Pengertian Internet Gateway, Fungsi dan Cara Kerjanya

4 min read

Apa itu internet gateway

Kumpulan jaringan komputer skala global memiliki beberapa istilah yang hampir sama. Salah satunya yaitu “perangkat penyambung (internet gateway)”, terkadang hal ini sering disamakan dengan kata “router”, padahal fungsi dari keduanya berbeda. Lantas apa pengertian internet gateway yang sebenarnya?

Pengertian Internet Gateway

Agar tidak bingung lagi mengenai hal tersebut, langsung saja simak pembahasannya mengenai pengertian internet gateway di bawah ini:

1. Secara Harfiah

Secara harfiah, gateway berasal dari dua kata diksi Bahasa Inggris yaitu “gate” dan “way”. Berdasarkan hal tersebut, maka dalam dunia komputer pengertiannya yaitu penghubung antar jaringan satu dengan yang lainnya.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan komunikasi daring

Gateway bukan hanya mampu mengkoneksikan satu atau dua jaringan saja, namun juga dalam jumlah yang cukup besar. Hal ini merupakan salah satu instrumen penting, sebab tanpa perangkat penyambung maka otomatis koneksi tersebut tidak bisa dilakukan.

2. Secara Fungsional

Internet gateway merupakan jembatan penghubung bagi hardware maupun software yang jaringannya tidak kompatibel sehingga mampu melakukan transfer data ke masing-masing komputer. Bagaimanapun, tanpa instrumen ini perbedaan tersebut menyebabkan komputer tidak bisa mengakses informasi.

Anda juga dapat mengartikan gateway sebagai komputer yang menghubungkan 2 jaringan atau lebih, karena memiliki minimal dua network interface. Untuk menyambungkan kedua protokol berbeda tersebut, maka instrumen ini harus mengkonversinya terlebih dahulu supaya lancar saat mengakses data.

Perbedaan Gateway dan Router

Internet gateway merupakan perangkat yang menyediakan konektivitas dua atau lebih untuk sebuah jaringan. Umumnya, komputer dengan software ini juga menyediakan layanan terjemahan sebagai kunci yang memungkinkan berbagai sistem melakukan komunikasi.

Sedangkan router sendiri merupakan perangkat yang dapat menghubungkan dua atau lebih segmen jaringan. Jenis perangkat jaringan ini juga menyimpan data yang mampu menentukan jalur terbaik untuk mentransfer sebuah data.

Bagi pemula dalam dunia jaringan komputer, masih banyak yang sulit membedakan antara gateway dan router. Padahal, sebenarnya kedua instrumen tersebut sangat berbeda. Simak beberapa perbedaannya berikut:

  • Gateway menghubungkan 2 atau lebih jaringan protokol berbeda. Sedangkan router berfungsi memastikan transfer data sampai ke alamat yang benar.
  • Gateway tidak mendukung routing dinamis, berbanding terbalik dengan router yang justru mendukungnya.
  • Gateway bekerja dengan membedakan jaringan internal dan eksternal. Sedangkan cara kerja router yaitu menginstal informasi routing rute lalu lintas berdasarkan alamat tujuan.

Fungsi Internet Gateway

Gateway merupakan salah satu software di dalam komputer yang berfungsi untuk menjembatani koneksi antar jaringan dari protokol informasi yang berbeda. Untuk itu, perhatikan beberapa rincian fungsinya secara singkat berikut ini:

1. Protocol Converting

Sesuai dengan penjelasan di atas gateway mampu menjadi penghubung antar jaringan komputer dengan protokol berbeda. Saat itulah fungsinya sebagai protocol converting berlaku sebagai koneksi keduanya dalam waktu bersamaan (sekaligus mengkonfigurasikannya) ke perangkat lunak.

Peran protocol converting dalam hal komunikasi sangat penting, mengingat komputer tidak dapat saling saling terhubung jika jaringannya berbeda. Oleh karena itu, fungsi ini merupakan kebutuhan yang mutlak, yaitu jika jaringan gateway dapat beroperasi dalam setiap tingkat yang ada pada model lapisan Open System Interconnection (OSI).

2. Mempermudah Akses Informasi

Adanya fungsi protocol converting otomatis akan mempermudah akses informasi antar komputer. Dengan begitu, internet gateway akan menghubungkan dua jaringan atau lebih sehingga siap untuk saling bertukar data.

Seperti yang Anda ketahui jika terdapat perbedaan protokol antar komputer, maka mereka akan kesulitan untuk berkomunikasi. Setelah menggunakan gateway dan jaringannya tersambung, maka aliran informasi atau datanya otomatis semakin lancar.

3. Stabilisasi Performa Komputasi

Pada kondisi tertentu, Anda dapat menggunakan jaringan internet gateway untuk meningkatkan performa aplikasi bisnis secara merata. Caranya yaitu dengan memberikan tugas komputasi berlebih kepada suatu perangkat kemudian mendistribusikannya ke komputer lain sehingga lebih stabil.

4. Pengamanan dan Pengaturan Data

Adanya jaringan dari internet gateway pada komputer lingkungan bisnis memungkinkan seorang administrator untuk mengorganisasi data-data penting kantor. Hal ini merupakan pilihan yang lebih praktis daripada harus memisah setiap departemen yang menyebabkan data menyebar dimana-mana.

Administrator bisa memanage data-data penting milik kantor ke dalam sebuah back end sehingga memungkinkan untuk mereplika atau membackupnya sesuai kebijakan perusahaan. Selain itu seorang admin juga dapat mengontrol keamanannya agar hanya orang tertentu saja yang mampu mengakses atau mengeditnya.

5. Menggabungkan Jaringan Arsitektur dan Topologi

Terkadang ada beberapa jaringan yang arsitektur, topologi serta polanya tidak sama. Jika seperti itu, maka Anda tentu akan kesulitan untuk menghubungkannya menjadi satu karena pasti kompabilitasnya bermasalah.

Oleh karena itulah, komputer menggunakan internet gateway digunakan untuk membantu menggabungkan dua jaringan atau lebih meskipun pola topology serta arsitekturnya berbeda.

6. Hardware sharing

Fungsi lain dari internet gateway yaitu dapat menghubungkan beberapa perangkat menjadi satu dengan sangat mudah. Tentu ini akan sangat berguna bagi mereka yang menggunakan beberapa hardware secara bersama-sama.

Salah satu contoh hardware sharing dalam hal ini adalah pada printer server. Artinya, cukup dengan satu server saja internet gateway memungkinkan semua client dalam jaringan yang sama dapat menggunakannya secara bersamaan sekaligus.

Cara Kerja Internet Gateway

Cara kerja internet gateway

Seperti perangkat komputer pada umumnya, gateway juga memiliki cara kerjanya sendiri. Prinsip dasarnya sesuai dengan pengertiannya yaitu serupa pintu masuk untuk menjangkau jaringan lain.. Namun, masing-masing setidaknya harus terdiri dari 2 jenis antarmuka.

Misalnya saja saat mengakses internet, maka alamat situs web bisa Anda kunjungi jika melalui arahan dan rute paket data dari gateway untuk tujuan tersebut. Selain itu, juga bisa mengumpamakannya seperti perumahan kecil berada di dalam kompleks lebih besar yang dikelilingi oleh gateway.

Jika menyamakannya dengan hal tersebut, berarti gateway merupakan jaringan besar yang memiliki perbedaan struktur antara rumah besar dan kecil. Singkatnya, gateway adalah gerbang di tepi perumahan besar sedangkan router yaitu jalan menuju rumah kecil di dalamnya.

Kelebihan Internet Gateway

Terciptanya internet gateway juga memberi efek positif bagi penggunanya. Lantas apa sajakah hal yang dimaksud?, simak kelebijannya di bawah ini/

1. Berbagi Sumber Daya

Menggunakan internet gateway memungkinkan pengguna memakai sumber daya secara bersamaan. Misalnya, meskipun berada pada jarak 100 km namun tidak akan mengalami kesulitan seolah data tersebut berada di dekatnya.

2. Keandalan Tinggi

Kelebihan ini bisa Anda dapatkan karena dengan menggunakan jaringan komputer, maka memiliki sumber persediaan alternatif. Contohnya seperti dapat menyalin dan menyimpan file ke dalam dua komputer atau lebih yang terhubung ke jaringan.

3. Hemat Uang

Rasio harga sekaligus kinerja komputer yang berukuran kecil lebih baik daripada ukuran besar. Salah satu alasanya yaitu, jaringan bersama memiliki mainframe sepuluh kali lebih cepat daripada pribadi.

Meskipun begitu harga mainframe lebih mahal, bahkan hingga 1000 kali lipat. Adanya ketidakseimbangan antara harga atau kinerja dengan rasio kecepatan membuat perancang membangun sistem yang terdiri dari komputer pribadi.

Kekurangan Internet Gateway

Lantas, apa saja kekurangan dari internet gateway ini? Berikut ulasannya:

1. Biaya lebih Tinggi

Pengeluaran biaya untuk mengembangkan jaringan mencakup berbagai aspek, yaitu membeli perangkat keras, konsultasi rencana, dan layanan mendirikannya. Tidak terkcuali dalam investasi besar bagi perusahaan yang kebutuhan jaringannya tinggi.

Sedangkan bagi pengguna rumahan biayanya dapat dikurangi. Namun, rancangan jaringannya juga harus sedemikian rupa supaya tidak ada biaya overhead yang semakin membengkak.

2. Manajemen Hardware dan Administrasi Sistem

Pada sebuah organisasi perusahaan yang sebelumnya telah memiliki sistem administrasi ini termasuk hal kecil jika dibandingkan pengeluaran jumlah biaya kerja dan tahap implementasinya.

Namun, menggunakan gateway merupakan tahap penting karena jika terjadi kesalahan dapat menyebabkan re-review atau pembangunan kembali jaringan. Oleh karena itu perlu manajemen pemeliharaan oleh profesional IT.

3. Berbagi Data yang Tidak Diinginkan

Jika tidak ada operator jaringan yang mengatur maka kemudahan berbagi data kepada orang-orang tertentu justru sering menyebabkan kebocoran folder bersama. Selain itu, orang lain tanpa hak juga bisa membaca file tersebut.

4. Aplikasi Virus dan Metode Peretasan

Jika perencanaan sistemnya tidak baik maka hal ini rawan terjadi sebagai penyebab downtime jaringan dan menghentikan pekerjaan.

Prosedur Pemeriksaan Internet Gateway

Sebelumnya siapkan beberapa keperluan berikut:

  1. Komputer dengan OS Linux Fedora Core dan windows XP
  2. Repository fedora core 5

Setelah persiapannya sudah lengkap langkah-langkah prakteknya yaitu:

  1. Mengecek dengan ipconfig: pilihan yang bisa Anda praktekkan yaitu ipconfig, ipconfig/all, ipconfig/release, dan ipconfig/renew
  2. Memeriksanya kembali dengan cara melakukan Ping: pilihan yang bisa dipraktekkan yaitu ping ip gateway, ping ip dn server, dan ping ip server
  3. Menggunakan nslookup, yaitu nslookup ugm.ac.id, nslookup (enter) kemudian set query=x atau set query=ns.

Penutup

Itulah beberapa pengertian internet gateway. Ada yang berdasarkan fungsionalitas, harfiah, terminologi, cara kerjanya dan pembahasan lainnya. Meskipun terdapat beberapa jenis penjelasan namun definisi pastinya lebih cocok sebagai jembatan penghubung antar jaringan komputer dalam skala luas.

Demikianlah pembahasan saya mengenai pengertian gateway, semoga penjelasan di atas tadi dapat berguna dan membawa manfaat bagi banyak orang. sekian dari saya dan terimakasih telah berkunjung di website mas dzikry, sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *