Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Mengenal Software Easyworship 2009 dan Pembagian Menunya

2 min read

Easyworship 2009

Easyworship 2009 merupakan salah satu software yang dapat digunakan untuk menampilkan background serta tulisan lagu. Umumnya, aplikasi ini digunakan bagi mereka yang ingin beribadah di gereja. Software ini sendiri memiliki menu dengan fungsinya yang masing-masing berbeda.

Baca juga : cara kerja dan fungsi web proxy

Sebelum menggunakannya, maka pastikan untuk menginstall software tersebut terlebih dahulu. Dapat dikatakan bahwa software ini cukup mirip fungsinya dengan Microsoft PowerPoint. Hanya saja pada Easyworship ini sudah dibekali dengan kegunaan serta kemampuan yang terbilang cukup unik.

Pembagian Menu Easyworship 2009

Ketika Anda menggunakan software yang satu ini, maka akan lebih mudah dalam menampilkan lagu pada layar proyektor. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa mengganti tampilan tersebut tanpa terlihat di layar. Dengan begitu, akan terlihat jauh lebih profesional. Di bawah ini merupakan pembagian menunya:

1. Schedule

Pada menu Schedule Anda dapat menyiapkan teks ataupun lagu yang ingin ditampilkan. Tentu saja bagian ini akan memudahkan penggunanya saat ingin mengatur keperluan tampilan. Baik itu menambah gambar, video, teks, hingga yang lainnya. Pada menu ini juga menyediakan sub menu lainnya.

Seperti New Schedule yang dapat dimanfaatkan untuk membuat Schedule baru. Save Schedule untuk melakukan penyimpanan atas Schedule yang sudah dibuat. Open Schedule untuk membuka file yang sudah tersimpan. Create a New Song untuk membuat teks baru atau lagi yang diinginkan.

2. Live

Pada menu yang satu ini berisi background serta teks yang ditampilkan. Nantinya saat file ditampilkan akan membuat tombol Live menjadi berkedip. Dalam hal ini Anda juga dapat mengganti background sesuai dengan keinginan hingga menampilkan teks berjalan di bawah tampilan serta masih banyak lagi.

Baca juga : rekomendasi aplikasi auto klik android terbaik

Pada menu yang satu ini juga terdiri beberapa menu lainnya. Seperti Clear untuk menghilangkan lagu atau teks tanpa merubah gambar, video ataupun background. Black dapat digunakan untuk membuat tampilan layar menjadi ditam. Logo segitiga tanda seru dapat berguna untuk menampilkan pesan di bawah.

3. Preview

Pada menu ini, pengguna dapat melihat kembali teks yang ingin ditampilkan. Umumnya, bagian ini memiliki warna putih. Pada bagian Preview juga menyediakan pilihan untuk menambah background serta tersedia tombol Go Live yang berfungsi untuk menampilkan filenya di layar secara langsung.

Pada menu ini juga terdapat beberapa menu lainnya. Diantaranya seperti Go Live yang sudah disebutkan sebelumnya. Terdapat pula menu Background yang berguna untuk menghapus serta menambahkan background yang diinginkan. Selain itu, masih ada banyak lagi menu yang lainnya.

Cara Menggunakan Software Easyworship

Ada beberapa cara yang bisa Anda ketahui saat ingin menggunakan software Easyworship. Setiap cara tersebut dapat dilakukan sesuai dengan aktivitas yang diinginkan. Agar tidak ketinggalan, maka simak beberapa cara menggunakannya pada ulasan selengkapnya di bawah ini:

1. Mengetik Lagu Baru

Saat menggunakan Easyworship, maka Anda memiliki kesempatan untuk menggunakan fitur Enrty atau mengetik lagu yang baru. Caranya sendiri sangatlah mudah, langsung saja pilih menu New Song. Setelah itu, tunggu sampai muncul jendela baru. Kemudian pada bagian Title ketik judul lagunya.

Dalam satu judul ini sendiri ada baiknya digunakan untuk membuat satu lagu saja. Lalu Anda bisa mengetikkan liriknya pada bagian yang berwarna putih. Pastikan untuk memisahkan antar slide dengan enter dua kali. Jika sudah tekan OK agar tersimpan dan dapat digunakan pada lain waktu.

2. Menambah dan Mengganti Background

Setelah berhasil membuat lirik lagu yang diperlukan, maka Anda juga bisa menambahkan sekaligus mengganti background sesuai dengan keinginan. Caranya juga sangat simpel dan mudah dilakukan, yakni dengan masuk terlebih dahulu pada menu Background. Setelah itu, pilih menu Options dan Add Multiple.

Baca juga : pengertian software virtual box dan kelebihannya

Kemudian, Anda bisa memilih background yang ingin digunakan tersebut setelah itu tekan OK. Agar background yang digunakan dapat tampil di LCD maka langsung saja pilih menu Go Live. Jika ingin menghapus teks lagunya maka tekan menu Clear kemudian tekan sekali lagi agar teks kembali tampil.

3. Membuat Teks Berjalan

Dengan menggunakan software Easyworship, Anda juga bisa membuat teks berjalan. Caranya adalah dengan memilih menu Message Alert. Setelah itu, pada kolom Message ketik pesan yang diinginkan agar dapat berjalan. Kemudian, pada kolom Count dapat diatur berapa kali teks tersebut akan ditampilkan.

Selanjutnya, Anda bisa memilih menu Add kemudian pilih Close. Dengan begitu, teks akan secara otomatis dapat berjalan di layar ketika ditampilkan. Jika tidak, maka pilih menu Options lalu Message Alert. Kemudian pilih Scrolling dan tentukan posisi teks pada menu Location. Yakni posisi atas atau bawah.

Penutup

Itulah beberapa informasi yang bisa Anda ketahui tentang apa itu Easyworship 2009 beserta cara menggunakannya. Dapat dikatakan bahwa software yang satu ini memiliki fungsi yang cukup lengkap. Tidak hanya itu, penggunaannya juga cukup mudah untuk membuat sebuah presentasi yang menarik.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.