Pengertian dan Materi Dasar Jaringan Komputer dan Internet

2 min read

Pengertian Materi Dasar Jaringan Komputer dan Internet

Bagi Anda yang akan sekolah di jurusan teknik pemrograman atau komunikasi, materi dasar jaringan komputer dan internet bukanlah sesuatu yang asing lagi. Hal-hal tersebut memang harus dipelajari serta dipahami dari awal jika ingin mengerti keseluruhannya.

Pengertian dari Jaringan Komputer dan Internet

Bila ditilik dari kata yang dimiliki, jaringan komputer berarti beberapa perangkat keras dan lunak yang terhubung menjadi satu kesatuan dan digunakan sebagai tempat bertukar data. Biasanya, hal seperti ini diletakkan dalam sebuah ruangan seperti kantor atau laboratorium.

Baca juga : cara memperbaiki zip error format damaged saat diekstrak

Sementara Internet merupakan suatu sistem komunikasi yang menghubungkan pengguna lewat sebuah jaringan di seluruh dunia. Hal ini memungkinkan mereka mendapat informasi terkait secara langsung, mulai dari tulisan, audio, visual bahkan audio-visual sekalipun.

Jika dijadikan satu, jaringan komputer dan internet merupakan sebuah kesatuan dari perangkat lunak juga perangkat keras. Kemudian dihubungkan oleh suatu transmisi serta digunakan sebagai alat pertukaran data atau informasi, mulai dari lingkup terbatas hingga seluruh dunia.

Macam-macam Materi Dasar Jaringan Komputer dan Internet

Melalui pengertian di atas, ternyata jaringan komputer dan internet yang biasanya dipakai orang-orang tersebut memiliki banyak cabang berdasarkan beberapa faktor pembangunnya. Agar lebih jelas, berikut penjelasan untuk materi berikut ini:

1. Berdasarkan Jangkauan Geografis

Berdasarkan jangkauan geografisnya, jaringan komputer dan internet dibedakan menjadi tiga. Yakni LAN atau Local Area Network yang hanya menghubungkan perangkat di suatu wilayah atau lingkup kecil saja serta sudah akan terputus jika pengguna keluar dari sana.

Selanjutnya ada MAN atau Metropolitan Area Network dengan jangkauan lebih luas kira-kira menjadi penghubung antar kota saja. Sementara yang paling besar cakupannya adalah WAN (Wide Area Network). Jaringan tersebut mampu jadi penghubung antar negara bahkan benua.

2. Berdasarkan Distribusi Sumber Data

Materi dasar jaringan komputer dan internet selanjutnya adalah mengenai jalur transmisi tersebut berdasarkan distribusi sumber datanya. Pertama adalah terpusat yang hanya terdiri dari perangkat miliki client dan server dalam satu tempat untuk mengakses informasi.

Selanjutnya ada jaringan terdistribusi yang memiliki banyak server dan client serta tidak harus berada dalam satu tempat. Dengan adanya perpaduan tersebut, kemungkinan besar mereka bisa membentuk jalur transmisi baru serta memudahkan orang-orang untuk bertukar data.

3. Berdasarkan Media Transmisi Data

Ada jaringan, pastinya juga harus punya media transmisinya. Tanpa itu, data tidak akan bisa disalurkan. Terdapat dua perantara yang mendukung adanya internet yakni Berkabel (Wired Network). Jalur ini memakai kabel untuk menghubungkan komputer satu dan lainnya.

Sementara yang paling sering dipakai saat ini adalah Nirkabel (Wireless Network), karena mereka tidak memakai kabel sama sekali untuk bertukar data. Biasanya informasi mampu disampaikan dengan adapter seperti WiFi.

4. Berdasarkan Hubungan Komputer saat Memproses Data

Hubungan antar komputer menjadi penting karena mereka bisa bertindak sebagai penerima atau pemilik data. Ada dua jenis peranan di sini yaitu Client-Server, yang mana salah satu perangkat menjadi client sementara lainnya jadi server.

Sementara satu lagi adalah Peer to Peer yang mana setiap perangkat memiliki kedudukan sama. Ini bisa menjadi client untuk komputer lain bahkan dapat dijadikan sebagai server. Hubungannya lebih seperti timbal balik.

5. Berdasarkan Topologi Jaringan

Topologi jaringan adalah bagaimana struktur beberapa komputer yang disusun untuk membentuk jalur transmisi tersebut. Bentuknya sendiri ada delapan buah, mulai dari Bus, Star, Ring, Mesh, Peer to Peer, Linier, Tree dan Hybird.

Untuk mengatur topologi ini, Anda harus benar-benar memperhatikan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing instalasi, karena setiap susunan pasti memiliki dampak pada efektiftas dan efisiensi pekerjaan.

Manfaat Adanya Jaringan Komputer dan Internet

Internet telah menjadi salah satu alat bantu di kehidupan sehari-hari adanya jaringan seperti ini pastinya makin memudahkan orang-orang untuk mengakses bahkan bertukar file, mempercepat pengiriman data ke perangkat lain bahkan menyebar luaskannya.

Selain itu, jaringan komputer dan internet mampu membantu pengguna untuk berhubungan dengan orang-orang di luar daerahnya, misalnya saja berkenalan dengan penduduk negara lain. Tidak hanya itu, Anda bahkan dapat mengakses segala informasi dari sana juga.

Penutup

Mempelajari materi dasar jaringan komputer dan internet tentu memiliki banyak manfaat untuk memahami bagaimana sambungan tersebut terbentuk dan mampu menghubungkan banyak orang tanpa kenal jarak dan waktu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *