Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

3 Cara Membuat Undangan Digital di HP dan Tips Membuatnya

2 min read

Bagaimana cara membuat undangan digital di HP? Ternyata, caranya tidak sesulit yang dikira, karena sudah ada aplikasi dan situs yang menyediakan template untuk dimodifikasi. Tinggal buat, lalu bagikan kepada tamu undangan yang diinginkan.

Baca Juga : Aplikasi Penambah Followers Tiktok

Di zaman yang serba digital, membuat undangan juga tidak perlu menggunakan bahan kertas fisik. Pembuat acara bisa memanfaatkan teknologi dengan menggunakan jalur digital. Selain ramah lingkungan, undangan juga lebih mudah disebar.

Namun dibalik itu, tidak semua orang tahu bagaimana membuat undangan digital. Jangan khawatir, sebab ulasan ini akan menjelaskan bagaimana membuat undangan digital untuk pemula. Selain itu, juga disediakan rekomendasi aplikasi/situsnya.

Cara Membuat Undangan Digital di HP

Umumnya, sebagian orang menggunakan komputer atau laptop untuk merancang undangan digital. Lalu, bagaimana dengan pembuat acara yang hanya memiliki smartphone saja? Jawabannya tentu saja masih bisa dilakukan.

Cara Membuat Undangan Digital di HP

Cara membuat undangan digital di HP akan memerlukan bantuan pihak ketiga, yaitu aplikasi dan situs. Keduanya dapat diakses melalui smartphone Android maupun iOS, jadi model smartphone apapun masih bisa.

1. Menggunakan Template dari Canva

Sebagai aplikasi editing yang populer di kalangan pengguna smartphone, Canva dapat menjadi platform untuk membuat undangan digital. Sebab tidak hanya menyediakan editing saja, Canva juga memberikan berbagai template yang bisa digunakan gratis.

Baca Juga : Cara Merubah Background Google Meet

Salah satu template yang bisa dipakai adalah undangan digital, yang hadir dalam beragam pilihan untuk dimodifikasi. Langsung saja, begini langkah-langkah membuat undangan dengan aplikasi Canva:

  • Mula-mula unduh terlebih dahulu Canva pada Google Play atau App Store, lalu jalankan.
  • Pada halaman utama aplikasi, gunakan kolom pencarian, lalu ketikkan kata kunci misalnya “wedding invitation”.
  • Silahkan pilih mana template undangan yang sesuai keinginan dan selera. Akan ada template undangan berbentuk potrait maupun landscape di sini.
  • Selanjutnya, tinggal ubah informasi yang tertera pada undangan sesuai dengan acara yang dibuat.
  • Jika diinginkan, silahkan edit jika ada beberapa bagian yang dirasa kurang puas.
  • Terakhir, pilih Download atau Share, lalu bagikan ke nomor tamu undangan.

2. Menggunakan Aplikasi Greetings Island

Selain Canva, ada juga aplikasi yang tersedia khusus untuk membuat undangan digital, yaitu Invitation Card Maker. Aplikasi yang dibuat dari Greetings Island ini, menyediakan ratusan template undangan menarik.

Meski gratis, Invitation Card Maker juga memiliki akses premium untuk 5.000 template undangan, serta tanpa iklan. Begini langkah-langkah membuat undangan digital dengannya:

  • Unduh Invitation Card Maker (buatan Greetings Island) pada Google Play atau App Store, lalu jalankan.
  • Pada aplikasi, pilih Start, lalu pilih tipe undangan yang sesuai dengan acara yang mau dibuat.
  • Setelah template yang diinginkan dipilih, lengkapi informasi undangan satu per satu sesuai acara.
  • Silahkan edit jika diinginkan dengan menambah font, emoji, dan lain sebagainya.
  • Setelah jadi, pilih tombol Download pada pojok atas kanan untuk mengambil hasilnya.

3. Melalui Situs Evite

Bagi yang tidak mau menggunakan aplikasi, maka situs juga tersedia untuk membuat undangan digital. Salah satu yang direkomendasikan kali ini adalah Evite, yang bisa diakses dari browser smartphone.

Baca Juga : Jadwal FYP Tiktok Terbaru

Selain memilih template yang diinginkan, pembuat juga bisa membuat design original sendiri di situs ini. Untuk membuat undangan digital di Evite, berikut langkah-langkahnya:

  • Mula-mula kunjungi Evite dengan mengetikkan evite.com di kolom alamat situs browser.
  • Pada kolom Invitations, tinggal ketikkan jenis acara yang mau dibuat undangannya. Misalnya, birthday party.
  • Silahkan pilih salah satu template yang mau digunakan.
  • Pada halaman selanjutnya, isikan keterangan acara yang lengkap pada masing-masing kolom, lalu pilih Continue.
  • Evite akan meminta login terlebih dahulu. Silahkan buat akun Evite baru login.
  • Pada halaman selanjutnya, tambahkan nomor/email tamu yang akan menerima undangan. Pastikan untuk memisahkan tiap nomor/email dengan koma.
  • Terakhir, pilih tombol Finish and Send untuk mengirim secara otomatis, atau salin tautan undangan jika mau membagikan secara manual.

Tips Untuk Merancang Undangan Digital

Setelah mengetahui cara membuat undangan digital di HP, ada baiknya pembuat perlu tahu tips membuatnya.

Terutama jika ini merupakan pertama kalinya membuat undangan tersebut. Sebab itu, berikut tips yang bisa dicoba saat membuatnya:

  • Tentukan konsep dan acara yang ingin dibuat. Misalnya, seperti apa yang akan tamu undangan ekspektasikan mengenai acara tersebut. Buatlah konsep acara yang menarik melalui desain undangan digital.
  • Tentukan tema yang sesuai dengan acara. Misalnya, acara pesta anak-anak tentu sudah sepaket dengan tema yang childish dan cheerful. Buatlah undangan digital dengan warna warni yang menarik.
  • Tambahkan informasi yang jelas dan akurat. Undangan digital yang dibuat harus lengkap dengan keterangan jadwal acara, alamat, dan apa acara yang digelar. Pastikan semuanya terpampang dengan jelas pada undangan.
  • Buat undangan digital yang simpel. Meski harus jelas, undangan tetap harus simpel, dan jangan berikan dekorasi berlebihan. Meski acara yang dibuat beragam, tampilan undangan harus tetap profesional.

Penutup

Itu dia penjelasan lengkap mengenai cara membuat undangan digital di HP, dan bagaimana membuatnya agar terlihat sempurna. Undangan digital yang sudah dibuat, tinggal dibagikan kepada tamu undangan.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Belanja Online

Tanpa editing dan design skill yang baik, merancang undangan digital dapat menjadi kendala bagi pemula. Untungnya, kini sudah ada aplikasi dan situs yang menyediakan template undangan siap pakai.

Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *