Moch Dzikry Teori itu mudah, tapi praktek cukup sulit untuk dilakukan. Terkadang rasa malas dapat menghambat kita dalam mencapai suatu tujuan.

Pintasan Sederhana untuk Mengambil Teks dari Gambar

3 min read

Pintasan Sederhana untuk Mengambil Teks dari Gambar

Di era modern saat ini, teknologi semakin mengalami perkembangan yang pesat. Dengan bantuan gadget dan teknologi komputer, kita semakin dimudahkan dalam mengerjakan berbagai hal secara otomatis, seperti bekerja, belajar, berdiskusi, mengambil teks dari gambar dan sebagainya.

Baca juga : fungsi dan jenis link website masa kini

Saat menyimpan data, terkadang pengguna cukup kesulitan dalam mencari file tertentu yang membutuhkan alat tambahan dengan harga mahal. Tak perlu khawatir dengan hal ini, anda dapat melakukan konversi dari satu file ke file lainnya dengan cepat untuk menyelesaikan pekerjaan anda menggunakan teknologi OCR.

Teknologi OCR ini memungkinkan anda untuk mengubah gambar menjadi teks dengan lebih cepat. Penggunaannya sendiri hanya memerlukan perintah singkat yang sangat mudah untuk anda gunakan.

Apa Itu Teknologi OCR?

OCR atau singkatan dari kalimat Optical Character Recognition (pengenalan karakter optik) merupakan metode lanjutan untuk mendeteksi, menganalis dan mengubah gambar menjadi teks.

Ini termasuk teknologi perangkat lunak yang sering digunakan untuk proses konversi dan dapat diandalkan dalam mengubah hard copy jenis apapun menjadi soft copy yang dapat diedit. Kelebihan OCR yaitu lebih efisien dan menghemat waktu yang mampu menganalisis teks pada gambar dengan cepat dan jelas.

Metode OCR ini dapat anda gunakan dalam mengonversi ke banyak format lain menjadi teks, bisa berupa file PDF, catatan, gambar dan format lainnya.

2PDF OCR Converter

Gambar diatas ini salah satu contoh penerapan OCR dalam melakukan konversi format file yaitu mengubah file PDF menjadi teks yang bisa diedit oleh pengguna.

Anda bisa langsung mengakses situs 2pdf.com/ocr/pdf-to-text atau prepostseo.com/image-to-text yang dapat digunakan secara gratis. Untuk penggunaannya, anda bisa langsung mengupload file yang akan diubah atau bisa melalui url file tersebut.

Kedua web tadi merupakan inovasi yang cukup sempurna dan efisien dalam melakukan konversi file secara otomatis. Anda bisa mengaksesnya melalui aplikasi browser seperti google chrome atau opera mini yang dapat dijalankan di perangkat komputer atau smartphone anda.

Prepostseo Image to Text Converter

Prepostseo adalah platform online yang terdapat beberapa fitur canggih untuk membantu anda para blogger, penulis dan konten creator. Prepostseo menawarkan teknologi OCR atau pengenalan karakter optik untuk melakukan konversi file gambar menjadi tulisan dengan lebih mudah, seperti format JPG, JPEG, TIFF dan GIF.

Baca juga : perbedaan open source dan free software

Untuk penggunaannya, website ini dapat anda gunakan secara gratis yang tidak memerlukan registrasi atau keahlian khusus. Situs prepostseo ini memiliki interface yang simple dan mudah untuk anda gunakan yang bisa dibuka melalui perangkat smartphone atau komputer.

Prepostseo Image to Text Converter

Ketika menggunakannya, file yang anda convert tidak akan dibagikan dengan siapapun untuk menjaga data anda tetap aman dan rahasia. Web ini sudah dirancang secara otomatis untuk menghapus file yang diconvert setelah diunduh oleh pengguna, cukup nyaman dan efektif.

Kelebihan Prepostseo

  • Tidak terdapat registrasi khusus: web ini bisa anda gunakan dengan cepat tanpa perlu melakukan pendaftaran yang merepotkan.
  • Gratis untuk digunakan: web ini sepenuhnya gratis dan tidak membutuhkan biaya tambahan lainnya.
  • Tanpa batasan tertentu dalam mengupload file: tidak ada batasan untuk mengunggah file, anda bisa mengunggah file sebanyak yang Anda inginkan untuk diubah menjadi teks.
  • Deteksi otomatis dan ubah gambar reolusi rendah: tidak masalah jika gambar atau halaman yang dipindai tidak jelas. Teknologi OCR ini secara akurat dapat memindai dan mengubah gambar ke teks menjadi file teks.
  • Mengidentifikasi persamaan matematika: algoritme Prepostseo dirancang sedemikian rupa yang dapat mendeteksi dan mengidentifikasi persamaan matematika, ini cukup membantu bagi anda yang perlu menconvert file khusus matematika.

Cara Menggunakan Prepostseo

  1. Buka aplikasi browser google chrome anda melalui smartphone atau komputer.
  2. Pada kolom search, tulis “Prepostseo Image to Text” dan klik “enter”
  3. Kemudian akan muncul situs web Prepostseo, klik situs tersebut.
  4. Setelah terbuka, anda bisa langsung mengunggah file gambar anda di kolom yang tersedia.
  5. Selain itu, anda juga dapat memasukkan gambar melalui URL, paste URL dan klik “Submit” untuk melanjutkan.
  6. Setelah proses selesai, anda bisa mendownload, menyalin atau menyimpannya sebagai dokumen.

Didalamnya terdapat berbagai pilihan bahasa populer yang dapat anda pilih sesuai kebutuhan, tentu situs ini dapat anda akses melalui berbagai perangkat pintar yang terhubung dengan koneksi internet, seperti PC, laptop, tablet atau smartphone android.

Baca juga : mengenal game google doodle yang populer

Selain itu, anda dapat membagikan hasil konversi tersebut ke platform sosial media yang anda gunakan, seperti Facebook, LinkedIn, Whatsapp, Twitter dan sebagainya.

Kelebihan Alat Prepostseo Image to Text

  • Hemat waktu dan sangat mudah untuk digunakan.
  • Dapat membantu meningkatkan bisnis dan pengaturan Anda.
  • Anda dapat mengubah catatan tulisan tangan menjadi soft copy. Cukup klik gambar catatan dan unggah pada gambar Prepostseo ke bilah input teks. Ini akan memindai dan mengubah semua teks Anda dari gambar ke file teks di PC Anda.

Konverter OCR

Alat selanjutnya dalam mengambil teks dari gambar yaitu menggunakan konverter OCR, alat ini cukup populer dan bisa anda gunakan secara gratis dengan hasil yang akurat. Anda dapat memanfatkannya dalam mengkonversi berbagai format file gambar seperti JPEG, JPG, PNG dan lainnya.

Konverter OCR

Dalam penggunaannya, alat perangkat lunak konverter OCR ini sangat aman dan memastikan data pengguna yang diunggah terlindungi. Anda bisa mengaksesnya langsung melalui aplikasi browser google chrome dengan alamat onlineocr.net, semoga berhasil.

Kelebihan Fitur Konverter OCR

  • Dapat digunakan secara bebas tanpa ada batasan tertentu yang mampu mengkonversi gambar menjadi teks sebanyak yang anda inginkan.
  • Hasil yang tepat dan akurat, proses otomatis dalam menyesuaikan gambar anda.
  • Fitur cepat yang memungkinkan anda untuk mengunduh hasil file atau menyalinnya ke clipboard.
  • Mampu memindai dan mengubah gambar resolusi rendah menjadi teks.

Cara Menggunakan Alat Konverter OCR

  • Buka aplikasi browser yang terinstall seperti google chrome atau opera mini melalui komputer atau smartphone anda.
  • Pada kolom search, silahkan tulis “konverter OCR”.
  • Kemudian akan tampil di urutan pertama dan klik situs onlineocr tersebut.
  • Lalu akan terdapat fitur upload gambar untuk mengubah gambar menjadi teks.
  • Unggah gambar dan tunggu hingga proses selesai.
  • Pilih bahasa yang anda gunakan dan tentukan file dokumennya.
  • Setelah itu, klik tombol “convert” untuk melanjutkan proses konversi.

Penutup

Akhir kata, demikianlah pembahasan singkat yang dapat saya tulis mengenai pintasan sederhana untuk mengambil teks dari gambar. Semoga bermanfaat dan bisa anda pahami dengan baik, cukup sekian dan terimakasih, sampai jumpa di pembahasan selanjutnya.

Moch Dzikry Teori itu mudah, tapi praktek cukup sulit untuk dilakukan. Terkadang rasa malas dapat menghambat kita dalam mencapai suatu tujuan.

One Reply to “Pintasan Sederhana untuk Mengambil Teks dari Gambar”

  1. Wow, wonderful blog structure! How lengthy have you ever been running a blog for? you make running a blog look easy. The total glance of your website is excellent, let alone the content!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.