Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Mengenal 7 Contoh Usaha Kecil-kecilan Ibu Rumah Tangga

3 min read

Contoh Usaha Kecil-kecilan Ibu Rumah Tangga

Meskipun di rumah saja dan menjadi full time ibu rumah tangga, bukan berarti menghalangi Anda yang ingin berkarya atau membuka usaha dari rumah. Nah di artikel ini saya akan membahas informasi mengenai beberapa contoh usaha kecil-kecilan ibu rumah tangga masa kini yang bisa Anda coba.

Baca juga : kelebihan press release media nasional bagi bisnis

Seperti yang kita ketahui bersama di era digital seperti saat ini, ibu rumah tangga yang ingin mencari peluang bisa memanfaatkan smartphone dan media sosial untuk berjualan.

Tentu seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, menjadi ibu rumah tangga juga masih bisa membuka usaha kecil-kecilan. Modal untuk memulai usaha ini pun tidak harus besar dan poin pentingnya adalah bisa dikerjakan dari rumah sehingga tidak mengganggu tugas dan kewajiban sebagai ibu rumah tangga.

Contoh Usaha Kecil-kecilan untuk Ibu Rumah Tangga

Anda tidak harus keluar rumah untuk mencari uang dan bisa memanfaatkan gadget untuk mendapatkan penghasilan dari rumah. Tentu ini memberi keuntungan tersendiri karena memungkinkan ibu rumah tangga tetap dapat mengurus rumah dan anak-anak. Berikut ini beberapa contoh usaha yang cocok untuk IRT, di antaranya:

1. Penjahit

Jasa jahit sampai kapanpun akan selalu dibutuhkan dan ini bisa menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Anda bisa membuka jasa jahit di komplek perumahan atau tempat tinggal dan tawarkan ke tetangga atau orang sekitar. Peluang ini akan sangat bagus jika belum ada kompetitor di wilayah tersebut.

Pesanan jahit biasanya akan semakin meningkat terutama ketika anak sekolah mulai memasuki tahun ajaran baru dan mendekati hari raya. Anda bisa menerima berbagai model baju dan style yang dibutuhkan oleh masyarakat. Pastikan senantiasa menjaga kualitas dengan baik agar pelanggan senang.

2. Jual Pulsa

Pulsa sudah menjelma menjadi kebutuhan primer yang harus ada dalam kehidupan seseorang. Apalagi sejak adanya smartphone dan internet untuk kebutuhan sekolah, pekerjaan, dan lainnya. Sehingga bisa dibilang peluang untuk berjualan pulsa maupun kuota internet prospeknya masih sangat tinggi.

Baca juga : rekomendasi ide usaha menu buka puasa

Anda bisa menjual paket internet dan pulsa secara bersamaan dan jualan seperti ini tidak membutuhkan modal besar. Apalagi jika dilakukan di rumah sehingga tidak perlu menyewa toko. Agar lebih banyak pelanggan, maka bisa membuka jasa pembayaran seperti BPJS, PDAM, PLN, dan lain sebagainya.

3. Toko Kelontong

Meskipun saat ini persaingan toko kelontong sangat ketat ditambah dengan kemunculan market besar yang sudah punya nama, bukan berarti berjualan sembako tidak memiliki peluang. Bisnis ini cukup mudah untuk dilakukan dan bisa memulainya dari rumah saja dengan melayani kebutuhan masyarakat sekitar.

Tidak harus menyewa ruko karena Anda bisa memanfaatkan area depan rumah sebagai tempat untuk berjualan. Modal untuk membuka toko kelontong juga tidak terlalu besar sehingga sangat berpeluang tinggi untuk memulai usaha ini. Terlebih lagi barang yang dijual adalah kebutuhan masyarakat sehingga demand-nya selalu ada.

4. Jasa Potong Rambut

Jika Anda memiliki bakat di bidang hair stylish, maka bisa membuka jasa potong rambut maupun salon kecil-kecilan. Jasa ini akan selalu dibutuhkan masyarakat karena rambut selalu tumbuh semakin panjang setiap harinya. Sebagai ibu rumah tangga tentu akan lebih nyaman jika pelanggannya adalah wanita.

Buat gaya rambut yang disukai konsumen sesuai permintaan mereka sehingga pelanggan pun puas dan akan kembali lagi untuk potong rambut di tempat yang sama suatu hari nanti.

5. Jualan Snack

Selain makanan pokok untuk kebutuhan sehari-hari, cemilan snack juga bisa menjadi peluang bisnis menggiurkan yang memiliki prospek bagus. Hampir semua orang suka snack dan mereka juga sering membutuhkan snack untuk mengadakan acara tertentu seperti pengajian, kumpul keluarga, dan lainnya.

Baca juga : kode ATM bank transfer di Indonesia

Bisnis ini juga memiliki jangkauan market yang sangat luas mulai dari anak-anak hingga dewasa sehingga sangat menjanjikan. Buat snack dengan cita rasa khas agar disukai oleh masyarakat. Anda bisa memasarkannya dengan cara menawarkan langsung ke tetangga atau berjualan di media sosial.

6. Laundry

Usaha ini sangat cocok untuk dilakukan di area perkantoran atau kampus karena biasanya anak kuliahan maupun karyawan yang bekerja tidak sempat untuk mencuci sendiri di rumah. Jika punya mesin cuci dan setrika maka bisa dimanfaatkan untuk membuka usaha laundry kiloan.

Target utamanya tentu saja orang-orang di sekitar rumah seperti tetangga atau teman. Tawarkan jasa yang lengkap mulai dari cuci, jemur, cuci kering, cuci bed cover, cuci karpet, cuci boneka, cuci setrika, dan lain sebagainya. Selama konsumen merasa puas, maka mereka pun akan kembali ke tempat yang sama untuk mencuci baju lagi.

7. Katering

Jasa katering juga bisa menjadi pilihan usaha yang sangat menjanjikan khususnya di area perkotaan. Karena kesibukan yang begitu padat, seringkali orang-orang kesulitan untuk menerapkan pola makan yang teratur. Anda bisa mengambil peluang ini dengan membuka katering sehat mulai dari sarapan hingga makan malam.

Tentu saja bisnis ini akan sangat cocok terutama bagi Anda yang memang senang memasak. Buat produk dengan cita rasa khas yang enak dan lezat lalu promosikan melalui media sosial agar mendapatkan pelanggan.

Penutup

Dari berbagai contoh usaha kecil-kecilan ibu rumah tangga di atas, Anda bisa memilih sesuai kebutuhan dan keahlian masing-masing. Menjalankan usaha akan lebih mudah berjalan lancar dan sukses jika Anda menguasai produk apa yang dijual.

Baca juga : mengenal jenis-jenis produk investasi reksadana

Oleh sebab itu, Anda perlu memahami terlebih dahulu produk atau jasa yang akan dibuat bisnis secara mendalam. Hal ini diperlukan karena untuk memaksimalkan performa usaha yang Anda jalankan, semoga berhasil.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.