Moch Dzikry Teori itu mudah, tapi praktek cukup sulit untuk dilakukan. Terkadang rasa malas dapat menghambat kita dalam mencapai suatu tujuan.

Pentingnya Digital Marketing Bagi Bisnis Anda Saat Ini

2 min read

Pentingnya Digital Marketing Bagi Bisnis Anda Saat Ini

Para pengusaha tentu sudah mengetahui akan pentingnya digital marketing bagi bisnis yang dijalani sekarang ini. Kecanggihan teknologi digital membuat banyak semua jenis pekerjaan dapat dilakukan di sini termasuk juga dengan promosi produk dan jasa atau marketing.

Baca juga : Keunggulan Press Release bagi Bisnis

Bahkan Anda bisa cek biaya tes DNA di Google juga atas bantuan teknologi digital. Adanya penjualan di e-commerce, promosi dengan menggunakan Instagram, YouTube, TikTok juga merupakan trik digital marketing. Digital marketing sebetulnya sudah mulai populer dalam satu dekade terakhir.

Manfaat dari penjualan di dunia maya ini mulai terasa dalam dua tahun belakangan. Tentunya para pengusaha sudah merasakan pentingnya penggunaan digital marketing di era pandemi dalam menunjang jumlah penjualan produk dan jasa.

Manfaat Pentingnya Digital Marketing bagi Bisnis Anda

Sebagian dari Anda mungkin bertanya-tanya tentang tujuan bisnis digital. Hal ini penting untuk Anda lakukan karena akan sangat menunjang pendapatan juga penjualan.

Sebelum itu ketahuilah tentang manfaat penting dari digital marketing baik untuk bisnis, promosi, hiburan, dan berbagai tujuan lainnya.

1. Menghemat Biaya Pemasaran

Dengan adanya pemasaran digital maka Anda tidak perlu repot untuk membuat pemasaran dalam bentuk cetak. Pemasaran dengan menggunakan brosur, leaflet, banner, cetak di koran, dan majalah akan membutuhkan biaya yang lebih tinggi.

Sedangkan, membuat media marketing di sosial media atau internet akan lebih terjangkau dan efisien

2. Langsung Menjangkau Konsumen

Teknik marketing konvensional menciptakan jarak antara konsumen dan pemilik bisnis. Sedangkan trik, marketing digital membuat konsumen dapat memberikan komentar ataupun saran langsung kepada sang pemilik bisnis atau merek. Hal ini membuat Anda lebih mudah menyesuaikan diri dengan kemauan pasar.

3. Mudah Menganalisis Bisnis Anda

Teknik marketing digital saat ini memudahkan Anda untuk bisa mengetahui statistik penjualan, traffic pengunjung ke media sosial ataupun akun e-commerce, orang yang melihat produk, bahkan lengkap dengan usia jenis kelamin dan keterangan lainnya.

Baca juga : Ide Usaha Jajanan Anak dengan Modal Kecil

Dengan hal ini akan memudahkan Anda untuk menganalisis strategi marketing yang Anda terapkan ke depannya.

Jenis Digital Marketing yang Cocok untuk Bisnis

Setelah mengetahui tentang pentingnya digital marketing bagi bisnis, maka Anda dapat menentukan jenis promosi digital marketing apa yang cocok bagi usaha tersebut.

Pertama, ketahuilah terlebih dahulu target pasar seperti kalangan anak muda, wanita, pria, dan lain sebagainya. Sesuaikanlah dengan produk atau jasa yang Anda jual.

1. Marketplace E-commerce Marketing

Teknik pemasaran ini cocok untuk Anda yang menjual berbagai produk kebutuhan sehari-hari misalnya pakaian, makanan, peralatan rumah tangga, dan yang lainnya. Akan tetapi mungkin juga untuk menjual jasa meski sangat jarang dilakukan di platform ini.

2. Social Media Marketing

Segala jenis usaha mulai dari usaha retail, fashion, makanan, jasa menggunakan media sosial untuk penjualannya. Sosial media dapat menampung semua skala usaha mulai dari UKM hingga perusahaan besar.

Beberapa media sosial yang populer untuk marketing seperti Instagram, Facebook, TikTok, YouTube, dan yang lainnya.

3. Digital Ads Marketing atau Iklan Berbayar

Mengapa marketing itu sangat penting dalam dunia bisnis? Tentunya tidak terlepas dari tujuan penggunaan Ads untuk menjangkau lebih banyak konsumen dan menghasilkan keuntungan. Beberapa Ads yang populer seperti Google Ads, Facebook Ads, dan yang lainnya.

4. Influencer Marketing

Banyak produk yang menggunakan influencer atau selebgram untuk mempromosikan produknya. Biasanya pengikut dari influencer ini akan menggunakan barang-barang yang diiklankan oleh idola mereka. Sehingga teknik marketing ini sangat layak Anda coba.

5. Email Marketing

Anda bisa melakukan promosi dengan melakukan blast di email. Cara ini banyak digunakan oleh perusahan besar yang mengharuskan penggunanya menyertakan akun email saat melakukan transaksi.

Baca juga : Rekomendasi Aplikasi Stok Barang

Meski terlihat sederhana, akan tetapi trik ini memiliki banyak manfaat digital marketing bagi bisnis owner.

6. Optimasi SEO (Search Engine Optimization)

Cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan membuat optimasi (SEO) di website sehingga selalu berada di halaman utama dalam pencarian Google.

Dengan cara ini maka produk yang Anda tawarkan akan mendapatkan peluang klik yang lebih besar dari pengguna internet. Teknik ini sangat menjanjikan untuk meningkatkan penjualan dalam bisnis Anda.

Penutup

Jika ingin mengetahui pentingnya digital marketing bagi bisnis, maka gunakanlah teknik optimasi ini. Anda bisa berkunjung ke https://optimasi.ai yang menyediakan segala kebutuhan perihal SEO.

Penawaran layanan Optimasi.ai mencakup jasa SEO, riset keyword, blog, dan masih banyak yang lainnya. Tingkatkan penjualan, traffic kunjungan ke website, dan raih keuntungan yang lebih besar dengan menggunakan optimasi SEO.

Moch Dzikry Teori itu mudah, tapi praktek cukup sulit untuk dilakukan. Terkadang rasa malas dapat menghambat kita dalam mencapai suatu tujuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.