Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

10 Tips Cara Membuat Password Aman dengan Benar

2 min read

Cara membuat password aman

Diera digital saat ini, kita semakin dimudahkan dalam memperoleh informasi secara online. Namun disisi lain keamanan data dan privasi akun menjadi cukup rentan untuk dimanfaatkan orang yang tak bertanggung jawab, oleh sebab itu anda perlu mengetahui cara membuat password aman dari serangan hacker.

Baca juga: cara ganti nama dan password wifi Indihome ZTE

Jangan anggap remeh keamanan yang berkaitan dengan data pribadi anda, privasi akun cukup penting karena menyangkut berbagai data penting didalamnya, baik itu password, email dan hal lainnya. Jadi, pastikan kembali password yang anda gunakan tidak mudah ditebak oleh orang lain.

Tips Cara Membuat Password Aman

Berikut dibawah ini beberapa tips dan trik terkait cara membuat katasandi aman yang bisa anda coba untuk mengamankan akun, diantaranya yaitu:

1. Dapat diingat dengan mudah

Anda harus membuat password yang sulit ditebak oleh orang lain, tapi jangan sampai malah menjadi masalah baru karena anda jadi kesulitan untuk mengingatnya. Catat dan simpan baik-baik akun dan kode password yang anda buat.

Manajemen password merupakan hal yang penting, apalagi jika anda memiliki beberapa jenis akun dan beberapa jenis layanan yang membutuhkan akses kode password. Anda bisa mencoba layanan dari LastPass atau 1Password sebagai layanan Password manajer yang terpercaya untuk memudahkan anda mengingat akun-akun anda.

2. Jangan menggunakan kata atau istilah yang umum

Hindari menggunakan kata-kata yang sering digunakan oleh orang, seperti ‘password’, atau ‘123456’, atau ‘qwerty’, atau ‘kambing’ dan jenis kata-kata umum lainnya. Kata-kata seperti itu akan mudah sekali untuk dicoba dan dibobol oleh orang lain.

3. Gantikan simbol huruf dengan angka

Jika anda membuat simbol dengan huruf vokal, bisa saja anda ganti dengan angka. Contohnya, ‘kepala’ bisa anda ganti menjadi ‘K3p4L4’. Ini bisa jadi trik sederhana tapi ampuh untuk memperkuat password aman anda.

4. Gunakan singkatan dari sesuatu yang mudah anda ingat

Jika anda memiliki hobi misalkan semacam ‘minum es kelapa muda’, maka bisa anda jadikan password berupa singkatan kalimat tersebut, menjadi ‘min3sk3Lmud’. Cukup menarik bukan?

5. Jangan menggunakan password yang pernah dipakai sebelumnya

Usahakan anda rutin mengganti password aman anda setiap beberapa bulan sekali. Update password semacam ini termasuk hal yang penting agar memastikan tidak ada pihak maupun perangkat yang merekam data anda dalam jangka waktu yang lama. Dan jika anda telah merubah password anda, jangan pernah untuk menggunakan kembali password yang sudah pernah dipakai sebelumnya.

6. Jangan login dari sembarang perangkat

Anda harus waspada terhadap perangkat yang anda gunakan. Jika anda login pada laptop atau handphone yang bukan milik anda, anda tidak tahu apakah perangkat tersebut merekam aktivitas keyboard anda ataupun tidak. Usahakan hanya lakukan login pada perangkat yang anda percayai. Jangan mudah dirayu oleh orang lain untuk login melalui perangkat mereka.

Ciri-ciri Password Aman dan Kuat

Adapun beberapa ciri dalam membuat password agar lebih aman dan kuat yang juga perlu anda ketahui, diantaranya yaitu:

1. Mengandung kombinasi angka

Hindari menggunakan password yang hanya terdiri dari karakter huruf. Password yang polos tersebut akan mudah ditebak oleh orang lain. Anda perlu menambahkan karakter angka (0,1,2,3,…..,9) pada password anda.

2. Mengandung kombinasi huruf kecil dan besar

Sistem keamanan password pada umumnya dirancang agar lebih sensitif terhadap penggunaan huruf besar dan huruf kecil. Contohnya, kuda123 akan dianggap berbeda dengan kudA123.

Baca juga : cara memperbaiki msa keeps stopping pada xiaomi

Hal ini memang disengaja agar password anda semakin akurat dan menghindari kesalahan login yang tidak disengaja. Oleh karena itu gunakan kombinasi huruf besar dan huruf kecil. Ini akan mempersulit seseorang untuk membobol password anda.

3. Terdapat kombinasi simbol atau karakter khusus

Gunakan kombinasi simbol-simbol karakter yang jarang digunakan pada penulisan teks biasa, contohnya (~. ! , ?, @. #. $. &, *, ?, dsb) tambahkan pada bagian awal, tengah atau akhir dari password anda. Akan sangat sulit bagi seseorang untuk menebak karakter simbol yang digunakan pada sebuah password.

4. Memiliki jumlah lebih dari 8 karakter

Panjang karakter dari sebuah password aman adalah hal yang paling penting diantara ketiga tips diatas. Hal ini karena secara matematis, semakin banyak karakter yang digunakan pada suatu kode, maka jumlah kombinasi atau permutasi untuk menemukan kode tersebut adalah semakin berkali-kali lipat.

Penutup

Akhir kata, demikian penjelasan singkat yang dapat saya tulis mengenai cara membuat password aman dengan benar yang perlu anda ketahui. Semoga bermanfaat dan terimakasih, sampai jumpa.

Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.