Habibi Warga negara Indonesia yang gemar menulis dan membagikan berbagai informasi bermanfaat mengenai teknologi, investasi dan komputer modern.

Memahami 5 Fungsi dan Peranan Pers di Indonesia

2 min read

Fungsi dan Peranan Pers di Indonesia

Indonesia merupakan negara hukum yang menganut sistem demokrasi. Salah satu nilai yang terkandung adalah menjamin kemerdekaan seluruh masyarakatnya dalam menyampaikan pikiran dan pendapat, baik lisan atau tulisan. Oleh karena itu, fungsi dan peranan pers di Indonesia adalah sebagai sarana masyarakat dalam menyampaikan pikiran dan pendapatnya.

Fungsi dan Peranan Pers di Indonesia

Pers memiliki peranan penting dalam sebuah negara demokrasi seperti Indonesia. Menurut pasal 33 UU Nomor 40 Tahun 1999 yang mengatur tentang pers berisikan bahwa pers merupakan media informasi, pendidikan, hiburan, dan kontrol sosial. Berikut dibawah ini adalah penjelasan dari masing-masing fungsi pers.

1. Sebagai Media Informasi

Salah satu fungsi dari pers yang paling penting adalah menjadi media infomrasi bagi masyarakat. Tujuannya adalah agar masyarakat mengetahui informasi mengenai berbagai hal, baik ekonomi, politik, dan masih banyak bidang lainnya. Oleh karena itu, pers memiliki kewajiban untuk memberikan informasi yang akurat.

Disamping itu, pers juga memiliki tanggung jawab dalam menyebarkan informasi ini. Oleh sebab itu, seorang pers juga berperan penting dalam proses pembangunan yang tengah dilakukan oleh setiap warga negara Indonesia.

Baca juga : pengertian dan jenis-jenis kebebasan pers

Menurut UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang pers, disebutkan bahwa pers merupakan sebuah lembaga sosial sekaligus wahan komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik.

Jurnalistik yang dimaksudkan mulai dari mencari berita, memperoleh berita, menyimpannya, mengolah, hingga menyampaikan berita tersebut dalam bentuk lisan maupun tulisan.

Selain itu, informasi ini juga bisa disampaikan dalam bentuk suara, gambar, maupun media elektronik, serta segala saluran yang sdah tersedia. Dengan begitu, maka masyarakat pun bisa lebih fleksibel dalam mendapatkan segala informasi yang didapatkan dan diberikan oleh para pers tersebut.

Baca juga : syarat mendirikan perusahaan pers

Berdasarkan definisi dari pers sendiri, bisa dipahami bahwa pers merupakan lembaga sosial yang memiliki sifat independen, dan memiliki kewenangan juga untuk memberikan informasi kepada masyarakat.

Selain itu, ternyata pers juga memiliki kebebasan untuk memperoleh, mengolah, dan menyampaikan segala bentuk pemikiran melalui lisan maupun tulisan.

2. Sebagai Media Pendidikan

Dalam perkembangan yang ada, ternyata pers juga masih ikut andil dalam kemajuan pendidikan di Indonesia. Dengan kata lain, pers berfungsi sebagai media pendidikan yang berperan penting dalam pengembangan waawasan dan ilmu pengetahuan atas hidup manusia.

Informasi yang telah disebarluaskan melalui berbagai media tentu saja akan berfungsi untuk mendidik, menerdaskan, sekaligus mendorong seseorang untuk bisa berbuat berbagai kebaikan.

3. Sebagai Media Hiburan

Menurut UU Nomor 40 Tahun 1999 Pasal 3 Ayat 1, disebutkan bahwa fungsi dan peranan pers di Indonesia ini adalah sebagai media hiburan.

Baca juga : memahami perbedaan pers dan jurnalistik

Bentuk hiburan yang disajikan oleh seorang pers tetap harus mengikuti aturan yang berlaku. Artinya, meski sebagai media hiburan namun tetap harus mendidik dan tidak melanggar nilai moral, agama, dan HAM.

4. Sebagai Media Kontrol Sosial

Fungsi dari pers berikutnya adalah untuk mengontrol, mengoreksi, dan memberi kritikan atas sesuatu yang bersifat tidak membangun. Dalam pelaksanaannya, memang pers juga akan berfungsi sebagai pengawas atas jalannya birokrasi.

Dengan begitu, maka pers pun bisa mencegah terjadinya tindak penyelewengan yang terjadi di Indonesia. Tindak penyelewengan yang dimaksud diantaranyaadalah Korupsi, Kolusi, Nepotisme atau KKN, dan beragam jenis penyimpangan lainnya.

5. Sebagai Lembaga Ekonomi

Selain difungsikan sebagai media hiburan dan kontrol masyarakat, ternyata pers juga bisa dijadikan sebagai lembaga ekonomi.

Baca juga : jasa rilis media nasional terpercaya

Dimana media massa ini tidak hanya bertujuan untuk memberikan kehidupan kepada penerbit media massa itu sendiri, melainkan juga dituntut untuk mampu membantu tersedianya lapangan pekerjaan.

Hal ini tentunya membuat pers dituntut untuk bisa berorientasi kepada kepentingan publik daripada kepentingan bisnis yang ada.

Kesimpulan

Perlu Anda ketahui, bahwa pers yang bebas dan bertanggung jawab sangat berperan penting dalam mewujudkan negara yang demokratis.

Dengan begitu, fungsi dan peranan pers di Indonesia ini akan selalu dituntut untuk bisa memenuhi hak masyarakat dalam mendapatkan informasi yang akurat dan berimbang.

Oleh karena itu, kebebasan pers ini harus tetap dijunjung tinggi sebagai salah satu bentuk penegakan demokrasi di Indonesia. Dengan begitu, maka pers pun bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

Habibi Warga negara Indonesia yang gemar menulis dan membagikan berbagai informasi bermanfaat mengenai teknologi, investasi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.