6 Fungsi Sistem Operasi Komputer yang Perlu Anda Ketahui

2 min read

Fungsi sistem operasi komputer

Fungsi sistem operasi komputer – Bagi anda yang bergelut di bidang komputer pasti telah memahami seputar apa itu sistem operasi, secara umum sistem operasi merupakan perangkat lunak yang bertugas untuk menjalankan rangkaian hardware atau perangkat keras dan menampilkan tampilan visual kepada user, untuk lebih jelasnya simak pembahasannya dibawah ini.

Pengertian Sistem Operasi

Sistem operasi adalah sebuah perangkat lunak pada sistem yang mengatur sumber daya dari perangkat keras (hardware) dan juga perangkat lunak (software), serta menjadi jurik (daemon) untuk program komputer. Tanpa adanya sistem operasi, pengguna komputer tentu saja tidak dapat menjalankan program aplikasi, kecuali program booting.

Baca juga : pengertian dan fungsi ram pada komputer

Sistem operasi ini mempunyai daftar jadwal yang sistematis dan tentunya mencakup perhitungan penggunaan mulai dari memori, pemrosesan data, penyimpanan data, dan juga sumber lainnya. Contoh sistem operasi modern yang ada saat ini dan banyak digunakan adalah Linux, Android, Ios, Mac OS X, dan Microsoft Windows.

Fungsi Sistem Operasi

Sebagai sebuah perangkat lunak di dalam komputer, sistem operasi ini memiliki beberapa fungsi yang cukup penting. Dan tentu saja tanpa adanya sistem operasi maka komputer tidak bisa menjalankan program dan juga fungsinya. Berikut beberapa fungsi sistem operasi yang bisa Anda simak pada artikel ini :

1. Menjalankan Operasi Dasar

Fungsi utama dari sebuah sistem operasi adalah menjalankan operasi dasar pada komputer. Sistem ini merupakan komponen yang sangat vital dan menjadi dasar kerja sebuah perangkat lunak atau software lainnya.

Sebelum aplikasi ini dapat berjalan dan digunakan pada sebuah komputer, maka sistem operasi ini lah yang memungkinkan aplikasi dan program ini dapat berjalan dan ditampilkan kepada pengguna atau user yang menggunakan perangkat komputer tersebut.

2. Mengatur Kerja Software dan Hardware

Sistem operasi ini juga bisa dikatakan sebagai Resource Manager yang ada di perangkat komputer. Artinya, sistem informasi ini berfungsi untuk mengontrol fungsi perangkat keras yang ada seperti Memori, CPU, Harddisk, dan juga perangkat keras lainnya. Selain itu, sistem informasi juga mengatur fungsi program software agar tetap terhubung dengan perangkat keras.

3. Wadah Program atau Aplikasi

Aplikasi yang diinstal pada komputer ataupun smartphone merupakan hasil dari pengoperasian OS itu sendiri. Aplikasi tersebut tentu melekat pada sistem operasi dan tidak akan bisa berjalan apabil tanpa adanya sistem operasi ini.

Secara logika, sistem operasi merupakan sebuah lantai dasar yang menjadi sebuah pijakan untuk suatu barang agar dapat digunakan dengan semestinya. Contoh barangnya adalah lemari, lemari tentu saja tidak akan berfungsi apabila tidak adanya lantai yang menjadi dasarnya bukan?

4. Menyajikan Tampilan

Tampilan yang Anda lihat pada layar komputer ataupun smartphone adalah hasil dari pengoperasian OS itu sendiri. Dengan kata lain, sistem operasi ini memudahkan aplikasi dapat berjalan sekaligus untuk menampilannya pada layar.

Sistem operasi ini juga berfungsi untuk menerjemahkan Bahasa pemrograman yang terproses dari CPU dan akan menampilkannya dalam bentuk yang kita pahami pada layar komputer ataupun gadget.

5. Mengatur Perangkat Komputer

Selain berfungsi untuk mengatur perangkat lunak dan perangkat keras agar saling terhubung satu sama lain, sistem operasi juga berfungsi untuk mengatur berbagai hal yang ada di dalam komputer.

Terutama untuk menyusun program yang bersifat kompleks untuk menjadi lebih sederhana dan dapat dipahami. Sistem operasi juga memudahka aplikasi agar dapat bekerja dengan lebih efisien.

6. Melindungi dan Mengawasi Sebuah Fungsi Program

Sistem operasi ini memungkinkan pengguna untuk memiliki hak akses komputer agar dapat menjalankan suatu program dan juga mengendalikan siapa saja yang bisa mengakses program tersebut. Atau hal tersebut biasa disebut dengan Gate Keeper.

Tak hanya berfungsi mengendalikan user untuk mengakses sistem atau program saja, sistem operasi juga dapat mengawasi berbagai hal yang dilakukan oleh user ketika mengakses program dalam komputer.

Seluruh file yang tersimpan di dalam komputer tentu saja dilindungi leh sistem operasi, dan hanya bisa diakses oleh orang-orang tertentu yang berhak mengaksesnya.

Penutup

Demikianlah pembahasan singkat dari saya mengenai pengertian dan fungsi sistem operasi komputer yang perlu untuk anda ketahui, saya harap penjelasan diatas bermanfaat dan menambah wawasan anda semua. Sekian dari saya dan terimakasih telah berkunjung di website masdzikry, sampai jumpa di pembahasan selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *