Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

6 Tips Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Ada Layanan Jaringan Internet

2 min read

Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Ada Layanan Jaringan

Hingga saat ini salah satu vendor smartphone tersebut telah banyak digunakan masyarakat Indonesia. Hal itu dikarenakan harganya yang cukup terjangkau dan kualitasnya sangat baik. Namun apakah ada yang tahu bagaimana cara mengatasi HP Xiaomi tidak ada layanan jaringan?

Baca juga : Cara Mengecilkan Jangkauan Sinyal Wifi Indihome ZTE

Apabila Anda menghadapi masalah ini, tidak perlu khawatir karena salah satu solusi yang bisa dilakukan yaitu dengan mengaktifkan mode pesawat terbang. Caranya yaitu dengan mengunjungi toggle bar yang ada di smartphone Xiaomi.

Mengenal Apa Itu Perusahaan Xiaomi

Xiaomi merupakan salah satu perusahaan elektronik yang berasal dari Tiongkok. Dimana memiliki kantor pusat di Beijing. Perlu diketahui bahwa salah satu vendor terkenal ini pertama kali didirikan oleh delapan mitra pada tanggal 6 Juni 2010.

Perusahaan elektronik modern ini telah berhasil memproduksi beberapa produk yang sangat digandrungi masyarakat Indonesia. Seperti ponsel, laptop, komputer, telepon cerdas dan perangkat televisi. Hingga tahun 2020 total pendapatan Xiaomi mencapai 36 miliar.

Perusahaan elektronik ini didirikan oleh Lee Jun. Sampai saat ini Xiaomi telah memiliki lebih dari 16700 karyawan yang berasal dari berbagai negara. Dengan begitu tidak heran jika vendor ini termasuk produsen telepon terbesar keempat di dunia.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Ada Layanan Jaringan

Selain dengan mengaktifkan mode pesawat. Ternyata masih ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tidak ditemukan jaringan pada HP Xiaomi. Daripada semakin penasaran langsung saja baca penjelasan di bawah ini:

1. Mengecek Pengaturan APN

Biasanya jaringan Xiaomi tidak ada layanan dikarenakan Access point name yang salah. Oleh karena itu perlu untuk melakukan setting secara manual.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Layar PLS TFT

Caranya carilah terlebih dahulu informasi mengenai APN provider, kemudian lakukan step berikut:

  • Pertama buka setting di HP Xiaomi.
  • Setelah itu pergi ke menu SIM info dan setting.
  • Jika sudah pilihlah SIM yang anda gunakan.
  • Lalu klik menu access point names.
  • Apabila sudah selesai silahkan untuk masuk APN yang sudah dicari tadi.

2. Pindai Jaringan

Jika cara diatas masih belum mempan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Tidak perlu cemas karena bisa dilakukan dengan menggunakan metode memindai manual jaringan provider yang ada pada smartphone. Silakan saja langsung ikuti step-step di bawah ini.

  • Pertama pergilah ke menu setting di ponsel Anda.
  • Setelah itu klik SIM info & setting.
  • Tahap selanjutnya pilihlah sim card yang digunakan.
  • Lalu scroll ke bawah dan klik carrier.
  • Apabila sudah selesai silahkan lakukan pemindaian secara manual jaringan tersebut.
  • Nantinya secara otomatis, smartphone akan menemukan jaringannya.

3. Hubungi Customer Service Xiaomi

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk mengatasi HP Xiaomi tidak ada layanan yaitu dengan menghubungi customer service. Nantinya pihak tersebut akan memberikan beberapa solusi yang harus dilakukan. Berikut alur penyampaiannya:

  • Pertama datangi gerai resmi provider kartu yang digunakan.
  • Kemudian bicarakan permasalahan itu kepada customer service.
  • Apabila kondisi kartu SIM tidak habis masa aktifnya, maka nantinya customer akan meminta data diri berupa KTP atau SIM.
  • Setelah itu Anda bisa membuat kartu SIM baru namun dengan nomor HP yang lama.
  • Nantinya akan disuruh membayar RP25.000 untuk mengisi pulsa.

4. Ubah Prioritas Jaringan

Biasanya tidak ditemukan layanan pada HP Xiaomi dikarenakan jaringan lokasi berbeda. Oleh karena itu perlu untuk mengganti pengaturan sesuai dengan sinyal yang ada di tempat tinggal saat ini.

Baca juga : Rekomendasi Aplikasi Remote TV Tabung semua Merk

Caranya juga terbilang cukup mudah, langsung saja ikuti tahap-tahap sederhana di bawah ini:

  • Masuklah ke setelan, kemudian pilih kartu SIM dan jaringan seluler.
  • Setelah itu masuk tipe jaringan prioritas.
  • Terakhir gantilah jaringan yang ada sesuai dengan lokasi tempat tinggal.

5. Memeriksa IMEI Ada atau Tidak

Dimana peraturan tentang blokir IMEI untuk smartphone ilegal sudah berlaku sejak 2019. Hal itu akan membuat HP BM tidak bisa menggunakan jaringan operator seluler di Indonesia

Setelah peraturan tentang blokir IMEI untuk smartphone ilegal berlaku. Maka membuat HP BBM tidak bisa menggunakan jaringan operator yang ada di Indonesia. Karena itu cek apakah handphone Xiaomi termasuk resmi atau tidak. Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama masukkan dial phone.
  • Setelah itu ketik *#06# pada smartphone.
  • Jika sudah lihatlah nomor IMEI yang muncul pada layar HP.

6. Membawa Ke Tempat Servis

Apabila semua cara di atas telah dilakukan tetapi hasilnya nihil. Maka yang harus dilakukan yaitu dengan membawa HP Xiaomi ke service center terdekat. Kemungkinan besar penyebabnya karena kerusakan pada hardware sehingga diperlukan penggantian komponen.

Untuk mengetahui kisaran biaya servis tersebut. Dapat mencari tahu terlebih dahulu melalui internet. Dengan begitu Anda bisa mempersiapkan budget yang dibutuhkan. Namun pada umumnya harganya tidak mencapai jutaan rupiah.

Penutup

Dari artikel diatas dapat disimpulkan bahwa cara mengatasi HP Xiaomi tidak ada layanan jaringan bisa dilakukan dengan beberapa metode.

Baca juga : Cara Mengatasi HP Xiaomi Cepat Panas dan Boros

Sekedar saran penting untuk sering-sering melihat masa aktif kartu yang dimiliki agar tidak menyebabkan permasalahan seperti itu.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.