Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

9 Tips Cara Mengatasi GPS Tidak Akurat di Android

2 min read

Cara Mengatasi GPS Tidak Akurat di Android

Dulu pada saat mencari alamat, Anda pasti akan mengandalkan orang lain untuk bertanya. Namun, zaman canggih seperti saat ini, kita cukup memanfaatkan GPS. Namun, seringkali penggunaannya bermasalah, sehingga Anda perlu mengetahui cara mengatasi GPS tidak akurat di Android.

Baca juga : cara menyembunyikan aplikasi android dengan mudah

Ada beberapa faktor kenapa GPS tidak akurat. Misalnya saja dikarenakan internet tidak lancar, penyimpanan penuh hingga Google Maps belum di update. Jadi, untuk mengetahui bagaimana cara mengatasinya, ada beberapa penjelasan yang harus dipahami.

Tips Cara Mengatasi GPS Tidak Akurat

GPS bermasalah bisa disebabkan karena beberapa faktor. Jadi, sebelum menerapkan cara mengatasi GPS tidak akurat, alangkah baiknya jika sebelum itu mengetahui apa penyebabnya. Jika sudah, baru ikuti cara-caranya berikut dibawah ini.

1. Periksa Kembali HP Android Anda

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi GPS yang tidak akurat yaitu memeriksa HP. Mungkin saja ada permasalahan pada HP yang digunakan atau memang belum mendukung fitur ini. Namun, kebanyakan Android terbaru sudah dibekali dengan fitur ini.

Jadi, pada saat GPS tidak akurat, cobalah untuk mengikuti spesifikasi dari HP. Jika diperlukan, Anda juga bisa download aplikasi GPS melalui Google Play Store. Pada aplikasi tersebut, Anda bisa mengetahui kondisi HP.

2. Cek Kecepatan Internet

Cara lain yang bisa anda lakukan untuk mengatasi GPS yang tidak benar akurat yaitu dengan mengecek bagaimana kecepatan internetnya. Mungkin saja alasan kenapa GPS tidak akurat dikarenakan internet anda tidak stabil.

Baca juga : rekomendasi aplikasi edit video di android

Mengetahui kecepatan internet ini bisa anda lakukan dengan membuka YouTube atau aplikasi lain. Namun, jika cara mengatasi GPS tidak akurat ini tetap tidak berhasil, mungkin kecepatan internet Anda yang tidak bagus. Jadi, cobalah mengganti ke data internet yang lebih bagus.

3. Pastikan GPS Menyala

Memastikan GPS menyala bisa anda lakukan untuk mengatasi permasalahan GPS yang tidak akurat. Masalah ini bisa anda atasi dengan mengaktifkannya. Caranya cukup mudah, masuk control center dan disana akan ada tombol shortcut. Ada cara lainnya dan ikuti langkahnya ini.

  • Langkah pertama buka menu pengaturan.
  • Setelah itu pilih “Location”.
  • Secara otomatis GPS akan aktif dan bisa digunakan kembali.

4. Update Google Maps

Adapun cara mengatasi GPS tidak akurat yang selanjutnya yaitu dengan melakukan update Google Maps. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya jika salah satu penyebab GPS tidak akurat dikarenakan belum di update. Jadi, cobalah untuk mengecek hal ini pada Play Store.

  • Cobalah membuka Google Play Store.
  • Lalu pada kolom pencarian tinggal ketik “Google Maps”.
  • Secara otomatis akan muncul luka aplikasi tersebut dan tulisan “Update”.
  • Pilih tulisan tersebut dan secara otomatis Google Maps akan di update.

5. Aktifkan Mode Akurasi Tinggi

GPS yang tidak akurat dapat Anda atasi dengan mengaktifkan mode akurasi tinggi. Pasalnya terjadi kesalahan dalam memilih ke mode akurasi dapat membuat letak GPS tidak sesuai.

Baca juga : cara mengubah satuan ruler di word

Berikut dibawah ini beberapa langkah sederhana yang dapat Anda ikuti dalam menghidupkan fitur mode akurasi tinggi di setiap perangkat Android.

  • Langkah pertama masuk pada menu Setelan.
  • Lalu pilih “Lokasi”.
  • Pilih “Google Keakuratan Lokasi”.
  • Langkah terakhir Anda tinggal mengaktifkan “Aktifkan Keakuratan Lokasi”.

6. Aktifkan Mode Pesawat

Mengaktifkan mode pesawat termasuk salah satu cara mengatasi GPS tidak akurat. Pasalnya mode ini memang seringkali digunakan untuk mengatasi berbagai permasalahan pada sinyal HP. Sebagaimana berikut ini langkah-langkah mengatasi GPS dengan mode pesawat.

  • Langkah pertama masuk ke menu pengaturan.
  • Lalu, pilih untuk aktifkan mode pesawat.
  • Setelah itu aktifkan GPS.
  • Langkah selanjutnya tinggal memeriksa kembali keakuratan GPS.

7. Hapus Cache

Salah satu faktor kenapa Google Maps tidak akurat mungkin dikarenakan penyimpanan terlalu penuh. Jadi, untuk mengatasi permasalahan ini anda bisa menghapus cache atau sampah pada HP. Caranya cukup mudah, sebagaimana berikut ini langkah-langkahnya.

  • Langkah pertama buka pengaturan.
  • Setelah itu pilih menu “Apps & Notifications”.
  • Cari aplikasi “Google Maps”.
  • Klik aplikasi tersebut, lalu pilih opsi penyimpanan.
  • Terakhir tinggal pilih “Clear Cache”.
  • Jika sudah, coba cek kembali keakuratan GPS perangkat Anda.

8. Unroot HP

Adapun cara mengatasi GPS tidak akurat yang selanjutnya yaitu dengan Unroot HP. Mungkin saja salah satu penyebab GPS tidak akurat dikarenakan proses root. Sedangkan untuk Unroot And, bisa menggunakan aplikasi yang sama pada saat root.

Baca juga : rekomendasi aplikasi game FPS offline terbaru

Cara sederhana ini banyak dilakukan untuk mengatasi berbagai permasalahan terutama untuk mengatasi GPS bermasalah. Perlu diketahui, jika anda menerapkan cara ini itu berarti harus siap kehilangan akses untuk root pada HP.

9. Update Sistem Android

Cara terakhir yang bisa anda lakukan yaitu update sistem Android. Mungkin saja penyebab GPS tidak bisa akurat dikarenakan sistem Android anda sudah kadaluarsa. Biasanya pada saat sistem Android sudah waktunya di update akan muncul notifikasi.

Update yang anda lakukan itu berarti HP Android sudah menggunakan teknologi yang terbaru. Setelah melakukan update cobalah mengecek kembali kinerja GPS. Mungkin saja sudah bisa akurat kembali.

Penutp

Kurang lebih itulah cara mengatasi GPS tidak akurat yang bisa Anda terapkan saat mengalaminya. Namun, saat memilih cara-cara tersebut pastikan tidak menimbulkan resiko apapun terutama pada data penting di HP.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.