Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Inilah 26 Kode Remote TV Sanyo yang Perlu Diketahui

2 min read

Kode Remote TV Sanyo

Sanyo merupakan salah satu merek TV ternama yang terkenal berkualitas bagus. Produk dari perusahaan elektronik asal Jepang ini menyediakan berbagai macam produk TV baik dalam bentuk tabung, LCD, maupun LED. Bagi yang baru membelinya, cari tahu cara pengaturan kode remote TV Sanyo.

Baca juga : kode remote TV panasonic terbaru

Sebagai salah satu perusahaan elektronik terbesar asal Jepang, Sanyo senantiasa memberikan produk dengan kualitas terbaik. Namun, perusahaan ini telah diakuisisi oleh Panasonic sebagai anak perusahaan sejak tahun 2011 lalu. Merek Sanyo seringkali identik dengan pompa air dan bahkan banyak yang menyebut barang ini dengan Sanyo.

Mengapa Harus menggunakan Kode?

Berbagai produk elektronik merek Sanyo banyak beredar di lapangan. Mulai dari AC, kipas angin, kulkas, mesin cuci, TV, dan lainnya. Produk TV pun terdiri dari beberapa jenis seperti TV LED, LCD, bahkan tabung. Namun, seringkali pengguna mengalami masalah ketika remot hilang atau rusak.

Hal ini sering terjadi karena remot merupakan benda kecil yang seringkali ketika dicari tidak ada baik lupa menaruhnya atau memang hilang. Tentu ini menjadi masalah tersendiri karena jarang produsen yang menjual remot saja. Biasanya sudah langsung satu paket dengan televisinya.

Daripada membeli televisi lagi hanya karena remot hilang, maka ada solusi lain yang bisa dilakukan yakni dengan membeli remot TV universal yang bisa digunakan untuk semua merek, termasuk Sanyo. Namun, biasanya ada kode-kode tertentu yang harus dimasukkan pada remot universal ini agar dapat digunakan.

Kode Remot TV Sanyo

Pada umumnya, kode remot universal untuk merek Sanyo terdiri dari 3 digit sehingga mudah untuk dihafalkan. Setiap televisi memiliki kode masing-masing dan Anda bisa mencocokkannya satu per satu kode mana yang bisa bekerja. Selain itu, penting juga untuk memperhatikan cara pengaturan remot agar televisi dapat hidup dan ditonton.

Setiap jenis televisi untuk merek Sanyo baik yang berbentuk tabung, LED, maupun LCD memiliki kombinasi kode remot yang berbeda. Terkadang kode tersebut ada yang bisa digunakan dan ada juga yang tidak. Berikut ini daftar kode TV Sanyo yang bisa Anda pilih, di antaranya:

354, 352, 282, 223, 134, 133, 132, 105, 079, 056, 053, 035, 033, 015, 014, 008, 007, 000

Sementara itu, kode remot TV Sanyo LCD memiliki kode sebagai berikut:

223, 099, 036, 035, 015, 014, 008, 007

Cara Pengaturan Kode Remot

Setelah mengetahui kode remot di atas, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan agar televisi dapat bekerja adalah melakukan pengaturan. Berikut ini langkah-langkah yang harus diikuti, di antaranya:

  • Ambil remot TV yang akan digunakan
  • Tekan tombol Set
  • Tahan tombol tersebut dan jangan sampai dilepas
  • Tekan tombol Power
  • Tunggu hingga lampu indikator menyala
  • Lepaskan kedua tombol
  • Tekan kode remot TV Sanyo sesuai daftar di atas
  • Contoh jika ingin memasukkan kode 099 maka tekan tombol 0, 9, dan 9 secara berurutan
  • Lampu akan mati setelah kode selesai ditekan
  • Remot TV sudah bisa digunakan
  • Remot TV Tidak Berfungsi

Penyebab Kode Tidak Bisa Digunakan

Jika setelah melakukan langkah-langkah di atas ternyata masih belum juga berhasil dan muncul kendala, hal tersebut bisa disebabkan karena beberapa faktor. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Salah Memasukkan Kode

Salah satu penyebab utama remot tetap tidak bisa digunakan meskipun sudah melakukan langkah-langkah di atas dengan benar adalah ada kemungkinan Anda salah memasukkan kode. Maka solusi untuk mengatasinya adalah memasukkan kode tersebut hingga televisi bisa ditonton.

2. Remot TV Rusak

Faktor penyebab kedua yang mungkin saja terjadi adalah karena ada komponen remot TV yang rusak. Solusinya adalah Anda bisa membawanya dan memperbaikinya terlebih dahulu ke tempat servis televisi terdekat. Namun, jika bisa memperbaiki sendiri tentu lebih bagus lagi.

3. Terjadi Kendala Teknis

Kendala teknis bisa saja terjadi dan berpengaruh saat mulai memasukkan kode remot. Perhatikan jarak antara TV dan remot saat digunakan. Usahakan agar tidak terlalu jauh agar kedua perangkat dapat mendeteksi kode yang ditekan satu sama lain.

Tips Memilih Remot TV Terbaik

Agar remot yang Anda beli dapat digunakan, tentu tidak bisa memilih sembarang remot. Penting untuk mengetahui dan memastikan bahwa remot TV tersebut layak untuk dibeli. Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan, di antaranya:

1. Pilih Remot yang Cocok

Biasanya setiap produk elektronik memiliki buku panduan penggunaan, termasuk remot TV universal yang Anda beli. Dalam buku panduan tersebut akan tertera merek apa saja yang dapat digunakan dengan remot universal tersebut. Jika merek TV di rumah termasuk di dalamnya, maka sudah bisa langsung digunakan

2. Pilih Tombol Solid

Remot dengan tombol solid pada umumnya memiliki ketahanan yang lebih bagus meskipun sudah diklik berkali-kali dibandingkan dengan tombol yang ringkih. Ciri dari tombol solid adalah di sekitar tombol hampir tidak ada ruang atau rongga.

3. Pilih Ukuran Sedang

Sangat disarankan untuk tidak memilih remot yang ukurannya terlalu besar karena Anda akan sulit menggenggamnya dan rawan terjatuh. Namun, jangan juga untuk memilih remot yang terlalu kecil karena akan mudah terinjak, terselip, dan tertindih.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan windows server

Dengan mengetahui kode remot TV Sanyo di atas, maka lebih mudah untuk langsung mengaplikasikannya ketika remot yang asli hilang atau rusak. Semoga bermanfaat ya, see you next time.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.