4 Perbedaan VGA Card dan VGA Onboard pada Komputer

2 min read

Perbedaan VGA Card dan VGA Onboard

Video Graphics Accelerator atau disingkat dengan VGA ialah salah satu komponen perangkat keras pada komputer. VGA terbagi dengan dua macam yaitu vga card dan vga onboard, nah pada kesempatan ini saya akan membahas mengenai beberapa perbedaan vga card dan vga onboard tersebut.

Baca juga : pengertian dan fungsi motherboard pada komputer

Perlu anda ketahui, komponen VGA tersebut terletak di motherboard, VGA berperan sebagai pengolah dan pemrosesan tampilan gambar yang nantinya akan tampil di layar atau monitor komputer.

Perbedaan VGA Card dan VGA Onboard

Walaupun memiliki fungsi yang sama dalam memproses gambar, perbedaan dasar antara kedua hal ini yaitu terletak dalam penempatannya. Vga card ialah komponen tambahan yang tidak satu paket dengan motherboard, sedangkan Vga onboard telah ada dan melekat dalam motherboard yang berperan sebagai penghubung antara layar monitor dan komputer.

Komponen VGA Card Komputer

Singkatnya, untuk menggunakan VGA card ini, anda harus membeli dan memasangnya terlebih dahulu di motherboard komputer pada slot VGA yang telah disediakan. Sedangkan, VGA onboard telah ada dalam motherboard dan tidak perlu memasangnya secara manual.

Vga onboard dilengkapi dengan sistem prosesornya sendiri yang dikenal dengan GPU (Graphics Processing Unit), didalamnya terdapat unit penyimpanan data dan memori yang turut membantu fungsi VGA dalam mengolah gambar.

Dua unit tersebut telah ada dalam satu paket motherboard yang tidak mengharuskan anda untuk membeli lagi VGA saat hendak merakit komputer, VGA onboard juga sering disebut dengan VGA internal. Agar lebih anda pahami, berikut dibawah ini beberapa perbedaan VGA card dan onboard pada komputer yang perlu diketahui, diantaranya yaitu:

1. Sisi Kinerja

Apabila dilihat dari kinerjanya, VGA Onboard hanya mampu digunakan pada aktivitas yang tergolong ringan, misalnya membuka program google chome, microsoft office, menonton film dan hal lainnya yang umum dilakukan pengguna komputer.

Sementara itu, pada VGA Card lebih ditujukan untuk memaksimalkan kinerja komputer dalam membuka program yang terbilang berat dan memerlukan kemampuan grafis tinggi. Seperti photoshop, coreldraw, video editing, bermain game dan hal lainnya.

Saat ini, banyak game komputer yang memiliki grafis tinggi dan memerlukan kinerja dari VGA Card. Sehingga, anda perlu memasang VGA Card tambahan dengan kualitas yang cukup baik apabila ingin bermain game berat dengan lancar.

2. Sisi Memori yang Digunakan

Kedua jenis vga tersebut juga memiliki perbedaan dari segi memori yang digunakan. Pada VGA Onboard terdapat unit memorinya sendiri yang terletak di GPU. Walau demikian, ada juga beberapa varian VGA yang memerlukan dan cukup bergantung pada RAM komputer yang dapat membebani kinerja komputer ketika membuka program lainnya. Hal ini disebabkan RAM yang dimiliki kurang mencukupi karena sebagian telah digunakan oleh VGA Onboard.

Sedangkan pada memori VGA Card yang digunakan mempunyai ukuran yang tergolong lebih besar daripada VGA Onboard. Hal ini diperlukan karena VGA Card lebih dikhususkan untuk membantu dan memaksimalkan kinerja komputer dalam menjalankan program atau game yang memerlukan kinerja grafis tinggi.

Dengan demikian, dengan menggunakan VGA Card tambahan dapat membuat performa komputer menjadi lebih optimal ketika membuka program berat. Hal ini disebabkan karena VGA Card memiliki sistem memori sendiri yang lebih besar dan tidak membebani VGA Onboard tersebut.

3. Sisi Dimensi Ukuran

Pada VGA Onboard memiliki ukuran yang lebih kecil daripada VGA Card. Tak lain, karena VGA Onboard telah satu paket dan menyatu dengan bagian motherboard yang membuat besar ukurannya harus diatur supaya bisa masuk ke bagian slot motherboard yang tersedia.

Sementara itu, bentuk yang dimiliki VGA Card mempunyai dimensi yang lebih besar dan terbilang mirip dengan komponen motherboard, namun dengan versi yang lebih tipis. VGA card tersebut dapat berjalan sendiri tanpa perlu bergantung pada RAM komputer serta tidak menyatu dan terpisah dari rangkaian motherboard, sehingga harus memasangnya secara manual pada slot yang tersedia.

4. Sisi Fitur

Dan perbedaan yang terakhir yaitu dari sisi fitur tambahannya. Pada VGA Onboard didalamnya tidak mempunyai fitur tambahan, hal ini dikarenakan onboard hanya ditujukan untuk menjalankan aktivitas normal dan standard dalam sistem komputer.

Hal ini tentu berbeda dengan VGA Card, didalamnya memiliki unit sistem pendingin sendiri yang berperan untuk mendinginkan semua komponen didalam VGA Card agar tidak terjadi overheat atau panas berlebih. Pendingin tersebut dibutuhkan karena VGA Card ditujukan untuk mengoperasikan berbagai program berat yang memerlukan kinerja tambahan.

Informasi Tambahan

Kesimpulannya, VGA card dan onboard mempunyai keunggulannya sendiri-sendiri. Apabila hanya menjalankan komputer secara normal, maka VGA onboard sudah pas untuk digunakan. Namun, untuk menjalankan program yang memerlukan kinerja tinggi, maka anda perlu VGA agar memaksimalkan kinerja komputer anda.

Akan tetapi, untuk menggunakan VGA card ini anda perlu mengeluarkan biaya yang cukup besar karena rata-rata VGA card saat ini memiliki harga yang cukup mahal. Kemudian, anda juga perlu mengetahui apakah CPU yang digunakan dapat mendukung VGA card tersebut.

Penutup

Akhir kata, demikianlah pembahasan singkat yang dapat saya bagikan mengenai perbedaan VGA card dan VGA onboard pada komputer yang perlu anda pahami. Cukup sekian dan semoga bermanfaat, sampai jumpa dipembahasan selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *