Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

8 Tips Cara Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air

2 min read

Cara Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air

Apakah HP Anda pernah terkena air tanpa sengaja? Mungkin pada saat itu anda terlalu khawatir sehingga tidak bisa memberikan penanganan yang tepat. Padahal ada beberapa cara mengatasi speaker HP kemasukan air yang tepat untuk dilakukan.

Baca juga : rekomendasi aplikasi edit poster terbaik

Pasalnya saat kemasukan air kemungkinan akan terjadi beberapa masalah seperti komponen tidak dapat bekerja kembali, speaker mati, HP tidak bisa menyala dan lainnya. Jika kondisi yang seperti itu jangan buru-buru untuk membawanya ke tempat servis.

Cara Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air

Pada saat HP kemasukan air mungkin efek yang dihasilkan akan berbeda dari setiap jenis HP. Ada yang mengalami kerusakan pada bagian speaker, HP mati total dan lainnya. Jadi, untuk mengatasi permasalahan tersebut, cobalah melakukan beberapa cara ini.

1. Bongkar Casing dan Baterai

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasi speaker HP kemasukan air yaitu dengan membuka bagian casing dan baterainya. Mungkin saja ada air yang masuk dan menghambat masuknya udara. Namun, bagi pemilik HP baterai tanam, tentu cara ini tidak bisa dilakukan.

Setelah melakukan cara ini jangan langsung menyalakan HP. Alangkah baiknya jika hp didiamkan selama 24 jam. Langkah ini sangat berguna untuk mengeringkan speaker yang terkena air secara maksimal.

2. Keringkan Speaker Dengan Silika Gel

Adapun cara mengatasi speaker HP kemasukan air yang selanjutnya yaitu mengeringkan dengan menggunakan silika gel. Cara ini terbilang efektif untuk menyerap kelembaban yang ada di dalam speaker. Bahkan, silika gel juga bisa mencegah terjadinya kondensasi.

Baca juga : cara menggunakan 2 whatsapp sekaligus di android

Air yang ada dalam speaker bisa mengering dengan cara ini jika Anda menumpuknya pada beberapa silika gel. Pastikan jika semua air yang terdapat pada speaker benar-benar kering dan serat, diamkan hingga beberapa hari.

3. Keringkan Menggunakan Alat Hair Dryer

Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk mengatasi speaker HP kemasukan air yaitu dengan mengeringkannya menggunakan hair dryer. Cara sederhana ini mungkin tidak terpikirkan oleh kebanyakan orang. Namun, nyatanya bisa mengeringkan air di dalam HP.

Cara ini juga bisa diterapkan pada pengguna HP baterai tanam. Jadi, Anda tinggal membuka bagian casing. Setelah itu, nyalakan hair dryer dan arahkan pada area yang basah. Kelebihan dari hair dryer yaitu itu dapat mengatur suhu panas.

4. Jemur HP di Tempat Hangat

Menjemur HP di tempat yang hangat juga menjadi salah satu cara mengatasi speaker HP kemasukan air. Proses pengeringan akan lebih mudah jika sebelum itu anda melepas bagian casing dan juga baterai. Setelah itu, barulah jemur dalam waktu yang lama.

Jika HP yang anda miliki merupakan baterai tanam, cara menjemurnya cukup mudah tinggal mengarahkan sinar matahari ke area speaker. Pastikan jika maksimal semuanya yang diterima HP hanya 35 derajat celcius.

5. Bersihkan speaker

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi speaker hp yang kemasukan air yaitu dengan membersihkannya. Pasalnya saat terkena air kemungkinan akan ada beberapa debu dan embun yang masih tertinggal. Jadi, cara ini juga harus Anda lakukan.

Baca juga : cara mengatasi GPS tidak akurat di android

Membersihkan speaker yang terkena air bisa menggunakan jarum atau alat lainnya namun cara ini hanya berguna untuk membersihkan bagian luar meskipun cara ini hanya berpengaruh kecil setidaknya cukup membantu agar suara pada speaker jelas

6. Kubur HP ke Dalam Beras

Adapun cara mengatasi speaker HP kemasukan air yang selanjutnya yaitu dengan mengubur hasil ke dalam beras. Perlu diketahui jika beras mempunyai sifat menyerap air. Jadi, saat menerapkan cara ini dalam waktu yang lama, maka air yang ada dalam speaker akan kering.

Cara ini sangat aman untuk digunakan, dikarenakan tidak akan menimbulkan resiko apapun. Langkah-langkah yang harus Anda lakukan yaitu ambil beras pada mangkuk. Setelah itu, baru masukkan HP dan diamkan hingga beberapa hari atau kurang lebih 1-2 hari.

7. Lepaskan SIM Card dan Memory Card

Jika sebelumnya sudah melepaskan casing dan baterai, cara lain yang bisa dilakukan yaitu melepaskan SIM card dan memory card. Cara sederhana ini tidak hanya mengatasi speaker yang terkena air. Namun, juga bisa meminimalisir terjadinya kerusakan pada memory dan kartu.

Cara sederhana ini bisa Anda terapkan jika memang beberapa cara sebelumnya belum berhasil. Pasalnya cara sederhana ini tidak akan memicu resiko apapun dsn justru menghindar dari resiko berbahaya lainnya.

8. Bawa Ke Tempat Service

Cara terakhir yang bisa dilakukan yaitu membawanya ke tempat service. Jika memang cara-cara sebelumnya belum berhasil, ikuti langkah terakhir ini. Meskipun membutuhkan biaya, tidak akan masalah daripada HP tidak bisa digunakan lagi.

Baca juga : cara membuat link whatsapp dengan benar

Mungkin saja cara selanjutnya tidak berhasil dikarenakan speaker sudah rusak. Itu berarti speaker memang harus diganti dengan yang baru agar dapat digunakan kembali. Mungkin biaya yang dibutuhkan hingga 200 ribuan.

Penutup

Kurang lebih itulah cara mengatasi speaker HP kemasukan air yang bisa Anda lakukan. Jadi, jangan terburu-buru membawanya ke tempat servis. Terlebih dahulu lakukan beberapa cara tersebut, mungkin saja bisa berhasil.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.