Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

7 Tips Cara Mengatasi Android Lemot dengan Efektif

2 min read

Cara Mengatasi Android Lemot

Dewasa ini HP Android sudah menjadi salah satu kebutuhan yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Sehingga jika Android lemot, pasti akan sangat menjengkelkan. Jika sudah seperti itu pasti anda akan mencari cara mengatasi Android lemot dengan cepat.

Baca juga : cara download video pinterest di telegram

Tak perlu khawatir, karena memang ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Baik itu dengan cara menghapus aplikasi yang tidak digunakan lagi atau menghapus sampah-sampah yang tersembunyi.
Beberapa Cara Mengatasi Android Lemot Paling Mudah

Apakah anda memiliki HP Android yang sering lemot? Mungkin hal tersebut disebabkan karena beberapa faktor. Namun, faktor yang paling mempengaruhi permasalahan ini yaitu penyimpangan penuh. Masalah tersebut mungkin bisa di atasi dengan beberapa cara dibawah ini.

Cara Mengatasi Android Lemot

Berikut dibawah ini beberapa metode dan tips yang dapat Anda terapkan dengan mudah dalam memperbaiki android yang lambat, diantaranya yaitu:

1. Hapus Beberapa Aplikasi yang Tidak Digunakan

Mungkin salah satu penyebab Android lemot yaitu penyimpanan penuh. Jadi, Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu menghapus beberapa aplikasi yang memang sudah tidak digunakan lagi. Dengan begitu, ruang penyimpanan akan lebih lega.

Mengingat biasanya beberapa aplikasi tersebut menyimpan data dan ukuran file yang cukup besar. Jadi, cobalah untuk membuka setelan aplikasi pada HP dan lihat apakah ada aplikasi yang tidak pernah digunakan.

2. Menyeleksi Auto Sync

Adapun cara mengatasi Android lemot yang selanjutnya yaitu menyeleksi Auto Sync. Mungkin saja salah satu penyebab Android lemot dikarenakan terlalu banyaknya tugas Auto Sync. Sehingga jika dibiarkan terlalu lama hanya akan memenuhi penyimpanan.

Baca juga : rekomendasi aplikasi prakiraan cuaca android

Meskipun sebenarnya fungsi dari Auto Sync cukup banyak, tetapi jika menyebabkan Android lemot juga tidak akan berguna. Dalam hal ini yang harus anda lakukan yaitu menyeleksi Auto Sync dan menyeleksi apa saja yang harus disinkronkan.

3. Kurangi Penggunaan Penyimpanan

RAM dan penyimpanan internal merupakan salah satu bagian yang memiliki peranan penting dalam Android. Jadi bisa anda bayangkan jika keduanya sudah penuh, sudah bisa dipastikan Android akan semakin lemot. Jika tidak menginginkan hal tersebut, kurangi penggunaannya.

Meskipun sebenarnya memori baik itu penyimpanan internal ataupun RAM tidak menjadi salah satu faktor penyebab kelancaran Android. Namun, setidaknya cara ini bisa anda lakukan untuk mengatasi Android yang sedang lemot.

4. Pasang Aplikasi Perlindungan Tambahan

Memasang Aplikasi Perlindungan bisa menjadi cara mengatasi Android lemot yang selanjutnya. Tidak menutup kemungkinan jika Android yang digunakan terkena virus yang berasal dari penggunaan internet. Hal tersebut dapat menyebabkan Android lemot jika tidak segera diatasi.

Namun, perlu diingat jangan sampai menggunakan aplikasi perlindungan lebih dari satu. Mengapa demikian? Dikarenakan lebih banyak aplikasi yang didownload maka kemungkinan besar Android lemot akan terjadi. Perlu diketahui juga jika aplikasi ini memakan RAM besar.

5. Clear Cache secara Berkala

Cache data sementara yang dihasilkan dari beberapa aplikasi. Dengan kata lain setiap aplikasi akan memiliki data Cache yang bisa dihapus kapanpun. Jadi, jika data ini dalam waktu yang lama tidak dihapus tentu akan menumpuk dan dapat menimbulkan Android lemot.

Baca juga : tips cara membangun bisnis ala orang jepang

Setidaknya Anda bisa melakukan penghapusan cache setelah seharian digunakan. Meskipun sebenarnya dengan adanya cahce ini untuk membuka aplikasi. Namun, jika menumpuk juga tidak baik untuk kesehatan android.

6. Lakukan Pembaruan Sistem secara Rutin

Selanjutnya cara mengatasi Android lemot yang bisa dilakukan yaitu dengan memperbarui sistem secara rutin. Cara sederhana ini tidak pernah disadari oleh kebanyakan orang. Padahal pihak pengembang biasanya secara berkala akan melakukan pembaruan sistem pada Android.

Adapun tujuan dari pembaruan ini agar dapat meningkatkan keamanan serta performa Android. Itulah kenapa Android lemot jika anda sama sekali tidak memperbarui sistem secara berkala. Jadi, cobalah untuk mengecek sistem yang sudah usang, agar android bisa kembali lancar.

7. Kurangi Widget Aktif

Cara terakhir yang bisa anda lakukan untuk mengatasi Android lemot yaitu dengan mengurangi widget. Meskipun widget keberadaannya sangat membantu. Namun, hal tersebut justru bisa membuat Android lemot jika terlalu banyak. Jadi, mulai saat ini cobalah untuk menguranginya.

Sebagai solusinya agar anda tetap bisa menggunakan widget, pilih beberapa saja yang paling penting. Mengingat widget ini juga memakan penyimpanan internal dan RAM. Namun, jika sudah tidak lemot, tidak ada salahnya jika Anda menggunakan widget lainnya jika dibutuhkan.

Penutup

Itulah beberapa cara mengatasi Android lemot yang bisa anda lakukan dengan mudah. Namun, Jika beberapa cara tersebut tidak menghasilkan apapun, cara terakhir yang bisa dilakukan yaitu mengembalikan Android ke setelah pabrik.

Baca juga : rekomendasi bot musik discord terbaik

Akhir kata, demikianlah informasi singkat yang dapat saya tulis seputar tutorial cara memperbaiki ponsel android lambat. Semoga bermanfaat, see you next time.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.