Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

5 Cara Instalasi Google Chrome di Berbagai Perangkat Masa Kini

2 min read

cara instalasi google chrome

Sebagai aplikasi besutan Google untuk browsing, kualitas Chrome tidak diragukan lagi. Namun banyak yang belum tahu cara instalasi Google Chrome di perangkatnya. Sebenarnya cara untuk menginstalnya tidak sulit, apalagi bisa didownload secara gratis dan cepat.

Baca Juga : Cara Download Google Slide

Dari segi performa, Browser Google Chrome sangat stabil dan jarang mengalami error dibandingkan aplikasi peramban lainnya.

Browser ini dapat digunakan di berbagai jenis perangkat. Mulai dari Android, komputer, iPhone, iPad, dan sebagainya. Berikut adalah cara menginstalnya di masing-masing perangkat:

Cara Instalasi Google Chrome di Android

Pengguna Android sangat banyak dan terus bertambah seiring waktu. Banyak di antara pengguna Android tertarik untuk memakai Chrome sebagai browsernya. Untuk mengunduh peramban ini, bisa melakukan beberapa langkah ini:

  • Buka tablet atau smartphone Android, kemudian buka Google Chrome yang tersedia di perangkat masing-masing.
  • Apabila belum ada, bisa mengunduhnya terlebih dahulu di Play Store dengan mengetikkan namanya.
  • Setelah aplikasinya terbuka, tekan “Instal” lalu ketuk “Setuju” untuk memberikan izin aplikasi.
  • Selesai, pengguna sudah bisa mulai melakukan browsing melalui halaman beranda.
  • Jika mengalami hambatan di mesin telusur, bisa uninstal kemudian instal ulang.

Cara Instalasi Google Chrome di Komputer

Cara untuk menginstal google chrome di perangkat Android sangat mudah sehingga tidak memakan waktu lama.

Selanjutnya adalah cara instalasi yang dapat diterapkan pada komputer. Ada beberapa sistem yang berbeda, sehingga caranya pun agak berbeda, seperti yang dapat dilihat di sini:

1. Windows

Pertama adalah OS Windows, sistem operasi yang masih sangat banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Popularitas Windows tidak tergantikan oleh yang lain, karena sudah familiar dan terus berkembang. Berikut adalah cara untuk menginstal Chrome di Windows:

  • Unduh file Chrome terlebih dahulu.
  • Lanjutkan dengan memilih “Run” atau “Save” apabila diminta. Bila memilih “Save”, pilihlah satu dari dua tindakan untuk menginstal, yakni klik unduhannya dua kali atau langsung “Open file”.
  • Akan muncul pertanyaan tentang izin mengakses perangkat, tekan “Yes”.
  • Mulai jalankan Chrome. Untuk Windows 7, akan langsung terbuka jendela Chrome. Di Windows 8, akan muncul ucapan selamat datang, lalu langsung klik “Berikutnya”. Sedangkan Windows 10 dan 11 akan langsung terbuka jendela Chrome-nya.

2. Mac

Selain Windows, sistem operasi dengan jumlah pengguna yang masif adalah Mac. Agar bisa browsing dengan Google Chrome di perangkat Mac, perlu melakukan instalasi terlebih dahulu.

Baca Juga : Cara Mengetahui WiFi Dipakai Siapa Saja

Caranya cukup sederhana, yakni:

  • Buka halaman resmi Google Chrome. Klik unduh Google chrome.
  • Buka file bernama “googlechrome.dmg”.
  • Pada jendela yang sudah terbuka, carilah lambang Chrome. Cara instalasi Google Chrome dapat dilanjutkan dengan menarik lambang Chrome tersebut menuju folder “Applications”.
  • Pada beberapa situasi, pengguna akan diminta mengetikkan sandi admin. Apabila tidak mengetahuinya, geser Chrome menuju tempat dimana pengguna dapat melakukan pengeditan, misalnya desktop.
  • Akses Chrome, lalu buka Finder. Pada sidebar di kanan Chrome, tekan tanda “Eject”.
  • Selesai

3. Linux

Cara instalasi Google Chrome selanjutnya diperuntukkan bagi komputer dengan sistem Linux. Tahapnya sangat sederhana, hanya beda penyebutannya saja. Beberapa tahap yang perlu Anda lakukan adalah:

  • Unduh file penginstalan untuk mendapatkan Google Chrome. Tunggu sesaat sampai filenya berhasil terdownload dengan sempurna.
  • Ketuk “Ok” untuk membuka paket aplikasi yang telah didownload sebelumnya.
  • Lanjutkan dengan memilih “Install package”. Perintah ini akan memberikan izin ke Linux untuk memproses dan menjalankan Chrome di sistemnya. Chrome telah ditambahkan menuju pengelola software sehingga mendapatkan versi terbarunya.

Selain ketiga jenis sistem operasi yang telah dijelaskan, ada juga yang lain yaitu Chromebook. Sistem ini termasuk baru dan mulai menarik minat banyak pengguna laptop. Di sini tidak perlu menginstal Google Chrome lagi, karena sudah otomatis terinstal.

Cara Instalasi Google Chrome di iPhone & iPad

Sebelumnya telah dijelaskan bagaimana menginstal peramban Chrome di Android serta komputer. Selain itu perangkat lain yang dapat memakai Chrome adalah iPhone, iPad, serta iPod Touch.

Untuk menggunakannya, diperlukan iOS 12 atau di atasnya. Pengguna bisa mendapatkannya melalui toko aplikasi resminya yakni App Store. Mulai dari mengunduh hingga menginstal, lakukan langkah-langkah berikut:

  • Buka Google Chrome yang tersedia di App Store.
  • Tekan “Get” untuk mengunduh aplikasinya. Pastikan koneksi internet lancar sehingga proses download berjalan tanpa gangguan.
  • Klik “Install” setelah aplikasinya berhasil didownload. Ketikkan terlebih dahulu sandi dari Apple ID, kemudian tekan “Ok”.
  • Tunggu sesaat, setelah itu Google Chrome sudah berhasil terinstal.
  • Setelah itu, Pengguna sudah dapat memakainya untuk menjelajah internet. Mulailah dengan membuka layar utamanya untuk melakukan pencarian.
  • Sebagai tips tambahan, untuk iPhone 6s ke atas, sentuh lama apps Chrome untuk membuka tab yang baru. Tombol tersebut juga berfungsi memulai penelusuran melalui suara, melakukan pemindaian QR code, dan membuka situs-situs yang paling sering dikunjungi.

Penutup

Itu tadi informasi mengenai cara instalasi Google Chrome yang bisa langsung diterapkan di berbagai perangkat.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Windows

Google memberikan kemudahan bagi pengguna internet dengan cara download dan instalasi yang cukup sederhana. Sehingga semakin banyak orang yang bisa mendapatkan manfaatnya.

Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *