13 Macam Layanan Internet Masa Kini Yang Perlu Diketahui

3 min read

Macam macam layanan internet

Pada era modern ini, layanan internet memang menjadi kebutuhan yang cukup penting bagi setiap kehidupan manusia. Karena semua aktivitas terlaksana secara online yang dimana semuanya menggunakan segala aktivitas secara virtual. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai macam layanan internet yang perlu diketahui, simak pembahasannya dibawah ini.

Macam-macam Layanan Internet

Memang internet menjadi salah satu kebutuhan pokok kehidupan umat manusia. Bayangkan saja kalau semua jaringan online mati satu jam saja, maka banyak sekali orang-orang yang merasakan kebingungan. Lalu apa saya macam-macam layanan internet itu? Berikut ini adalah penjelasannya:

1. E-Mail

Tahukah Anda bahwa E-Mail atau electronic mail merupakan sebuah layanan internet yang memang paling banyak orang-orang menggunakannya. Penggunaannya adalah sebagai username pada media sosial berupa facebook, blogger atau lainnya maupun sebagai sarana mengirim file apa saja.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan smartphone bagi pengguna

Perlu ada ketahui juga bahwa pencipta email ini adalah Ray pada tahun 1971. Kemudian pada waktu salah satu bentuk tulisan pengiriman pesan adalah QWERTYUIOP atau beberapa huruf sejenisnya. Selain itu terdapat beberapa macam Email gratis seperti, Gmail, Yahoo Mail, Outlook, dan lainnya.

2. E-Banking

Layanan selanjutnya adalah E-Banking (elektronik banking), merupakan sebuah teknologi yang dapat Anda gunakan dalam melakukan transaksi setiap saat. Dengan demikian akan mempermudah setiap saat melakukan transfer hanya melalui smartphone saja.

Pada masa sekarang ini sudah hampir semua bank Indonesia menyediakan layanan E-Bnaking ini. Hal ini mempunyai tujuan agar para lebih mudah melakukan transaksi melalui smartphone pribadinya. Selain itu, Anda dapat dengan mudah melakukan pemantauan terkait dengan jumlah uang atau lainnya.

3. E-Commerce

Pada dunia serba modern ini tentu saja dalam melakukan jual beli dapat memanfaatkan jaringan internet. seperti halnya terdapat layanan E-Commerce (electronic commerce) yang memudahkan Anda dalam berdagang atau mempromosikan produk. Bahkan, terdapat fitur diskon bagi calon pembeli.

Perdagangan dengan menggunakan layanan E-Commerce ini sangat tergolong mudah dalam penggunaannya. Hal tersebut karena pada saat melakukan pemesanan, memilih barang, semua bisa melalui Internet pada smartphone Anda. Semisalnya dalam aplikasi Shopee, Bukalapak, Tokopedia dan lainnya.

4. E-Learning

Pada masa pandemi covid-19 ini mengharuskan bagi para pelajar untuk melakukan kegiatan belajar mengajar secara daring. Hal semacam ini dapat dengan mudah dengan memanfaatkan layanan internet yaitu E-Learning atau electronic learning. Fungsinya sebagai sarana pembelajaran online.

Pengambangan layanan E-Learning ini sudah mampu melakukan interaksi antara murid dengan gurunya. Dengan demikian pembelajaran akan lebih mudah melakukannya tanpa harus dalam ruangan. Contoh dalam penggunaan website ini seperti Ruang guru, rumah belajar, dan semacamnya.

5. Chatting

Dalam keperluan berkomunikasi dengan cepat dan gratis, maka ada sebuah layanan internet chatting yang bisa menjadi sarana Anda berinteraksi tanpa henti. Selain melakukan pengiriman pesan, aplikasi tersebut bisa memberikan kiriman gambar, video, musik, maupun file-file penting lainnya.

Juga dapat melakukan panggilan suara maupun dengan tampilan videonya juga. Layanan internet tersebut berupa LINE, WhatsApp, facebook, hangout, telegram, messenger, Skype dan masih banyak lainnya. Semua fasilitas tersebut tersedia berbagai fitur canggih dalam berkomunikasi.

6. VOIP

VOIP atau kepanjangan dari Voice Over Internet Protocol merupakan sebuah layanan dengan menggunakan jaringan internet yang memudahkan dalam melakukan komunikasi tanpa pungutan biaya. Fungsinya sama seperti telepon pada umumnya, namun menggunakan sistem online.

Cara penggunaannya cukup mudah, Anda hanya perlu mempunyai sambungan ke internet dan kemudian bisa melakukan komunikasi via telepon secara gratis tanpa perlu membeli pulsa. Salah satu bentuk layanan internet tersebut adalah VOIP Rakyat. Sistemnya sangat mudah tanpa harus registrasi.

7. IRC

Pada zaman serba modern ini tidak perlu lagi menunggu sebuah informasi dalam waktu yang lama. Dengan menggunakan internet, maka dengan sekejap saja dapat segera menerima pesan. Begitulah dengan IRC atau kepanjangan dari Internet Relay Chat yang menjadi sarana dalam berkomunikasi.

Dengan menggunakan layanan internet IRC atau Internet Relay Chat ini, maka orang yang berbeda tempatnya, bahkan jauh sekalipun bisa dengan mudah berinteraksi. Selain itu Anda juga bisa kenalan dengan beberapa orang baru yang belum pernah kenal. Juga terdapat pula fitur video call nya.

8. Mailing List

Ketika ingin melakukan sebuah diskusi suatu permasalahan atau semacamnya melalui email pada internet, maka Anda bisa menggunakan layanan internet Mailing List. Selain itu setiap pengiriman balasan, seketika itu para anggota grup dapat menerima dan membacanya.

Kemudian bagi anggota yang sudah menerima balasan, bisa dengan bebas membalas pesan tersebut, atau hanya sebagai pembaca saja. Penggunaan Mailing List atau milis ini banyak penggunaannya pada grub-grub kantoran. Dengan demikian mereka bisa melakukan diskusi setiap saat ketika tidak bertemu.

9. World Wide Web (WWW)

Ketika ingin mencari sebuah hiburan berupa gambar, video, atau mencari bacaan berisi teks atau semacamnya, maka bisa menggunakan layanan world wide web. Selain itu keuntungannya adalah dalam pengaksesannya bisa dari lokasi mana saja yang terpenting mempunyai sambungan internet.

Awal mulanya layanan internet world wide web adalah pada tahun 1989 dalam hal ini yang menjadi perancang adalah Tim Berners-Lee seorang fisikawan asal Inggris. WWW tersebut dalam fungsinya yaitu para pengguna bisa secara langsung mengecek sebuah email menggunakan browser.

10. E-Government

Ketika Anda sebagai masyarakat membutuhkan pelayanan dari pemerintah maka bisa menggunakan E-Goverment ini. Hal ini karena layanan internet tersebut merupakan sarana pemerintah dalam memberikan perhatiannya terhadap para rakyat dalam berbagai kepentingan apapun.

Jadi dalam keunggulannya adalah para masyarakat yang membutuhkan layanan dari pemerintah tidak perlu lagi mendatangi kantor pusat dengan membawa berkas-berkas yang banyak. Dengan menggunakan internet, maka langsung saja mengupload dokumen, lalu kemudian tunggu responnya.

11. Newsgroup

Ada sebuah layanan internet yang memudahkan dalam melakukan diskusi tanpa harus bertemu secara langsung. Aplikasi web tersebut bernama Newsgroup yang merupakan sebuah tempat penyimpanan dari usenet. Fungsinya untuk mengirimkan pesan ke berbagai pengguna.

Kemudian dalam hal ini para pengguna berasal dari berbagai lokasi dan dalam fungsinya dalam dengan mudah saling melakukan komunikasi. Selain itu, forum ini dalam pembahasannya juga memiliki sebuah ketertarikan terhadap tema yang sama-sama menyetujui untuk mendiskusikannya.

12. Video Conferencing

Layanan yang dapat mempermudah dalam menyampaikan informasi dalam komunikasi selanjutnya adalah Video Conferencing. Fungsinya untuk menyambungkan antar berbagai lokasi yang ditentukan. Selain itu, layanan ini rencananya akan menjangkau ke desa-desa terpencil, agar pemerintah bisa memantau mereka.

Juga dalam penggunaannya bisa menggunakan koneksi internet dalam tingkat rendah. Dengan demikian informasi dari pelosok desa bisa segera pemerintah terima. Layanan internet satu ini juga digunakan sebagai sarana komunikasi presiden Jokowi dalam menyampaikan perhatiannya terhadap seluruh rakyat Indonesia.

13. Gopher

Layanan internet tak kalah bermanfaat selanjutnya adalah gopher yang merupakan sebuah perangkat lunak yang terdiri dari susunan menu sistem dalam pencarian berbagai informasi. File Transfer Protocol atau dikenal FTP diperlukan dalam layanan Gopher agar dapat digunakan dengan maksimal.

Untuk fungsinya sendiri adalah sebagai sistem yang dapat memudahkan para pengguna dalam melakukan akses situs pada internet. Selain itu untuk cara kerjanya adalah dengan melakukan pencarian dokumen berdasarkan teks (text base)

Penutup

Demikianlah pembahasan singkat dari saya mengenai macam macam layanan internet masa kini yang perlu diketahui, semoga penjelasan diatas tadi dapat berguna serta bermanfaat bagi banyak orang. Sekian dari saya dan terimakasih telah berkunjung di website masdzikry, sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *