Moch Dzikry Teori itu mudah, tapi praktek cukup sulit untuk dilakukan. Terkadang rasa malas dapat menghambat kita dalam mencapai suatu tujuan.

Kiat Cerdas Manajemen Karyawan yang Wajib Dilakukan Pebisnis

2 min read

Kiat Cerdas Manajemen Karyawan

Menurunkan angka keluar masuk karyawan sangat penting dalam sebuah bisnis. Pengaruhnya sangat besar bagi perkembangan bisnis, sebagai pengusaha Anda pun harus tahu manajemennya. Nah kiat cerdas manajemen karyawan perlu diketahui agar meningkatkan performa bisnis Anda.

Baca juga : cara mengatur rapat bisnis dengan efektif

Salah satunya bisa mengandalkan aplikasi bisnis lengkap Majoo yang akan membantu soal absensi sampai performa karyawan. Majoo mempermudah Anda mengakses absensi kapan saja dan juga di mana saja.

Selain memanfaatkan bantuan Majoo, masih banyak manajemen karyawan yang perlu Anda ketahui. Apa saja caranya bisa Anda simak dulu.

Tips Mengatur Karyawan yang Tepat untuk Bisnis

Karyawan adalah SDM yang sangat penting untuk sebuah usaha. Anda bisa mengembangkan usaha juga berkat jasa dari semua karyawan. Demi mencapai hal tersebut, Anda dan karyawan perlu memiliki visi dan misi yang sama.

Oleh karena itulah pada saat rekrutmen Anda harus memilih karyawan yang tepat. Sehingga karyawan lebih betah bekerja dengan Anda dalam waktu yang lama.

Pada saat operasional bisnis, ada beberapa tips manajemen karyawan yang bisa diikuti sebagai berikut:

1. Ciptakan Deskripsi Pekerjaan

Hal pertama yang sangat penting adalah mengenai deskripsi pekerjaan dari masing-masing karyawan. Deskripsi ini bisa disesuaikan dengan jenis pekerjaan apa saja yang harus diselesaikan.

Cara ini akan memberikan batasan wewenang masing-masing karyawan. Selain itu karyawan bisa lebih fokus dalam mengerjakan tugasnya. Pada bisnis yang lebih kecil, deskripsi pekerjaan bisa saja lebih banyak.

Beberapa karyawan bahkan merangkap beberapa pekerjaan adalah hal yang sangat wajar. Namun bukan berarti performanya akan menurun, karyawan tetap harus bekerja maksimal meskipun jenis pekerjaannya banyak.

2. Membuat Struktur Organisasi

Anda wajib membuat struktur organisasi, apalagi jika usaha Anda tergolong cukup besar dan berencana ekspansi. Struktur organisasi ini berfungsi untuk memudahkan karyawan saling berkomunikasi antar divisi.

Baca juga : pengertian MVP startup dan cara menentukannya

Anda sebagai pemilik usaha pun jadi lebih mudah untuk memberikan pekerjaan sesuai dengan divisinya. Setidaknya tiga divisi untuk satu bisnis dengan begitu, antar karyawan mengetahui dari mana komando berasal.

Efektivitas kerja pun akan semakin meningkat dengan struktur organisasi yang jelas. Karyawan tidak akan bingung harus meminta laporan pertanggung jawaban atau mendapatkan perintah tugas.

3. Rutin Berkomunikasi

Meskipun usaha Anda sudah berskala besar, namun komunikasi antara pemilik bisnis dan semua karyawan harus berjalan dengan baik. Rutin berkomunikasi adalah trik yang bisa Anda lakukan.

Dengarkan apa saja ide dari karyawan serta kendala yang sedang mereka alami pada saat bekerja. Saat berkomunikasi, jadilah pendengar yang baik dan berikan solusi yang sulit mereka atasi sendiri.

Selama berkomunikasi Anda harus ramah tetapi tetap tegas. Menjadi pemimpin yang bijaksana dalam hal ini memang tidak mudah. Komunikasi ini juga menjadi salah satu cara untuk mengawasi kinerja karyawan.

4. Pemantauan Performa Kerja

Anda memiliki banyak cabang dengan puluhan bahkan ratusan karyawan. Tidak mampu menjangkau semua cabang dalam sehari bukan berarti Anda sulit melakukan pemantauan performa kerja.

Aplikasi seperti Majoo, akan membantu Anda mempermudah pemantauan. Hal ini pun harus Anda manfaatkan sehingga tidak ketinggalan informasi perkembangan bisnis. Jarak bukanlah hambatan di era teknologi seperti saat ini.

Anda bisa memanfaatkan video konferensi setiap minggu dan rutin memantau perkembangan dari strategi bisnis yang telah dibuat. Tidak akan ada informasi yang tertinggal jika pemantauan terus dilakukan.

5. Memberikan Pelatihan

Pebisnis yang baik akan selalu memperhatikan kinerja karyawannya dan tidak hanya memberikan tekanan pekerjaan. Anda juga perlu melatih karyawan dalam mengembangkan kemampuan mereka.

Baca juga : contoh kreatif dan inovatif kewirausahaan

Saat ini sudah banyak perusahaan yang rutin mengadakan pelatihan khusus karyawannya. Baik itu mengadakan workshop atau seminar sendiri. Ada juga yang mengirim karyawannya untuk mengikuti diklat.

Pelatihan menjadi daya tarik karyawan untuk bisa terus bekerja dengan Anda secara antusias. Karyawan akan merasa bahwa Anda memperdulikan mereka dengan baik.

Hadirnya pelatihan ini akan membuat bisnis kedepannya lancar dan karyawan pun senang. Apalagi saat ini banyak yang menyelenggarakan pelatihan khusus karyawan yang bisa diikuti sesuai dengan jenis keterampilan.

Menjadi pemimpin perusahaan dengan banyak karyawan membutuhkan tenaga dan waktu ekstra untuk mengaturnya. Anda harus menjadi pemimpin yang dihormati dan dipercaya sehingga karyawan pun bisa lebih loyal.

Moch Dzikry Teori itu mudah, tapi praktek cukup sulit untuk dilakukan. Terkadang rasa malas dapat menghambat kita dalam mencapai suatu tujuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.