Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Sistem Desentralisasi: Pengertian, Tujuan, Kelebihan dan Kekurangannya

3 min read

Kelebihan dan kekurangan desentralisasi cukup beragam. Kelebihannya seperti menjadi lebih efektif, pekerjaan pemerintah pusat lebih sedikit dan lebih efisien biaya. Sedangkan kekurangannya bisa menyebabkan peran pemerintah semakin terkikis dan perbedaan kebijakan antar daerah.

Pernahkah Anda mendengar istilah desentralisasi? Sederhananya desentralisasi merupakan salah satu unsur yang cukup penting dalam pemerintah. Maka dari itu, sebagai pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum harus memahami istilah tersebut.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Demokrasi Terpimpin

Selain itu, penting juga untuk mengetahui apa saja keunggulan dan kelemahan desentralisasi yang diterapkan di pemerintahan. Sederhananya kelebihan dari desentralisasi yaitu meringankan pekerjaan pemerintah dan kekurangannya menyebabkan perbedaan kebijakan di setiap daerah.

Pengertian Desentralisasi Secara Umum

Desentralisasi merupakan upaya pemerintah yang dilakukan untuk menyerahkan kebijakan pemerintah pusat ke pemerintah daerah. Jadi, pemerintah Daerah mempunyai kebijakan untuk mengatur daerahnya sendiri.

Kelebihan dan Kekurangan Desentralisasi

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, desentralisasi adalah sebuah sistem pemerintah yang memberikan kekuasaan lebih besar ke pemerintahan daerah. Jadi, penerapan desentralisasi ini sebagai bentuk wewenang dari pimpinan pusat kepada bawahan.

Sederhananya desentralisasi merupakan penyerahan tanggung jawab atau wewenang dari pemerintahan pusat ke pemerintah daerah. Jadi, disini pemerintah daerah mempunyai kebijakan tersendiri untuk daerahnya.

Tujuan Penerapan Desentralisasi

Tentunya penerapan desentralisasi oleh pemerintah pasti mempertimbangkan beberapa hal, salah satunya karena mempunyai tujuan tersendiri. Lebih jelasnya mengenai apa saja tujuan dari penerapan desentralisasi, berikut ini penjelasannya.

1. Mencegah Terjadinya Pemusatan Keuangan

Tujuan pertama dari penerapan desentralisasi yaitu untuk meminimalisir terjadinya pemusatan keuangan. Bisa dibayangkan Bagaimana jadinya jika keuangan daerah dilimpahkan secara langsung ke pemerintahan pusat, tentu akan menimbulkan masalah lebih banyak.

Sedangkan penerapan dari desentralisasi ini agar daerah bisa lebih sejahtera karena dapat melakukan pengelolaan keuangan sendiri. Sederhananya dengan adanya kebijakan ini membuat pemerintah daerah bisa membuat anggaran yang sesuai dengan kebutuhan.

2. Bentuk dari Demokrasi

Indonesia merupakan negara demokrasi yang mana memberikan kebebasan kepada masyarakatnya untuk bersuara. Begitu juga dengan penerapan desentralisasi bertujuan agar pemerintah Daerah mempunyai hak yang sama.

Baca juga : Fungsi Hukum Menurut Para Ahli

Selain itu, penerapan desentralisasi ini juga untuk mendemokrasikan pemerintah daerah dalam membuat kebijakan dengan melibatkan masyarakat. Jadi, nantinya mengenai tanggung jawab dan penyelenggaraan pemerintahan tidak terlepas dari masyarakat.

3. Perbaikan Sosial Ekonomi

Tujuan selanjutnya dari penerapan desentralisasi yaitu agar sosial ekonomi di sebuah daerah mengalami perbaikan. Mengingat dengan adanya sistem pemerintahan ini memberikan kebebasan kepada pemerintah daerah untuk menyusun program.

Tentunya penyusunan program tersebut disesuaikan dengan kebutuhan daerah. Selain itu, program tersebut juga diterapkan agar ekonomi sosial di tingkat daerah mengalami perbaikan yang lebih baik lagi.

Kelebihan dan Kekurangan Desentralisasi

Meskipun penerapan dari desentralisasi mempertimbangkan tujuan. Namun, ternyata dalam penerapannya juga tidak terlepas dari kelebihan dan kekurangannya. Lebih jelasnya lagi berikut ini kelebihan dan kekurangan desentralisasi yang perlu diketahui.

Kelebihan Desentralisasi

Berikut di bawah ini keunggulan sistem desentralisasi bagi pemerintah yang perlu Anda ketahui, di antaranya yaitu:

1. Menjadi Lebih Efektif

Kelebihan pertama dari penerapan desentralisasi yaitu penyelenggaraan pemerintah menjadi lebih efektif. Hal tersebut terjadi karena dengan desentralisasi tentunya penyelenggaraan pemerintah tidak perlu lagi menunggu arahan dari pusat.

Bahkan, sekalipun untuk mengatasi permasalahan yang ada, bisa langsung segera melakukan penanganan. Jadi, tidak perlu lagi menunggu arahan maupun instruksi dari pemerintah pusat dalam penanganan.

2. Pekerjaan Pemerintah Lebih Ringan

Penerapan desentralisasi juga sangatlah berguna untuk meringankan pekerjaan dari pemerintah pusat. Mengingat pemerintah di setiap daerah bisa melakukan kegiatan pemerintahan sendiri tanpa menunggu instruksi maupun arahan.

Baca juga : Perbedaan Hak dan Kewajiban bagi Warga Negara

Selain itu, dengan penerapan desentralisasi ini juga dapat meminimalisir terjadinya penumpukan pekerjaan. Jika saja hal tersebut terjadi dapat menyebabkan pemerintah pusat tidak bekerja lebih maksimal.

3. Lebih Efisien Biaya

Kelebihan lain dari desentralisasi yaitu pengeluaran biaya tidak terlalu membengkak. Dengan kata lain pemerintah daerah dan pusat bisa memanfaatkan biaya dengan sebaik mungkin dan lebih efisien. Jadi, pengeluaran dan pemasukan pemerintah akan lebih terkontrol.

Selain itu, penerapan desentralisasi juga sangat bermanfaat agar masyarakat bisa lebih sejahtera. Intinya desentralisasi sangat menguntungkan jika diterapkan karena bisa memberikan pelayanan penuh kepada masyarakat.

Kekurangan Desentralisasi

Berikut di bawah ini beberapa kelemamahan sistem desentrasi bagi pemerintahan di Indonesia, di antaranya yaitu:

1. Perbedaan Kebijakan Antar Daerah

Selain mempunyai banyak kelebihan, ternyata desentralisasi juga mempunyai beberapa kekurangan. Salah satunya dapat menyebabkan kebijakan yang berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya. Mengingat setiap daerah mempunyai pemimpin tersendiri.

Hal inilah yang ditakutkan dapat menyebabkan perbedaan pada sistem otonomi daerah. Selain itu, hal ini juga dapat menyebabkan paham kedaerahan. Mungkin saja hal tersebut dapat memicu munculnya perpecahan antar daerah.

2. Peran Pemerintah Pusat Semakin Terkikis

Adapun kekurangan lain dari penerapan desentralisasi yaitu semakin berkurang peran dari pemerintah pusat. Padahal sebenarnya pemerintah pusat mempunyai tanggung jawab yang sama yaitu menyelenggarakan pemerintahan daerah.

Baca juga : Contoh Soal Trigonometri Kelas 10

Tidak hanya itu saja, pemerintahan pusat juga mempunyai tugas sebagai pemegang arahan tertinggi. Namun, dengan diterapkannya desentralisasi, saat ini pemerintah Daerah bisa melakukan berbagai program atau hal lain yang mendukung di daerahnya.

3. Penyelenggaraan yang Lebih Kompleks

Kekurangan lain dari penerapan desentralisasi yaitu terjadinya penyelenggaraan yang lebih kompleks. Dengan kata lain, untuk memutuskan sebuah masalah atau perkara membutuhkan waktu yang lebih lama.

Tentunya jika hal tersebut terjadi dalam jangka waktu lama dapat mengganggu keseimbangan nasional. Terlebih lagi setiap daerah juga mempunyai kepentingan yang berbeda, tergantung dari pemerintah daerahnya.

Penutup

Mengetahui kelebihan dan kekurangan desentralisasi bisa memberikan pemahaman dan pengetahuan baru. Meskipun tidak berkecimpung dalam pemerintahan, tapi tidak ada salahnya untuk memahami apa itu desentralisasi.

Cukup sekian terkait pendidikan yang dapat saya bagikan dan terimakasih, saya harap tulisan ini bisa bermanfaat bagi banyak orang. See you next time.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.