Habibi Warga negara Indonesia yang gemar menulis dan membagikan berbagai informasi bermanfaat mengenai teknologi, investasi dan komputer modern.

3 Tips Cara Menggunakan WA Web dengan Mudah

2 min read

Cara Menggunakan WA Web

Mengirim isi pesan secara cepat kini bisa lebih mudah dengan menggunakan aplikasi WA atau WA. Fitur-fitur dari WA sendiri dapat kamu nikmati melalui smartphone android ataupun iOS. Selain itu, kamu juga bisa mencoba cara menggunakan WA Web melalui laptop/PC.

Baca juga : mengenal nama efek instagram yang sedang viral

Fitur-fitur yang dapat kamu nikmati dari WA diantaranya berkirim pesan, membuat panggilan suara, video, berkirim file hingga membuat status. Baik menggunakan hp maupun laptop, WA tetap bisa kamu gunakan secara efisien dengan tampilan yang user friendly.

Perlu Anda ketahui whatsapp web atau WA Web merupakan salah satu fitur dari aplikasi WA yang memungkinkan kamu untuk dapat menggunakan satu akun di beberapa perangkat. Misalnya akun utama berada di hp satu, dapat kamu gunakan lagi di hp ataupun laptop/PC lainnya.

Cara Menggunakan WA Web

Hingga saat ini, developer WA masih mengembangkan fitur beta dalam penggunaan satu akun WA untuk digunakan di beberapa perangkat. Sehingga secara resminya, WA belum memberikan izin penggunaan satu nomor untuk dua perangkat atau lebih.

Untuk mengakali hal ini, kamu dapat menggunakan layanan WA web yang mana bisa kamu akses melalui browser di perangkat lainnya. Baik melalui browser hp, tablet maupun PC/laptop. Untuk mengetahui cara menggunakan WA web, simak pembahasannya berikut ini.

Cara menggunakan WA Web juga cukup mudah. Dimana antara tampilan WA asli dengan tampilan versi webnya adalah sama. Kamu bisa dengan bebas berkirim pesan, file ataupun membuat panggilan secara gratis.

1. Menggunakan WA Web Melalui Laptop/PC

Jika tampilan WA di ponsel terlihat kecil, kamu bisa mengalihkan WA kamu menggunakan laptop/PC. Caranya cukup simple, kamu tidak perlu membuat akun yang baru melalui WA di desktop. Untuk lebih jelasnya, simak langkah-langkah berikut ini.

  • Sebelumnya, kamu perlu menginstal aplikasi WA versi desktop atau langsung menuju webnya di web.whatsapp.com melalui laptop/PC milikmu.
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul tampilan WA web yang berisi QR code. QR Code inilah yang dapat kamu scan dengan kamera WA web di hp kamu.
  • Caranya klik titik tiga di pojok kanan atas pada akun WA di hp, pilih perangkat tertaut, lalu klik tautkan perangkat. Buka kunci dengan pin, pola, sidik jari atau sejenisnya. Maka akan muncul tampilan kamera. Segera scan QR Code dari WA desktop.
  • Setelah kamu berhasil menscan QR kode tersebut, tunggu beberapa saat hingga tampilan WA web di desktop berubah.
  • Seluruh isi percakapan WA akan nampak di WA web pada desktop kamu.

2. Menggunakan WA Web Melalui Hp

Selain cara menggunakan WA web melalui PC, kamu juga bisa menikmati WA web di hp lainnya. Jadi kamu perlu menyiapkan 2 hp untuk mempraktikkannya. Hp yang satu telah terinstal dan memiliki akun WA sementara yang satunya tidak. Berikut caranya.

  • Pastikan kedua hp tersambung dengan jaringan internet.
  • Buka browser dan masuk ke situs WA web atau melalui link web.whatsapp.com di hp cadangan.
  • Setelah muncul, ubah tampilan web browsermu menjadi tampilan desktop.
  • Tampilan yang muncul hampir sama dengan tampilan WA web versi desktop dimana terdapat QR code didalamnya.
  • Kemudian kamu tinggal membuka akun WA dari hp utama. Buka bagian perangkat tertaut untuk menscan QR code dengan kamera WA web.
  • Tunggu hingga proses loading selesai.
  • Jika sudah, maka hp cadanganmu akan menampilkan isi percakapan WA dari hp utama.

3. Cara Mengeluarkan Akun dari WA Web

Jika kamu menggunakan WA web dengan perangkat bukan milikmu, ada baiknya jika sebelum memutuskan koneksi kamu mengeluarkan dulu akun WA-mu. Hal ini berguna untuk menghindari penyalahgunaan akun oleh orang lain. Berikut cara mengeluarkan akun WA melalui WA web versi desktop.

  • Buka laman WA web di PC yang kamu tautkan dengan akun WA dari hpmu.
  • Klik pengaturan/setelan yang bersimbil titik tiga di sebelah atas daftar percakapan WA.
  • Klik opsi Keluar.

Cara yang kedua berikut ini dapat kamu gunakan untuk mengeluarkan akun WA desktop melalui WA di hp kamu. Berikut caranya:

  • Buka aplikasi WA di hp kamu.
  • Klik tombol titik tiga di pojok kanan atas layar.
  • Pilih menu perangkat tertaut.
  • Pilih salah satu perangkat yang hendak kamu keluarkan.
  • Lalu klik Keluar.

Setelah kamu mengklik opsi keluar, maka secara otomatis akses akun WA-mu baik melalui hp lainnya ataupun di PC akan terputus. Jadi isi percakapanmu yang bersifat privasi bisa lebih aman dan tidak bisa dilihat di perangkat lainnya kembali.

Penutup

Itulah pembahasan mengenai cara menggunakan WA Web dengan mudah. Kini kamu bisa berkirim pesan secara cepat menggunakan PC/laptop dalam satu akun. Namun kamu juga perlu berhati-hati karena penggunaan WA web di perangkat lain dapat diretas oleh pihak ketiga.

Habibi Warga negara Indonesia yang gemar menulis dan membagikan berbagai informasi bermanfaat mengenai teknologi, investasi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.