GPON Fiber Optic: Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya

1 min read

GPON Fiber Optic

Saat ini, perkembangan teknologi komunikasi terus mengalami kemajuan yang sangat pesat dan berbeda dengan jaman dahulu yang masih menggunakan media tambahan berupa tembaga. Seiring berjalannya waktu, proses pengiriman data komunikasi seperti internet telah beralih menggunakan teknologi GPON fiber optic.

Pengertian GPON

GPON atau singkatan dari kalimat Gigabit Capable Passive Optical Network merupakan teknologi jaringan komunikasi kecepatan tinggi yang berfungsi untuk mengakses berbagai layanan komunikasi seperti internet, VOIP, video call, IP TV dan lainnya.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan dhcp server

GPON juga dikenal dengan Passive Optical LAN yang memiliki jangkauan dan kecepatan internet melebihi Gigabit Ethernet dalam jaringan LAN atau local area network. Teknologi telekomunikasi ini mampu menghemat biaya penggunaan listrik karena termasuk perangkat pasif yang terletak di titik jaringan secara luas. Selain itu, kinerja dan keamanan yang dimiliki GPON lebih baik daripada jaringan LAN.

Fungsi GPON

GPON memiliki fungsi utama untuk mengelola dan memberikan layanan terkait multimedia seperti video, data, gambar, voice dan beragam content yang menggunakan visual lainnya. Teknologi GPON ini bisa digunakan dalam skala perumahan atau bisnis.

Cara Kerja GPON

GPON memiliki prinsip kerja yang pada awalnya berupa signal elektrik pada transmitter lalu diubah menjadi gelombang cahaya oleh transducer elektrooptik (Laser Dioda), kemudian dikirim ke penerima yang ada di ujung perangkat lainnya melalui sambungan kabel serat optik. Pada penerima signal atau receiver ini signal elektrik akan diubah oleh Dioda atau transducer optoelektronik menjadi bentuk sinyal elektrik kembali.

Diagram GPON Fiber Optic

Fiber To The Home

Fiber to the home atau disingkat FFTH ialah jaringan internet yang menggunakan kabel Fiber Optic, FFTH ini menghubungkan pusat layanan dengan para pengguna atau CPE (Customer Premises Equpment).

Kelebihan menggunakan Fiber Optic

  • Mampu mengirimkan data hingga kecepatan 100 Mbps.
  • Bisa digunakan untuk melayani koneksi video dan data voice (Triple Play).
  • Dapat mendistribusikan informasi dua arah yang berbeda (Transmite dan Receive).
  • Menggunakan teknologi satu core fiber atau splitter yang bisa di manfaatkan untuk disalurkan ke banyak pengguna agar lebih efisien.

Komponen hardware dalam jaringan Fiber Optik

  • Media converter
  • Switch
  • ONU (optical network unit)
  • SFP (small form-factor pluggable)
  • OLT (optical line terminal)

Penutup

Akhir kata, demikianlah pembahasan singkat yang dapat saya bagikan mengenai gpon fiber optic, mulai dari pengertian, fungsi gpon dan cara kerjanya. Saya harap semua penjelasan diatas tadi dapat bermanfaat dan bisa anda pahami dengan baik. Cukup sekian dan terimakasih, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *