Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

4 Cara Memperbaiki MSA Keeps Stopping pada Xiaomi

2 min read

Cara memperbaiki msa keeps stopping Xiaomi

MSA ialah layanan dari Xiaomi yang merupakan aplikasi periklanan yang berjalan pada operasi sistem miliknya yaitu MIUI. Terkadang aplikasi ini sering muncul sebuah error keep stopping yang cukup menggangu, lantas bagaimana cara memperbaiki MSA Keeps Stopping tersebut?, simak lebih lanjut dalam artikel ini.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan sistem operasi android

Perlu anda ketahui, error MSA terus berhenti ini sering dialami bagi pengguna Xiaomi yang menggunakan smartphone dan MIUI versi lama. Notifikasi MSA terus berhenti baru terjadi pada pengguna Xiaomi akhir-akhir ini dengan pesan sayangnya MSA telah berhenti atau keep stopping yang terus menerus muncul dan menggangu aktivitas sehari-hari.

Apa Itu MSA Xiaomi?

MSA atau singkatan dari MIUI System Ads merupakan layanan aplikasi iklan yang berjalan pada smartphone Xiaomi, aplikasi ini menampilkan sejumlah iklan pada beberapa program bawaan yang sering digunakan pengguna.

MSA seringkali menampilkan iklan di berbagai program atau fitur dalam Xiaomi, seperti File Manager, Setting, Chatting dan Browser. Lebih dari itu, MSA juga mampu menayangkan iklan sejenis push notifikasi.

Sistem ini hanya terdapat pada smartphone xiaomi saja yang tidak ada pada merek smartphone lainnya semacam Realme, Huawei, Oppo, Vivo atau Samsung.  Dapat dipastikan, layanan MSA cukup menggangu kenyamanan pengguna yang ingin bebas dari iklan.

Lantas apa bisa jika MSA ini dihapus secara permanen? Jawabannya yaitu tidak bisa, mengapa demikian? karena aplikasi ini termasuk program bawaan sistem yang pada dasarnya tidak dapat dimatikan. Kemungkinan anda hanya bisa melakukan paksa berhenti dan akan aktif kembali setelah beberapa saat kemudian.

Cara Memperbaiki MSA Keep Stopping

Bug MSA Keeps Stopping Xiaomi

Berikut dibawah ini beberapa cara yang dapat anda terapkan dalam memperbaiki MSA stopped working yang dapat anda lakukan dengan mudah dan efektif, diantaranya yaitu:

1. Clear data aplikasi MSA

Penyebab dari error miui system ads ini masih belum diketahui sumber pastinya, akan tetapi anda bisa melakukan paksa berhenti dan menghapus data (clear data) pada layanan tersebut, kemudian restart perangkat Xiaomi anda.

Langkah tutorial

  • Buka pengaturan atau settings pada Xiaomi anda.
  • Klik bagian Aplikasi atau Apps.
  • Lalu akses ke Manage Apps untuk melihat daftar aplikasi.
  • Klik pada bagian kanan titik 3 dan tekan Show All Apps.
  • Tulis dan cari MSA pada kolom pencarian.
  • Setelah itu, klik aplikasi tersebut dan pencet Force Stop (paksa berhenti) dan Clear Data (paksa berhenti).
  • Jika ada tombol uninstall, bisa anda klik Uninstal Update untuk mencopot pembaruan aplikasi tersebut.
  • Setelah itu silahkan restart perangkat smartphone Xiaomi anda, agar mengetahui hasilnya.

2. Memperbarui Google Chrome

Cara kedua dalam mengatasi msa terus berhenti yaitu memperbarui google chome di playstore, pada beberapa varian MIUI Xiaomi cara ini cukup efektif dan dapat mengatasi error MSA seperti yang diharapkan.

Langkah tutorial

  • Hubungkan smartphone ke wifi terdekat atau aktifkan data seluler.
  • Buka aplikasi Google Playstore, lalu pada kolom pencarian tulis Google Chrome.
  • Setelah itu klik tombol update untuk melanjutkan.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses memperbarui selesai.
  • Kemudian, silahkan restart Xiaomi anda untuk merasakan hasilnya.

3. Memperbarui Layanan Google Webview

Jika anda telah melakukan cara yang pertama namun tidak menunjukkan hasil positif, maka anda perlu memperbarui layanan google webview, sama seperti tadi anda perlu mengupdatenya melalui google playstore. Setelah memperbarui, jangan lupa restart smartphone Xiaomi anda.

4. Menguninstall Google Webview

Cara mengatasi error msa sayangnya terus berhenti yang terakhir ialah dengan melakukan uninstall sistem google webview di Xiaomi anda. Hal ini saya sarankan, karena terkadang google sistem webview ini terdapat BUG atau kerusakan pada sistemnya yang menyebabkan msa terus muncul notifikasi berhenti.

Langkah tutorial

  • Buka kembali pengaturan pada smartphone Xiaomi anda.
  • Klik menu Aplikasi atau Apps.
  • Pada kolom pencarian, tulis Web View Sistem.
  • Langsung saja klik tombol Uninstall, untuk menghapus aplikasi tersebut.
  • Selesai, restart kembali Xiaomi anda untuk mengetahui hasilnya.

    Informasi Tambahan

    Semua langkah diatas tadi sepenuhnya aman ketika anda praktekkan dan efektif dalam memperbaiki notif MSA yang muncul terus menerus. Selain itu, saya sarankan untuk selalu memperbarui sistem operasi MIUI agar mendapatkan hasil yang optimal ketika menggunakan smartphone. Agar lebih paham, baca juga rekomendasi aplikasi scanner khusus android.

    Penutup

    Akhir kata, cukup sekian pembahasan tutorial yang dapat saya bagikan kepada anda mengenai cara memperbaiki msa keeps stopping pada Xiaomi dengan efektif dan mudah.

    Saya harap berbagai penjelasan diatas tadi kedepannya bisa bermanfaat dan dapat anda pahami dengan baik, apabila ada pertanyaan jangan segan untuk berkomentar. Sekian dan seperti biasa terimakasih.

    Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.