera. Karena informasi disana sudah cukup lengkap.

Baca juga : Aplikasi Pembersih Sampah Tersembunyi

Namun jika membeli hp bekas biasanya dusbook sudah tidak ada jadi bisa melakukan pilihan cara diatas. Cukup mudah dan simpel, pasti bisa dilakukan oleh semua kalangan termasuk Anda.

Tipe Hp Samsung dengan Kamera Terbaik

Sudah tidak heran lagi kan, karena samsung sendiri memang memiliki kamera yang jernih daripada merk lain. Jika tertarik membeli hp samsung, bisa baca ulasan berikut ini mengenai hp samsung dengan kamera terbaik.

1. Samsung Galaxy S22 Ultra

Rekomendasi pertama ada samsung S22 ultra. Memiliki kamera utama dengan resolusi 108 MP ISOCELL HM3 dilengkapi laser AF, PDAF, dan OIS menghasilkan output kamera 12 MP yang menakjubkan.

Selain itu juga ada kamera pendamping dengan resolusi 10 MP dan 12 MP. Mampu memotret bidang keluasan hingga 120 derajat. Memiliki desain seperti samsung Note Series yang dipadukan dengan stylus pen.

2. Samsung Galaxy S22

Samsung galaxy S22 memiliki 3 kamera. Untuk kamera utama memiliki resolusi 50 MP dilengkapi fitur OIS dan dual pixel. Untuk lensa pendamping memiliki resolusi 10 MP dan 12 MP serta kemampuan zoom hingga 3 kali.

Tipe hp samsung ini mendapatkan 126 poin dari DxOmark karena dianggap sangat memiliki kualitas dalam hal kamera. Menurutnya galaxy s22 mampu meredam noise saat menggunakannya dalam suasana minim cahaya.

3. Samsung Galaxy S22+

Sama seperti tipe sebelumnya, galaxy s22+ juga berhasil mendapatkan 126 dari DxOMARK dengan kualitas kamera terbaik. Tipe ini bisa menonjolkan warna menyala dan kualitas zoom yang bagus. Hasil foto juga cerah baik didalam dan diluar ruangan.

Baca juga : Mengatasi Hp Samsung J2 Prime Sering Kembali Sendiri

Wajar juga jika s22+ ini mendapatkan poin sama dengan tipe sebelumnya, karena menggunakan resolusi kamera yang sama yaitu 50 MP.

Penutup

Itu dia cara mengecek tipe hp samsung hingga rekomendasi dengan kamera terbaik. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat, terima kasih.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.