Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Inilah 7 Kelebihan dan Kekurangan Novel Perahu Kertas

2 min read

Novel karya Dewi Lestari ini pernah populer pada masanya. Bahkan, cerita yang tertulis pada Novel ini sudah diadaptasi pada sebuah film yang berjudul sama. Di sisi lain, kelebihan dan kekurangan novel Perahu Kertas ini juga tetap ada yang membuatnya semakin menarik.

Baca juga : Situs Baca Novel Gratis Tanpa Aplikasi

Novel ini berhasil membuat pembaca tertarik karena mengangkat tema persahabatan. Tidak hanya itu saja, novel ini juga mengisahkan tentang cinta dan semangat meraih mimpi. Perpaduan yang sangat pas dan sesuai dengan permasalahan umum di kehidupan nyata.

Identitas Novel

Bagi Anda yang sudah pernah membaca novel Perahu Kertas pastinya sudah tidak langsung lagi dengan identitas novelnya.

Kelebihan dan Kekurangan Novel Perahu Kertas

Namun, bagi orang yang belum pernah membaca novelnya, penting untuk mengetahui identitasnya sebagai apresiasi terhadap karyanya.

  • Judul buku: Perahu Kertas
  • Penulis: Dewi Lestari “Dee”
  • Penerbit: Bentang Pustaka dan Truedee Pustaka Sejati
  • Editor: Hermawan Aksan
  • ISBN: 978-979-1227-78-0
  • Cetakan: 1 Agustus 2009
  • Tahun terbit: 2010
  • Jumlah halaman: 444 halaman
  • Harga: Rp 69.000,00

Kelebihan dan Kekurangan Novel Perahu Kertas

Jika membahas mengenai novel Perahu Kertas tentunya tidak terlepas dari apa saja kelebihannya. Terlebih lagi bagi Anda yang memang baru ingin membaca novel ini, sebaiknya simak beberapa kelebihannya berikut ini.

1. Mengangkat Konflik yang Menarik

Kelebihan pertama dari novel Perahu Kertas yaitu mengangkat konflik cukup menarik, salah satunya tema persahabatan.

Konflik yang diangkat pada novel ini membuat pembaca menikmati alur ceritanya. Tidak hanya itu saja, gaya bahasa yang digunakan pada novel ini juga sangat ringan.

Baca juga : Aplikasi Baca Komik Bahasa Indonesia

Jadi, setiap membaca akan mudah untuk mengerti. Begitu juga konflik cerita di novel ini bisa disesuaikan dengan zaman.

Misalnya saja impian tidak bisa menjadi kenyataan, harus lebih bijak dalam mengambil keputusan dan lain sebagainya.

2. Novel Bersifat Edukatif

Bagi orang yang sudah membaca novel atau menonton filmnya pasti sudah tidak asing lagi dengan pembelajaran yang didapatkan. Pasalnya novel ini memang bersifat edukatif, karena bisa mengambil banyak sekali hal positif.

Jadi, siapapun yang membaca novel ini akan belajar mengenai hal-hal besar yang belum pernah terpikirkan sebelumnya.

Misalnya saja seperti harus selalu semangat untuk meraih impian yang diinginkan. Selain itu, harus bisa lebih bijaksana dalam mengambil Setiap keputusan.

3. Banyak Nilai-nilai Positifnya

Kelebihan dan kekurangan novel Perahu Kertas yaitu mengandung banyak nilai positif di dalamnya. Seperti halnya makna kehidupan yang sesungguhnya, di novel ini tersaji dengan baik. Bahkan, alur cerita novel tidak hanya terfokus pada kisah remaja secara umum.

Melainkan penulis juga mencoba untuk menyajikan mengenai korelasi kehidupan remaja. Bahkan, tidak terlepas juga bagaimana kehidupan remaja saat berinteraksi dengan lingkungan internal maupun eksternal. Seperti halnya kisah kekeluargaan, persahabatan dan mimpi.

4. Menarik Minat Pembaca untuk Terlibat

Salah satu kelebihan utama dari novel yaitu mampu mengajak pembaca agar terlibat dalam ceritanya. Dengan kata lain penulis dalam merangkai kata dan kalimat dapat mempengaruhi pembaca untuk berimajinasi dalam cerita novel.

Baca juga : Rekomendasi Aplikasi Baca Novel Online Gratis

Pengaruh tersebut berasal dari tokoh yang terlibat dalam novel ini, alur hingga latar belakangnya. Terlebih lagi penulis menggunakan kalimat yang sangat kreatif dan sangat jelas, sehingga pembaca mudah untuk memahaminya.

Kekurangan Novel Perahu Kertas

Meskipun mempunyai banyak kelebihan dan kekurangan novel Perahu Kertas ini juga tetap ada. Namun, kekurangannya tidak mempengaruhi keunggulan dari novel ini. Lebih jelasnya lagi Berikut ini beberapa kelemahannya.

  • Setting tempat yang digunakan pada novel ini terbilang cukup banyak, sehingga membuat pembaca merasa kebingungan. Jadi, untuk bisa memahami cerita ini membutuhkan konsentrasi yang cukup tinggi.
  • Ada beberapa bagian cerita dari novel ini yang cukup monoton, sehingga pembaca akan merasa bosan. Namun, cerita monoton tersebut hanya ada di sebagian kecil dari banyaknya cerita.
  • Membutuhkan konsentrasi yang cukup tinggi untuk memahami alur dari cerita novel Perahu Kertas ini.

Kesimpulan dan Amanat Novel Perahu Kertas

Dibandingkan antara kelebihan dan kekurangannya, novel Perahu Kertas ini mempunyai banyak keunggulan. Terlebih lagi dari kesimpulan atau amanat yang bisa diambil dari novel tersebut. Sederhananya berikut ini kesimpulan serta amanat yang bisa diambil:

  • Sebagai manusia harus bisa bersikap rasional, karena apapun yang diinginkan tidak semuanya bisa tercapai dengan mudah. Mengingat setiap impian membutuhkan perjuangan yang panjang.
  • Sebagai manusia harus bisa menerima realitas hidup yang sesungguhnya. Baik atau buruknya hidup yang sedang dialami harus lebih siap dalam menjalaninya.
  • Harus lebih bijaksana dalam mengambil sebuah keputusan. Mengingat Setiap keputusan yang diambil pasti mempunyai konsekuensi masing-masing. Maka dari itu sudah seharusnya bisa berpikir lebih kritis.
  • Mencapai sebuah impian yang besar tidak semudah yang dibayangkan. Melainkan ada proses panjang yang penuh dengan rintangan untuk mencapai impian tersebut. Justru dengan rintangan inilah akan menjadi lebih kuat dalam menghadapinya.

Dari penjelasan ini bisa diambil kesimpulan jika kelebihan dan kekurangan novel Perahu Kertas memang ada.

Baca juga : Rekomendasi Novel Terbaik di Novel Toon

Namun, terlepas dari kekurangannya bisa diambil nilai positifnya. Dimana novel ini menceritakan banyak sekali nilai positif dalam hidup yang tentunya akan bermanfaat dan menambah semangat untuk meraih mimpi.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *