Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

8 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Note 4

2 min read

Kelebihan dan kekurangan samsung galaxy note 4

Banyak pengguna brand smartphone ini sudah mengetahui salah satu tablet yang populer semenjak dirilis tahun 2014 lalu. Kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Note 4 pun sering dicari oleh orang-orang karena merasa tertarik untuk memilikinya. Tidak lupa juga memperhatikan spesifikasinya.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan sistem operasi android

Sepertinya Samsung Galaxy Note 4 hampir tidak memiliki kekurangan apabila dilihat dari sisi spesifikasinya. Namun analisa dan data yang sudah dilakukan oleh banyak orang tentunya masih menunjukkan beberapa kelemahannya meskipun kurang disadari bagi calon pembelinya.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Note 4

Ada beberapa kelebihan yang bisa Anda catat untuk mempertimbangkan ketika hendak membelinya. Biasanya keunggulannya terletak pada sistem operasi dan juga bentuk desainnya sehingga berhubungan selama pemakaian kedepannya.

Kelebihan Samsung Galaxy Note 4

Berikut dibawah ini beberapa keunggulan dari samsung galaxy note 4 yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk membelinya, diantaranya yaitu:

1. Layar

Samsung Galaxy Note 4 memiliki layar berupa Super AMOLED Capacitivetouch screen. Resolusinya sudah mencapai QHD 1440 x 2560 px dan 16M colors yang mempunyai bentangan hingga 5,7 inch sehingga menjadi salah satu kelebihannya. Banyak orang menilai jika kualitas QHD sangat istimewa.

Baca juga : rekomendasi aplikasi keylogger untuk android

Layar dengan resolusi dan ppi yang begitu istimewa juga ditambah dengan screen 5,7 inch dimana sudah dilengkapi oleh S Pen Stylus serta Corning Gorilla Glass 3. Keduanya akan berguna sebagai pengamanan tambahan selama pemakaian sehingga Anda tidak perlu khawatir jika nantinya tergores.

2. Sistem Operasi

Penggunaan sistem operasi dalam suatu jaringan memang berpengaruh besar terhadap kinerjanya. Samsung Galaxy Note 4 dilengkapi dengan Android OS v 4.4.4 (Kitkat) yang rencananya akan mendapat upgrade ke Lollipop. Pembaharuan ini juga ditambah fitur TouchWiz UI serta icon lebih unik.

Sebagai salah satu tablet yang canggih, akhirnya membuat Samsung Galaxy Note 4 sudah mendukung jaringan 4G LTE. Sayangnya Indonesia masih mendapatkan jenis ini dengan varian belum support ke 4G sehingga cukup merepotkan bagi penggunanya nanti.

3. Prosesor

Tidak kalah pentingnya adalah dengan memperhatikan prosesor yang digunakan dalam suatu tablet. Keunggulan dari Samsung Galaxy Note 4 adalah menggunakan chipset dari Qualcomm Snapdragon 05 atau Exynoss 5433. Spesifikasinya adalah Quadcore 2,7 GHz Krait 450 atau 1,3 GHz Cortex A53.

Spesifikasi lainnya adalah Quadcore 1,9 Ghz Cortex A57 SM N910C yang dipadukan bersama dengan GPU Adreno 420 SM N910S atau Mali T760 dan RAM sebesar 3 GB. Kinerja dari ketiganya mampu membuat Samsung Galaxy Note mampu bekerja lebih superior di kelasnya.

4. Kamera

Kamera menjadi salah satu fitur yang memang harus diperhatikan. Terutama jika Anda memang mengandalkan kemampuan fotografi dari sebuah smartphone seperti Samsung Galaxy Note 4. Spesifikasi milik varian satu ini juga dikenal sangat mumpuni dengan kapasitas sebesar 16 MP.

Ada beberapa fitur menarik yang ada di dalam kamera Samsung Galaxy Note 4 ini mulai dari optical image stabilization, dual shot, geo tagging, touch focus, simultaneous HD Video, image recording, panorama, face detection dan masih banyak lagi. Tentunya menghasilkan jepretan begitu maksimal.

Kekurangan Samsung Galaxy Note 4

Sayangnya ada beberapa kekurangan yang masih dimiliki oleh Samsung Galaxy Note 4 setelah dianalisa oleh orang-orang. Kelemahan ini justru berada di sistem eksternalnya seperti speaker dan kabel USB. Sebenarnya hal ini dapat disiasati oleh pengguna ketika membelinya.

1. Speaker

Bagi Anda yang belum mengetahui, Samsung Galaxy Note 4 dilengkapi dengan speaker berjenis Mono. Penggunaan seperti ini mampu menurunkan kualitas premium dari tablet ini meskipun tidak begitu berpengaruh terhadap kinerjanya.

Baca juga : daftar harga menu KFC di Indonesia

Namun banyak orang menganggap jika Speaker Mono memang tidak cukup pantas jika disandingkan dengan Samsung Galaxy Note yang memiliki harga selangit. Hal ini menjadi salah satu kekurangannya dan diragukan bagaimana kualitas suaranya.

2. USB

Begitupun dengan sambungan USB yang digunakan. Samsung Galaxy Note 4 justru menggunakan USB bertipe micro USB 2.0 atau MHL 3, USB on the go dan USB Host. Hal ini menjadi salah satu kelemahannya terlebih jika Anda membandingkannya dengan Samsung Galaxy Note 3.

USB versi 2.0 merupakan tipe lawas jika dibandingkan Samsung Galaxy Note 3 yang sudah menggunakan USB 3.0. Tentu hal ini menjadi salah satu kekurangannya karena menurunkan kualitas konektivitasnya.

3. Tidak Anti Debu dan Air

Cukup berbeda dengan Samsung Galaxy Alpha yang sudah memiliki fitur anti debu dan air. Samsung Galaxy Note 4 ini sama sekali belum dilengkapi menggunakan fitur tersebut meskipun dari sisi harganya sudah jauh lebih tinggi.

Jadi bisa dikatakan Samsung Galaxy Note 4 memiliki ketahanan yang cukup rendah dan masih mengunggulkan Alpha sebagai pemenangnya. Sangat disayangkan memang apabila tablet ini justru kalah karena tidak mempunyai fitur anti air dan debu.

4. Ponsel Lama

Di tahun 2021 ini, bisa dikatakan menggunakan smartphone tahun 2014 tentunya bukan hal yang digemari pengguna. Sebab, mereka menginginkan perangkat yang lebih kencang dan juga penyimpanan lega. Oleh karena itu, sangat jarang sekali orang meminang Galaxy Note 4.

Penutup

Demikian penjelasan mengenai Kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Note 4 yang bisa Anda pahami sebelum memilikinya. Memahami spesifikasinya terlebih dahulu memang menjadi hal penting sebelum benar-benar memutuskan untuk membelinya. Semoga bermanfaat.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.