Moch Dzikry Teori itu mudah, tapi praktek cukup sulit untuk dilakukan. Terkadang rasa malas dapat menghambat kita dalam mencapai suatu tujuan.

6 Cara Membuat Kampanye Pemasaran yang Menonjol di Era Digital

3 min read

Cara Membuat Kampanye Pemasaran yang Menonjol di Era Digital

Dalam satu dasawarsa ini istilah pemasaran digital atau digital marketing semakin banyak diterapkan. Lantas bagaimana cara membuat kampanye yang menonjol di era modern ini?

Perlu Anda ketahui, metode pemasaran digital ini dianggap lebih kekinian dan mampu menjangkau individu target konsumen dengan lebih baik meskipun individu tersebut tidak tinggal di dekat area operasional perusahaan.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan SEM

Pemasaran digital tidak sesederhana mengunggah produk ke media sosial Anda dan menunggu pembeli datang menghubungi nomor WhatsApp Anda.

Jika Anda ingin memaksimalkan pemasaran melalui media ini, akan tampak bahwasanya pemasaran digital itu cukup kompleks dan membutuhkan kesabaran untuk memetik buahnya.

Cara Membuat Kampanye Pemasaran yang Menonjol di Era Digital

Dalam digital marketing terdapat istilah marketing campaign atau kampanye pemasaran. Kampanye ini umumnya berupa gabungan dari teks, audio, video dan gambar yang berisi hal-hal yang ingin dikomunikasikan oleh perusahaan kepada siapapun yang menerima kampanye tersebut.

Tujuannya adalah supaya si penerima kampanye tersebut mau melakukan hal-hal yang diinginkan perusahaan, termasuk membeli produk perusahaan tersebut.

Nah, di era digital marketing saat ini sudah banyak perusahaan atau bisnis yang mencoba membuat kampanye pemasaran digital namun tidak menonjol.

Lantas, bagaimana cara membuat kampanye pemasaran digital yang menonjol? Simak ulasannya berikut ini:

1. Tentukan Target Pemasaran Anda

Banyak pengusaha yang memasang target pemasaran digitalnya hanya sekedar “untuk meningkatkan penjualan”.

Memang, target pemasaran secara keseluruhan adalah untuk meningkatkan penjualan, namun target ini tentu tidak mungkin tercapai apabila perusahaan tersebut baru membuka media sosial mereka atau baru membuka toko online di marketplace.

Oleh sebab itu, target umum ini sebaiknya dirinci lagi menjadi hal-hal yang lebih bisa tercapai dalam jangka pendek dan menengah.

Misalnya, untuk meningkatkan brand awareness, meningkatkan jumlah follower di media sosial atau meningkatkan jumlah kunjungan toko online. Baru jika target-target tersebut terpenuhi dan mapan, target Anda selanjutnya adalah meningkatkan penjualan.

2. Susun Buyer Persona

Setiap target konsumen memiliki karakteristik tersendiri yang harus Anda ketahui dan manfaatkan untuk kepentingan bisnis Anda.

Misalnya, target konsumen perusahaan Anda adalah penikmat musik Kpop, maka alih-alih menggunakan Facebook sebagai media pemasaran utama, Anda harus memilih Twitter atau TikTok, sebab mayoritas target konsumen Anda menggunakan dua media sosial ini untuk berinteraksi.

Baca juga : Tips Berjualan di Marketplace

Buyer persona adalah rincian mengenai target konsumen atau calon pembeli produk Anda serinci mungkin.

Dengan kata lain, Anda tidak hanya harus bisa mengidentifikasi siapa target konsumen Anda dan berapa usianya, tetapi juga perlu mengidentifikasi lokasi tempat dia tinggal, bagaimana perilakunya secara umum, jenis media sosial yang sering digunakan dan lain sebagainya.

Pengetahuan terhadap data dan perilaku konsumen ini dapat membuat iklan atau kampanye pemasaran digital Anda diterima oleh khalayak yang tepat dengan tanpa membuang biaya pemasaran tambahan.

3. Tentukan Anggaran

Setelah menyusun buyer persona selesai, maka langkah selanjutnya untuk membuat marketing campaign adalah dengan menentukan nominal anggaran yang sesuai.

Nominal anggaran ini nantinya akan berpengaruh langsung terhadap marketing channel (kanal pemasaran) yang bisa Anda pilih.

Di satu sisi, digital marketing adalah sebuah alternatif pemasaran dengan biaya terjangkau. Namun apabila Anda ingin “cepat naik” menggunakan metode pemasaran ini, maka Anda mau tidak mau juga harus mengeluarkan biaya.

Misalnya, buyer persona perusahaan Anda adalah penikmat musik Kpop. Untuk menyasar target konsumen ini, Anda bisa mengontrak artis Kpop secara langsung untuk menjadi brand ambassador atau mempekerjakan influencer-influencer Kpop untuk memasarkan produk Anda.

Jika anggaran marketing Anda hanya puluhan juta, tentu alternatif pertama tidak bisa tercapai, sehingga Anda mau tidak mau harus menggunakan alternatif kedua.

4. Jual Nilai, Tidak Hanya Barang

Salah satu bagian penting dari buyer persona adalah menentukan nilai-nilai yang dipahami dan diikuti oleh target konsumen Anda.

Sebab terdapat pemahaman umum, bahwasanya saat ini masyarakat tidak hanya membeli produk yang memiliki nilai untuk dirinya sendiri, tetapi juga untuk lingkungan sekitar dan generasi di masa depan. Nilai-nilai inilah yang kemudian dapat Anda gunakan sebagai titik penawaran produk.

Misalnya, diketahui target konsumen perusahaan Anda adalah generasi Z yang peduli dengan pencemaran lingkungan, maka untuk menargetkan konsumen seperti ini, Anda seharusnya mampu memperkenalkan produk Anda sebagai produk yang ramah lingkungan.

Contoh lainnya, perusahaan Anda memproduksi laptop. Maka, Anda dapat memasarkannya sebagai laptop “buatan anak negeri” dengan 100% komponen lokal.

Nilai-nilai seperti ini bisa membuat kampanye digital marketing Anda lebih menonjol dibandingkan dengan pesaing.

5. Buat Konten Marketing yang Menarik

Agar kampanye pemasaran digital yang Anda lakukan sukses, penting bagi Anda untuk membuat konten marketing yang menarik.

Konten marketing yang menarik tidak harus berlebihan, bahkan saat ini banyak perusahaan yang melakukan pemasaran dengan menerbitkan konten marketing yang sifatnya edukasi.

Dalam pembuatan konten marketing ini, pastikan kata-kata yang disampaikan (dalam bentuk apapun) telah disusun dengan baik dan komponen audio visual-nya diedit dengan baik juga.

Baca juga : Contoh Iklan Menarik Masa Kini

Gambar atau video yang menarik penting untuk menarik calon pelanggan melihat konten perusahaan Anda, sementara teks atau audio penting untuk memberikan informasi kepada calon pelanggan mengenai perusahaan tersebut dan produknya. Oleh sebab itu, keduanya tidak bisa disusun secara asal-asalan.

Proses pembuatan konten marketing ini kini semakin mudah dengan aplikasi toko online dari ShopKey. Aplikasi ini menyediakan berbagai desain menarik untuk website dan media sosial Anda. Desain untuk media sosial tersebut dapat Anda unggah dan gunakan hanya dengan 1 kali klik.

Khusus dalam penggunaan kata-kata dalam kampanye pemasaran, Anda bisa memanfaatkan tagar dan Search Engine Optimization (SEO).

SEO adalah teknik pemasaran menggunakan data-data kata kunci tertentu yang sering digunakan di internet untuk menjadikan website Anda nomor 1 di mesin pencari. Baik tagar maupun SEO dapat digunakan untuk memudahkan pelanggan dalam mencari nama perusahaan Anda.

6. Berikan Kesan yang Konsisten

Seperti yang telah disebutkan di atas, dalam pembuatan konten marketing, Anda akan memadukan berbagai unsur komunikasi mulai dari gambar, audio, video, hingga teks saja.

Supaya kampanye pemasaran digital yang Anda lakukan sukses, maka Anda harus membuat konten pemasaran dengan kesan yang konsisten dengan nilai yang ingin dijual.

Contohnya, jika Anda ingin konsumen mengenal perusahaan Anda sebagai perusahaan ramah lingkungan.

Maka konten media sosial Anda juga harus menceritakan hal tersebut, entah itu dengan penggunaan perpaduan warna hijau dan warna lainnya untuk poster atau menggunakan jasa voice over talent yang memiliki suara dengan kesan segar dan menyenangkan.

Konsistensi pesan dalam kampanye digital ini penting untuk meyakinkan konsumen tentang identitas yang ingin dibangun oleh perusahaan Anda.

Baca juga : Manfaat Digital Marketing untuk Pemasaran

Dalam hal ini, konsumen tidak hanya akan membeli produk perusahaan yang sesuai dengan nilai diri mereka, tetapi juga membeli produk perusahaan yang menyampaikan nilai-nilai tersebut secara konsisten.

Moch Dzikry Teori itu mudah, tapi praktek cukup sulit untuk dilakukan. Terkadang rasa malas dapat menghambat kita dalam mencapai suatu tujuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *