8 Cara Mengatasi Baterai HP Cepat Habis Pada Android

2 min read

Cara mengatasi baterai hp cepat habis

Penggunaan Hp android di kalangan masyarakat terus meningkat pesat. Terlebih dengan berkembangnya teknologi, Hp digunakan untuk berkomunikasi dan juga berbagai aktivitas lainnya yang berhubungan dengan teknologi. Nah pada artikel ini saya akan membahas mengenai cara mengatasi baterai hp cepat habis.

Cara Mengatasi Baterai Hp Cepat Habis Melalui Perawatan Baterai

Seperti yang kita tahu bahwa setiap perangkat hp memiliki kapasitas baterai yang berbeda-beda, hal ini juga tergantung dari merek dan tipe smartphone yang digunakan.

Namun, seringkali aktivitas menjadi terganggu karena tiba-tiba hp kehabisan daya. Berikut ini merupakan beberapa cara mengatasi baterai android cepat habis yang perlu anda ketahui, diantaranya yaitu :

1. Ganti Baterai Sebelum Habis Masa Pakainya

Penyebab baterai hp cepat habis padahal tidak digunakan biasanya juga berasal dari kondisi baterai hp itu sendiri. Umur atau masa pakai dari baterai juga berperan besar dalam menyebabkan baterai hp cepat habis. Oleh karena itu perlu untuk menggantinya sebelum terjadi perubahan bentuk sebagai indikasi lewatnya masa pakai dari baterai tersebut.

Baca juga : cara menghapus background foto secara otomatis

Baterai kembung merupakan salah satu indikasi bahwa baterai telah melewati masa pakai yang seharusnya. Perlu diketahui juga bahwa memberi tekanan pada baterai kembung dengan tujuan mengempiskan bukanlah cara mengatasi baterai kembung yang tepat. Justru akan memungkinkan terjadinya kebocoran pada baterai. Solusinya, ganti baterai dengan yang baru untuk mengatasi baterai hp cepat habis.

2. Gunakan Baterai Berkualitas Tinggi

Pastikan untuk menggunakan baterai original untuk bisa memperoleh baterai yang berkualitas. Sebab, penggunaan baterai yang kualitasnya rendah juga menjadi salah satu penyebab cepat habisnya daya pada hp.

Semakin bagus kualitas baterai biasanya semakin mahal pula harganya, tetapi jangan karena tergiur dengan harga murah lantas menghambat aktivitas Anda.

3. Ganti Baterai yang Rusak

Kerusakan pada bagian dalam baterai maupun fisiknya tentu perlu adanya penggantian karena sudah tidak dapat digunakan. Ketika secara fisik terlihat baik-baik saja, tetapi baterai hp tiba-tiba habis padahal Anda tidak memakainya merupakan tanda adanya kerusakan di dalam baterai hp Anda.

Sementara jika secara fisik sudah mengalami kerusakan, dapat dipastikan terjadi kebocoran. Tidak ada cara mengatasi baterai bocor selain menggantinya dengan yang baru. Dengan begitu Anda juga mampu mengatasi baterai hp cepat habis yang mengganggu.

Cara Mengatasi Baterai Hp Cepat Habis Melalui Pengaturan dan Perawatan Hp

1. Kurangi Aplikasi Berjalan di Latar Belakang

Kinerja hp akan menjadi jauh lebih ringan ketika Anda mengurangi aplikasi yang berjalan di latar belakang. Dengan begitu, secara tidak langsung Anda juga berupaya menghemat daya dan juga mengatasi baterai hp cepat habis yang kerap mengganggu aktivitas Anda.

2. Hapus Aplikasi yang Tidak Dibutuhkan

Sama halnya dengan poin sebelumnya, maksud dari poin kedua ini juga melakukan penghematan daya dengan meringankan kinerja dari hp Anda. Cari ini cukup efektif dalam menghemat baterai hp Anda.

3. Non Aktifkan Fitur Tambahan

Beragam fitur tambahan yang ada pada gawai, ternyata berperan dalam menguras baterai. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk mematikannya jika tidak sedang digunakan. Cukup aktifkan ketika memang sedang dibutuhkan. Sebut saja seperti wi fi, GPS dan juga bluetooth. Langkah ini juga mampu menghemat daya ponsel Anda.

4. Kurangi Kecerahan Layar Hp

Kecerahan layar hp juga turut berperan besar dalam konsumsi daya hp Anda. Oleh sebab itu, jika ingin mengatasi baterai hp cepat habis maka dapat dimulai dengan mengurangi kecerahan layar hp Anda.

5. Menjaga Suhu Baterai Tetap Normal

Pemakaian ponsel dalam waktu lama atau secara berlebihan juga penyebab hp panas dan baterai cepat habis. Maka, gunakanlah ponsel sewajarnya. Berikan jeda dalam penggunaanya untuk mengistirahatkan dan menjaga suhu baterai agar tetap normal.

Waktu pengisian daya terkadang juga mempengaruhi suhu baterai ponsel Anda. Usahakan untuk tidak men charge saat hendak tidur karena berpotensi over charging. Namun, jangan tunggu hp sampai mati karena baterai kosong untuk mengisi daya ponsel Anda. Waktu pengisian daya juga mempengaruhi keawetan baterai hp Anda.

Kebiasaan buruk dalam menggunakan maupun mengisi daya baterai hp Anda juga berperan dalam menjaga keawetan baterai Anda. Sama halnya dengan kondisi fisik dan kualitas baterai itu sendiri. Maka, untuk mengatasi baterai hp cepat habis adalah dengan melakukan perawatan yang tepat pada baterai dan juga hp Anda.

Penutup

Demikianlah pembahasan singkat saya mengenai cara mengatasi baterai hp cepat habis pada android yang perlu anda ketahui, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *