Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

9 Contoh Ide Bisnis untuk Anak SMA yang Menghasilkan Cuan

2 min read

Bisnis untuk Anak SMA yang Menghasilkan Cuan

Mungkin ada banyak siswa SMA yang ingin mencari pekerjaan sampingan. Uang yang dihasilkan bisa saja untuk tambah uang jajan, menabung, ataupun justru untuk bantu orang tua membayar biaya sekolah. Lalu apa sajakah bisnis untuk anak SMA yang menghasilkan?

Baca juga : rekomendasi bisnis tanpa modal untuk pelajar

Di dalam sebuah bisnis, yang namanya melakoni sebuah usaha memang tidak dibatasi dengan adanya usia. Siapapun bisa membangun bisnis asal mau berusaha. Tak melulu bermodalkan besar, anak SMA pun bisa membuka peluang untuk mencari uang di sela-sela waktu senggang.

Semakin pesat perkembangan teknologi, maka semakin banyak peluang bagi anak muda untuk mengekspresikan diri, termasuk dalam dunia bisnis. Banyak siswa bertanya-tanya bisnis untuk anak SMA yang menghasilkan itu apa saja?

Rekomendasi Bisnis untuk Anak SMA yang Menghasilkan Cuan

Berikut di bawah ini beberapa contoh ide bisnis yang bisa Anda lakukan bagi anak sma masa kini dengan mudah, di antaranya yaitu:

1. Jualan Pulsa

Biarpun sudah banyak yang menggunakan kuota, namun bukan berarti pulsa sudah tidak dibutuhkan. Mungkin saja ada tetangga atau teman yang ‘urgent’ kehabisan pulsa lisrik. Anda bisa menjadi penyelamat bagi mereka dengan tepat waktu.

Pastikan menemukan agen pulsa dengan harga yang lumayan miring atau bersahabat. Dengan begitu, bisa mendapat keuntungan yang lumayan banyak. Anda bisa menjadikan ide jualan praktis ini sebagai ladang bisnis dengan minim modal.

2. Bisnis Online

Bisnis online bisa jadi rekomendasi paling pas untuk para siswa SMA. Apalagi sekarang pengguna media sosial makin merajalela. Anda bisa memanfaatkan sosmed yang untuk memasarkan dagangan secara online.

Baca juga : cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus

Promosikan produk di Facebook atau Instagram yang memungkinkan banyak pemakai. Dengan demikian barang akan banyak diketahui banyak orang. Asalkan pandai dalam mengatur strategi pemasaran, bukan tak mungkin produk juga bisa cepat terjual.

3. Jual Makanan Ringan

Asalkan tidak gengsi dan memiliki modal yang lumayan banyak, jual makanan ringan di sekitar sekolahan bisa jadi alternatif yang pas. Siapa sih yang tidak suka ngemil? Anak SMA tentu banyak yang suka banget jajan.

Anda bisa menjual camilan yang memiliki cita rasa yang gurih atau manis. Buatlah jajanan yang sederhana dan menarik namun dengan patokan harga yang sesuai dengan kantong siswa. Dengan begitu teman-teman mau melarisi dagangan.

4. Guru Les Privat

Guru les privat merupakan salah satu pekerjaan sampingan yang menghasilkan pendapatan yang cukup lumayan. Anda cukup menguasai materi dengan baik. Selain itu, juga bisa mencoba mengajar siswa TK ataupun SD yang sekiranya materinya lebih ringan.

Anda bisa mencari murid yang dekat dengan rumah. Jika memiliki waktu luang yang banyak, juga bisa menambah siswa. Semakin banyak siswa yang mengikuti les privat, maka akan semakin tinggi pula gaji yang diperoleh.

5. Penulis

Banyak yang mengira bahwa menulis hanya untuk menuangkan sebuah ekspresi. Padahal bukan hanya berhenti sampai di situ. Tulisan berisi ide, gagasan ataupun pendapat sangat bisa untuk dijadikan bisnis.

Baca juga : rekomendasi apk penghasil saldo tercepat

Jika memiliki minat ataupun bakat di dunia tulis menulis, Anda bisa memulainya dari sekarang. Cobalah untuk mengirim opini ke media digital atau media massa. Apabila tulisan di ‘publish’ maka akan memperoleh bayaran.

6. Jasa Pembuatan Logo

Lagi-lagi berbicara tentang bakat atau minat. Bagi yang memiliki kemampuan untuk membuat logo sangat disayangkan jika tidak membuka peluang bisnis tersebut. lebih-lebih jika jago dalam mengoperasikan corel draw ataupun adobe photosop.

Jasa pembuatan logo bisa menjadi profesi yang menjanjikan. Dengan mengandalkan kreativitas Anda bisa menambah uang jajan. Semakin bagus logo yang dibuat dan semakin banyak yang suka, maka akan semakin tinggi pula bayaran yang akan didapat.

7. Jasa Fotografer

Jika memiliki kamera dan bisa menghasilkan jepretan yang bagus tidak ada salahnya untuk mebuka jasa fotografer. Selain untuk memanfaatkan barang yang ada di rumah, Anda bisa mendapatkan uang. Tawarkan jasa ke tetangga atau teman-teman terdekat.

Lama-kelamaan bukan tidak mungkin jasa akan dilirik banyak orang. Sehingga bisa dipanggil untuk jasa fotografer acara penting seperti lamaran, ulang tahun, wisuda, ataupun pernikahan. Jika memang suka mengapa tidak?

8. Endorse di Instagram

Instagram merupakan salah satu media sosial yang paling populer hingga sampai saat ini. Bukan hanya untuk media hiburan, namun aplikasi yang satu ini bisa sebagai jembatan untuk memperoleh pemasukan. Bisnis yang bisa dilakoni yakni promosi produk.

Baca juga : rekomendasi aplikasi pengubah wajah berbagai negara

Jika Anda orang yang memiliki banyak pengikut bisa membuka jasa endorse. Saat ini banyak yang menggunakan jasa ‘endorsement’ baik itu perusahaan kecil ataupun menengah. Bisa saja makin lama akan ada perusahaan yang berdatangan untuk menggunakan jasa pribadi.

9. Jasa Ketik

Jika memang memiliki fasilitas laptop dirumah dan cepat dalam mengetik, mengapa tidak dicoba untuk membuka usaha jasa ketik? Tentu hal tersebut bisa menjadi sebuah keuntungan. Anda bisa memperoleh penghasilan dari hasil kerja keras.

Tawarkan jasa Anda kepada teman-teman atau adik kelas. Karena terkadang banyak guru yang meminta siswanya untuk mengerjakan tugas dengan diketik. Momen ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Penutup

Mungkin contoh di atas hanya beberapa rekomendasi ide bisnis untuk anak SMA yang menghasilkan dan bisa untuk tambahan uang jajan.

Masih ada banyak sekali ide bisnis yang ada disekitar untuk dicoba. Jika memang bisa membagi waktu antara sekolah dengan usaha, kenapa tidak?

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.