Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

6 Contoh Iklan Media Cetak yang Paling Mudah Dijumpai

2 min read

Masdzikry.com – Iklan adalah informasi yang dibuat oleh setiap pemilik bisnis guna mempromosikan produk yang dihasilkannya. Iklan media cetak, adalah salah satu jenisnya. Bagi kamu yang ingin mengerti tentang jenis iklan tersebut, contoh iklan media cetak yang tersedia dalam artikel ini, mungkin cukup membantu.

Baca juga : Jasa Publikasi Media Nasional Online Professional

Iklan dibuat, tentu untuk menarik setiap pelanggan potensial. Selain itu, untuk memberikan informasi tentang suatu produk ataupun jasa yang disediakan. Sedangkan untuk media cetak, merupakan jenis iklan yang menggunakan media fisik. Salah satu contohnya bisa kamu temukan dalam koran.

Jika kamu memiliki kewajiban untuk mencari 4 contoh iklan media cetak atau lebih, kamu bisa cek di dalam koran. Biasanya, di sana banyak iklan yang bertebaran. Entah iklan berupa promo produk tertentu, hingga lowongan kerja. Itu baru satu contoh saja. Masih ada contoh lainnya.

Contoh Iklan Media Cetak

Penggunaan iklan dalam media cetak, tentu jauh lebih lama dilakukan sebelum adanya iklan media elektronik.

Contoh Iklan Media Cetak

Sejumlah referensi mengatakan bahwa iklan cetak, telah digunakan oleh seseorang bernama Johannes Gutenberg pada 1455. Hingga saat ini, sudah ada banyak contoh iklan dalam media cetak yang bisa kamu temui. Misalnya:

1. Iklan dalam Surat Kabar

Contoh iklan media cetak dari majalah atau koran yang dapat kamu temui dengan mudah. Dalam surat kabar, biasanya ada banyak kolom, baris, dan bagian advetorial yang disediakan.

Banyak yang menggunakan cara iklan ini, tentu karena surat kabar, memiliki cukup banyak audiens yang bisa juga dikatakan sebagai calon pelanggan di mata perusahaan yang beriklan.

Baca juga : Keunggulan Press Release bagi Bisnis

Ada tiga jenis iklan yang disediakan: iklan kolom, baris, dan advetorial. Mengenai iklan baris, biasanya dibentuk dengan kotak-kotak yang diatur dengan rapi. Isi iklannya, tentu bebas dan biasanya hanya berbentuk narasi.

Kalau contoh iklan media cetak jenis kolom, biasanya juga disediakan gambar berwarna yang lebih menarik dilihat dengan sedikit tulisan yang size-nya cukup besar.

Dan pada bagian advertorial, satu halaman penuh surat kabar diisi press-release atau berita dari brand tertentu.

2. Iklan dalam Majalah

Salah satu dari 2 contoh iklan media cetak yang juga gampang ditemui, yakni iklan dalam majalah. Majalah, merupakan bentuk yang lebih kasual dari surat kabar. Pasalnya, majalah ini memiliki gaya bahasa yang tidak kaku dan memiliki jangkauan topik lebih luas.

Di dalam majalah, kamu bisa menemukan jenis ikan advertorial dan jenis iklan kolom. Kalau jenis iklan baris, tidak ada dalam majalah. Perbedaan utama iklan yang ada dalam majalah, biasanya jauh lebih berwarna.

3. Iklan Media Cetak di Flyer

Jika punya tugas sebutkan 3 contoh iklan media cetak, kamu dapat menuliskan iklan media cetak yang ada di Flyer. Flyer sendiri, merupakan jenis media cetak berupa selebaran berisikan promosi barang, jasa, dan terkadang pengumuman yang biasanya bersifat sementara.

Pernah mendapatkan kertas dari konter ponsel? Atau iklan media cetak makanan yang dibagi-bagikan?Itu adalah jenis iklan media cetak di flyer. Biasanya memang, flyer dibagikan langsung ke orang-orang dari pintu ke pintu maupun di beberapa tempat umum.

Contoh iklan satu ini, memang cukup banyak digunakan oleh para pelaku bisnis. Selain dapat menjangkau lebih banyak calon pelanggan, iklan di flyer juga membutuhkan biaya pembuatan yang terbilang murah.

4. Iklan di Tabloid

Mungkin kamu akan sedikit bingung mengenai perbedaan tabloid dan majalah. Padahal, keduanya jelas-jelas berbeda. Tabloid itu, biasanya terbit seminggu sekali. Sedangkan majalah, terbitnya lebih lama yakni sekitar sebulan sekali.

Baca juga : Cara Diliput Media Nasional Ternama di Indonesia

Selain itu, tabloid juga memiliki kertas yang lebih tipis dan umumnya, menggunakan ukuran kertas yang lebih besar atau lebar. Iklan media cetak yang ada dalam tabloid, pada umumnya berbentuk kolom.

Iklan yang berbentuk kolom cukup banyak ditemukan di tabloid karena biasanya terdapat cukup banyak space kosong yang disediakan.

5. Iklan di Spanduk

Contoh selanjutnya adalah iklan yang ada di spanduk. Spanduk, merupakan media cetak yang berukuran cukup besar. Biasanya dibentangkan seperti bendera. Spanduk, paling sering dipasang di lokasi yang mudah dilihat orang. Contohnya, tepi jalan raya.

Hampir sama dengan flyer, spanduk juga berisikan iklan yang sifatnya sementara. Kamu mungkin akan memahaminya ketika melihat ada pengumuman penerimaan siswa baru ataupun spanduk pembelian hewan qurban.

6. Iklan di Billboard atau Baliho

Selanjutnya, ada contoh iklan di media cetak yang berupa billboard atau baliho. Keduanya, juga termasuk salah satu media promosi. Biasanya, dipasang di luar ruangan.

Walaupun outdoor, pemasangannya tidak boleh sembarangan seperti halnya spanduk. Ruang untuk iklan ini, biasanya telah disediakan oleh agensi periklanan tertentu. Bedanya dengan flyer dan spanduk, yakni hanya dari segi ukuran saja yang jauh lebih besar.

Penutup

Itulah beberapa contoh iklan media cetak yang dapat kamu ketahui. Sekarang, kamu dapat lebih memahami flyer yang sering disebarkan, baliho di jalan raya, ataupun spanduk yang sering dikibarkan bahwa semua hal tersebut, merupakan salah satu jenis iklan.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Koran

Akhir kata, demikianlah pembahasan singkat seputar iklan media cetak yang seringkali ditemukan. Semoga bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel ini hingga selesai, see you next time.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.