Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

10 Langkah Cara Ganti Kartu ATM BRI Chip di Indonesia

2 min read

Cara Ganti Kartu ATM BRI Chip

Nasabah bank BRI diharapkan untuk segera mengganti ATM BRI yang lama ke ATM BRI Chip. Tak perlu khawatir, karena sebenarnya cara ganti kartu ATM BRI chip cukup mudah. Anda hanya perlu datang ke bank dan membawa persyaratan-persyaratannya.

Baca juga : kelebihan press release media nasional bagi bisnis

Perlu diketahui jika kartu ATM BRI yang sudah dilengkapi teknologi chip lebih aman untuk melakukan transaksi. Bahkan, kapasitas penyimpanan datanya juga lebih besar dibandingkan dengan kartu ATM yang lama. Lebih jelasnya simak penjelasan ini.

Persyaratan Ganti Kartu ATM BRI Chip

Tuntutan mengganti kartu ATM BRI chip membuat para nasabah banyak yang bingung. Padahal sebenarnya cara mengganti kartu ATM chip cukup mudah dan persyaratan yang harus dipenuhi juga sederhana. Adapun berikut ini persyaratan-persyaratannya.

  • Siapkan kartu identitas baik itu KTP, SIM, Passport dan lainnya.
  • Bawa kartu ATM BRI yang lama.
  • Jangan lupa juga membawa buku rekening tabungan.

Cara Ganti Kartu ATM BRI Chip

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya jika sebenarnya cara mengganti kartu ATM BRI chip sangatlah mudah untuk dilakukan oleh setiap nasabah. Namun, tidak menutup kemungkinan jika banyak nasabah yang masih bingung. Tak perlu khawatir, berikut ini langkah-langkahnya.

  1. Siapkan persyaratan-persyaratan yang harus dibawa.
  2. Kunjungi kantor cabang BRI terdekat.
  3. Setelah sampai, minta nomor antrian.
  4. Tunggu beberapa saat hingga nomor antrian dipanggil.
  5. Jika sudah, silakan menuju ke customer service.
  6. Anda tinggal menyampaikan jika ingin mengganti kartu ATM chip.
  7. Setelah itu serahkan semua dokumen persyaratannya.
  8. Setelah itu customer service akan membantu proses penggantian kartu ATM chip.
  9. Tunggu beberapa saat hingga prosesnya selesai.
  10. Setelah selesai, Anda bisa langsung menggunakan kartu ATM tersebut.

Batas Akhir Ganti Kartu ATM BRI Chip

Setelah mengetahui apa saja persyaratan dan bagaimana cara ganti kartu ATM BRI Chip. Penting juga untuk mengetahui kapan batas akhir penggantian kartu ATM tersebut. Perlu diketahui khusus nasabah BRI, penggantian kartu ATM chip terakhir tanggal 31 Desember 2021.

Baca juga : rekomendasi aplikasi survey penghasil uang

Penukaran kartu ATM lama dengan magnetic strip bisa dilakukan di semua cabang BRI seluruh Indonesia. Jadi sebagai nasabah anda tidak perlu khawatir lagi, cukup segera datang ke kantor BRI terdekat secepatnya.

Bahkan, untuk mengganti kartu ATM BCA yang lama dengan yang baru tidak membutuhkan biaya apapun. Namun, nasabah diwajibkan untuk membawa persyaratan berupa identitas, kartu ATM lama dan buku rekening.

Perbedaan Kartu ATM Chip dan Magnetic

Sebagian nasabah mungkin merasa asing terkait perbedaan antara kartu ATM chip dan kartu ATM magnetic. Dari segi keamanan transaksi, kartu ATM chip lebih terjamin. Bahkan, kapasitas penyimpanannya juga lebih besar. Lebih jelasnya berikut ini perbedaannya.

1. Cara Penyimpanan Data

Data nasabah yang menggunakan kartu ATM lama dan sudah diserahkan ke pihak bank BRI akan tersimpan pada magnetic stripe. Baik itu data berupa nomor kartu, expiry date, nama lengkap dan data lainnya.

Sedangkan nasabah yang menggunakan kartu ATM chip, maka semua data tersimpan pada CPU. Selain itu, data tersebut juga tersimpan pada memori, aplikasi, sistem operasi dan fungsi kriptografi. Jadi, keamanan datanya lebih terjamin dan Inilah kenapa chip sangat disarankan.

2. Keamanan

Dari segi keamanan, kartu ATM chip lebih aman untuk melakukan berbagai transaksi. Pasalnya kartu ini tidak akan mudah untuk diduplikasi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Inilah kenapa diwajibkan untuk menggantikan kartu ATM chip.

Sedangkan untuk kartu ATM yang masih menggunakan magnetik stripe, resiko yang diterima lebih besar. Tidak menutup kemungkinan penggunaan kartu ATM ini mudah untuk diduplikasi oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

3. Proses Verifikasi

Dari segi proses verifikasi, kartu ATM chip dapat dipastikan kartu tersebut asli dan tidak dapat dimanipulasi. Sekalipun pengecekan dilakukan secara offline ataupun online CAM. Inilah kenapa penting untuk segera menggantinya.

Baca juga : jenis-jenis search engine masa kini

Sedangkan untuk kartu ATM magnetic stripe, pihak bank tidak bisa menjamin keaslian dari kartu tersebut. Sekalipun nantinya kartu tersebut digunakan untuk transaksi, tetapi keasliannya tidak bisa dijamin.

4. Jumlah Aplikasi

Kekurangan dari penggunaan kartu ATM magnetic stripe yaitu hanya bisa menampung satu aplikasi saja. Sebaliknya, jika menggunakan kartu ATM chip, maka didalamnya dapat menampung lebih dari satu aplikasi sekaligus. Inilah kenapa ATM chip sangat disarankan.

5. Harga

Perbedaan antara kartu ATM berbasis chip dengan kartu ATM magnetic stripe terletak pada harganya. Adanya beberapa kelebihan dari kartu ATM chip, tak heran jika harganya lebih mahal dibandingkan kartu magnetic stripe.

Penutup

Itulah cara ganti kartu ATM BRI Chip yang harus dilakukan. Mengingat batas akhir penggantian kartu ATM tanggal 31 Desember 2021, segera datang ke kantor bank terdekat. Tak perlu khawatir, karena biayanya gratis.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.