Nur Alam Hobi bergelut di bidang teknologi, digital marketing dan seo spesialist. CEO di agency digital Surabaya Masdzikry.com, lets work together.

7 Tips Cara Menjadi Supplier Tangan Pertama untuk Toko Online

2 min read

Cara Menjadi Supplier Tangan Pertama

Bagaimana cara menjadi supplier tangan pertama? Ya, dalam dunia bisnis, ada istilah supplier, produsen, dan konsumen. Supplier memiliki peran untuk memasok barang yang dibutuhkan oleh konsumen. Tentu kuantitas yang disediakan harus dalam jumlah banyak agar bisa memenuhi semua kebutuhan pembeli.

Baca juga : jasa diliput media nasional melalui press release

Menjadi supplier tangan pertama akan memberi keuntungan tersendiri dibandingkan dengan distributor maupun reseller yang menjual ecer. Karena jumlah produk yang terjual lebih banyak dan harganya pun murah.

Sehingga profitnya akan banyak karena mengejar kuantitas. Tak heran jika banyak yang penasaran untuk menjadi supplier pertama.

Cara Menjadi Supplier Tangan Pertama

Di era digital yang semua serba online seperti saat ini, tentu tidak sulit untuk mencari produsen agar bisa menjadi supplier tangan pertama.

Ketika menjadi supplier jenis ini, maka akan dicari oleh banyak reseller, penjual, maupun konsumen karena harga yang diberikan lebih murah. Berikut ini beberapa caranya, yaitu:

1. Mengunjungi Sentra Industri

Untuk menjadi supplier pertama, maka Anda harus mencari produsen yang memproduksi suatu produk secara langsung. Caranya bisa dengan mendatangi bazar bisnis atau sentra industri secara langsung. Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan jika datang langsung ke lokasi produksi.

Selain bisa memilih sendiri kualitas produk yang ingin dijual kembali dan melakukan negosiasi kepada produsen, Anda juga bisa melihat bagaimana proses produksi suatu produk berlangsung. Bahkan bisa juga bertemu langsung dengan pemilik untuk meningkatkan kepercayaan dan mengurangi resiko kerugian.

Ketika sudah terbangun kepercayaan antara kedua belah pihak, maka akan lebih mudah menjalani proses transaksi ke depannya. Bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan harga lebih murah ketika melakukan pembelian lagi karena sudah berlangganan.

2. Datang ke Bazar Bisnis

Bazar atau pameran bisnis sering dilakukan oleh pemerintah maupun pihak swasta dari organisasi tertentu sebagai wadah bagi para pengusaha untuk mengenalkan produknya. Anda akan bertemu dengan berbagai jenis bisnis yang memperkenalkan produknya di bazar tersebut.

Baca juga : tips cara dapat uang dari bisnis online

Dengan mengunjungi bazar, maka diharapkan nantinya bisa terbentuk hubungan kerja sama antar sesama pelaku bisnis. Bazar atau pameran juga menjadi peluang emas untuk membangun jaringan, relasi, wawasan, serta kerja sama.

Bazar biasanya diikuti oleh banyak peserta bahkan dari luar daerah sehingga Anda akan memiliki lebih banyak pilihan untuk mencari supplier dengan harga termurah dan kualitas terbaik. Minta kontak mereka satu per satu dengan mengambil kartu nama karena peserta bazar biasanya sudah menyediakan itu.

3. Melalui Toko Online atau Website

Jika masih belum menemukan supplier yang tepat secara langsung, maka bisa dengan mencoba mengunjungi situs website atau online shop supplier yang menjadi produsen. Cari dengan kata kunci misalnya supplier gamis tangan pertama di Google untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Bisa juga dengan melakukan penelusuran melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, Telegram, dan lainnya. Biasanya akan langsung muncul daftar akun yang menjual produk dari tangan pertama dengan harga murah. Produsen biasanya juga menjual dalam jumlah grosir tidak eceran.

4. Melalui Marketplace

Online shop juga mudah ditemukan di marketplace dan Anda juga akan menemukan banyak pedagang. Mulai dari reseller, grosir, dropshipper, distributor, importir, dan lainnya. Sehingga peluang untuk menemukan produsen agar nantinya Anda bisa menjadi supplier tangan pertama pun sangat tinggi.

Caranya bisa dilakukan dengan mengecek secara langsung para penyedia produk yang berjualan di marketplace satu per satu. Bandingkan harga serta cek deskripsi setiap produk untuk mengetahui spesifikasi kualitas dan informasi penjual mana yang menawarkan harga termurah.

5. Bergabung dengan Komunitas Bisnis Online

Ketika menggeluti dunia bisnis, akan ada banyak forum, komunitas, maupun grup pebisnis online. Anda bisa saling bertukar informasi tentang bisnis dan produk yang dijual. Ketika ada produsen yang menjual dengan harga murah, maka bisa dijadikan supplier utama.

Baca juga : rekomendasi bisnis franchise di bawah 5 juta

Contoh forum yang bisa diikuti seperti Kaskus karena biasanya aka nada member lain yang memberikan informasi terkait bisnis, produk, supplier, dan lain sebagainya. Selain itu, bergabunglah dengan grup di media sosial maupun WhatsApp untuk menjalin relasi dengan produsen, distributor, dan penjual lainnya.

Tips Memilih Produsen

Sebagai supplier tangan pertama yang nantinya akan menjual produk langsung dari pabrik atau produsen, maka penting untuk memilih penyuplai barang yang tepat. Berikut ini beberapa tips yang bisa diikuti, di antaranya:

1. Pastikan Memiliki Kontak dan Alamat yang Jelas

Cari produsen yang alamat dan kontaknya jelas agar mudah dihubungi. Karena jika mereka tidak bersedia untuk memberi alamat dan kontak dengan jelas dan terkesan menutup-nutupi, dikhawatirkan ada niat kurang baik ke depannya seperti penipuan.

2. Mempunyai Feedback Bagus

Kualitas supplier dapat diketahui dari feedback yang diberikan oleh konsumen yang pernah menggunakan produk tersebut. Biasanya produsen yang memiliki online shop mengunggah testimoni dari pelanggan langsung di akun media sosial toko atau website.

Sedangkan jika Anda mencarinya melalui marketplace, maka bisa dilihat pada kolom penilaian konsumen. Cari tahu apakah feedback yang diberikan positif atau negative.

Penutup

Dengan mengetahui cara menjadi supplier tangan pertama di atas, maka Anda pun bisa menemukan produsen yang tepat untuk diajak kerjasama.

Baca juga : contoh ide bisnis frozen food masa kini

Akhir kata, demikianlah pembahasan singkat seputar beberapa tips yang dapat Anda terapkan dalam mencari produsen dan menjadi supplier langsung tangan pertama. Semoga bermanfaat, see you next time.

Nur Alam Hobi bergelut di bidang teknologi, digital marketing dan seo spesialist. CEO di agency digital Surabaya Masdzikry.com, lets work together.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *