Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

4 Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android tanpa Aplikasi

2 min read

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android tanpa Aplikasi

Saat Anda tidak sengaja menghapus file penting, tentu saja akan sangat panik. Terlebih, jika file tersebut akan segera digunakan. Baik itu foto, dokumen, video, atau file penting lainnya. Akan tetapi, tidak perlu khawatir karena bisa mencoba dahulu cara mengembalikan file yang terhapus di Android tanpa aplikasi.

Baca juga : cara transfer pulsa telkomsel dengan benar

Cara tersebut nantinya bisa dimanfaatkan untuk mengembalikan data yang terhapus pada perangkat Android. Akan tetapi, biasanya memang akan sangat sulit mengembalikannya. Hanya saja, tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa cara mengembalikan file yang sudah terlanjur terhapus tersebut.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android Tanpa Aplikasi

Pada dasarnya, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan file terhapus pada perangkat Android. Beberapa cara diantaranya dapat dilakukan tanpa perlu menggunakan aplikasi. Oleh karena itu, tentu akan sangat mudah untuk melakukannya sehingga jangan ragu mencobanya.

Caranya adalah dengan memanfaatkan fitur Trash yang ada pada File Manager. Tidak perlu khawatir karena umumnya pada setiap ponsel Android sudah dilengkapi dengan menu tersebut. Adapun fungsinya yakni mirip dengan Recycle Bin yang ada di komputer atau laptop berbasis Windows.

Umumnya, file yang sudah terhapus secara tidak sengaja tersebut tidak akan lenyap atau hilang secara permanen. Akan tetapi, akan masuk pada fitur Trash. Untuk itu, Anda bisa langsung mengembalikan file tersebut dengan cara menekan tombol Restore.

1. Menggunakan Google Photos

Cara lainnya yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan file adalah dengan memanfaatkan aplikasi Google Photos. Aplikasi tersebut tentu sudah tersedia di setiap perangkat Android. Hanya saja memang cara yang satu ini hanya dapat diterapkan dengan memanfaatkan aplikasi.

Baca juga : rekomendasi aplikasi transfer file android to pc

Langkah pertama adalah dengan membuka aplikasi Google Photos. Setelah itu, pada tampilan awal yang muncul Anda bisa memilih ikon garis tiga yang ada di bagian pojok kanan atas. Kemudian pilih kolom trash yang ada pada bagian layar. Lalu akan tersedia beberapa foto yang tidak sengaja terhapus tersebut.

Kemudian, Anda bisa memilih salah satu foto yang ingin dikembalikan filenya seperti semula. Klik foto tersebut kemudian pilih menu restore yang ada pada bagian bawah kanan dari foto. Dengan begitu, foto yang sudah terhapus dapat dikembalikan lagi filenya.

2. Menggunakan Google Drive

Masih dengan memanfaatkan aplikasi besutan Google, kini Anda juga bisa mengembalikan file yang sudah terhapus secara tidak sengaja lewat Google Drive. Hanya saja, cara yang satu ini akan berlaku apabila data yang dilenyapkan tersebut sudah diunggah dalam sistem cloud Google Drive.

Caranya adalah dengan masuk terlebih dahulu pada fitur trash. Selanjutnya, pastikan Anda melakukan Restore agar nantinya dapat mengembalikan file yang sudah terhapus sebelumnya secara tidak sengaja. Dari situ, nantinya file-file yang sudah di restore akan kembali seperti semula.

Dengan begitu, Anda bisa menggunakan kembali file yang sudah kembali tersebut. Oleh karena itu, ada baiknya lain waktu lebih hati-hati lagi dalam menghapus file. Pastikan untuk memilah terlebih dahulu file mana saja yang ingin dihapus dan mana saja yang tidak ingin dihapus.

3. Menggunakan DiskDigger

Cara lain yang bisa Anda gunakan untuk mengembalikan file terhapus adalah dengan memanfaatkan DiskDigger. Cara yang satu ini memang memanfaatkan aplikasi. Akan tetapi, tidak perlu khawatir karena aplikasi DiskDigger dapat diunduh secara gratis lewat Google Playstore.

Terlebih, dengan memakai DiskDigger, proses pengembalian file yang sudah terhapus sebelumnya dapat dilakukan dengan cara yang mudah. Dengan begitu, Anda bisa mencoba untuk mengembalikan data yang sudah hilang. Caranya kerjanya sendiri yakni aplikasi tersebut akan mencari data yang hilang.

Hanya saja, beberapa file yang dapat dikembalikan tersebut umumnya merupakan file-file yang terhapus setelah Anda memasang aplikasi DiskDigger tersebut pada ponsel. Selain itu, apabila ingin memaksimalkan kinerja fitur scannya maka ada baiknya untuk melakukan root terlebih dahulu.

4. Menggunakan EaseUS Recovery Tool

Cara yang satu ini dapat juga dimanfaatkan untuk mengembalikan beberapa file yang sudah terhapus. Nantinya, aplikasi EaseUS MobiSaver for Android tersebut perlu Anda unduh terlebih dahulu pada Google Playstore. Tidak perlu khawatir karena proses pengunduhan tersebut tidak memerlukan biaya.

Baca juga : rekomendasi aplikasi bom sms untuk Android

Aplikasi yang satu ini sendiri dapat digunakan untuk mengembalikan file dengan mudah dan juga cepat. Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkannya untuk mengembalikan file foto, kontak, pesan, hingga video yang sudah terhapus secara tidak sengaja sebelumnya.

Cara yang perlu dilakukan adalah dengan memilih menu restore yang tersedia. Akan tetapi, seperti pada aplikasi DiskDigger agar dapat menggunakan fitur yang jauh lebih lengkap maka ada baiknya untuk melakukan proses root ponsel terlebih dahulu.

Penutup

Itulah beberapa cara mengembalikan file yang terhapus di Android tanpa aplikasi. Apabila ingin mengembalikan file tanpa aplikasi, maka Anda bisa menerapkan salah satu cara yang sudah dijelaskan di atas. Dengan begitu, file-file yang sudah terhapus dengan tidak sengaja dapat tersedia seperti semula.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.