Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

4 Faktor yang Mempengaruhi Biaya Asuransi Mobil Per Tahun

2 min read

Saat ini asuransi tidak hanya tersedia untuk kesehatan, tapi juga tersedia asuransi mobil. Adanya asuransi ini sangatlah berguna untuk memberikan ganti rugi jika terjadi hal-hal tidak diinginkan pada mobil. Misalnya saja seperti kecelakaan, bencana, pencurian dan lain sebagainya.

Baca juga : Perbedaan Asuransi Syariah dan Asuransi Konvensional

Untuk bisa menikmati manfaat dari asuransi tersebut harus mengetahui berapa biaya asuransi mobil per tahun.

Faktor yang Mempengaruhi Biaya Asuransi Mobil Per Tahun

Sedangkan untuk biaya ini tergantung dari jenis asuransi, tempat tinggal dan juga faktor-faktor lainnya. Maka dari itu, dalam memilih jenis asuransi harus sesuai dengan kebutuhan.

Jenis-jenis Asuransi Mobil

Bagi Anda yang mempunyai mobil baru sudah seharusnya mengikuti asuransi untuk membeli mouser hal-hal tidak diinginkan.

Namun, sebelum itu penting juga untuk mengetahui jenis-jenis asuransi yang tersedia saat ini. Lebih jelasnya berikut ini 4 jenis asuransi mobil:

1. Asuransi Mobil TLO

Jenis asuransi mobil yang pertama yaitu TLO atau Total Loss Only. Perlu Anda ketahui jika jenis asuransi mobil ini memberikan jaminan perlindungan jika mobil mengalami kerusakan berat. Bahkan, mobil yang dicuri juga bisa mendapatkan asuransi ini.

Dengan kata lain Jika ingin menggunakan asuransi ini harus mobil sudah rusak parah. Bahkan, mobil yang sudah tidak bisa digunakan sama sekali juga bisa mendapatkan jaminan dari asuransi jenis ini. Begitu juga mobil hilang karena dicuri orang.

2. Asuransi Mobil All-risk

Jenis asuransi mobil All-risk cocok sekali Bagi anda yang memang ingin mendapatkan jaminan perlindungan mobil secara menyeluruh. Misalnya saja mobil yang rusak karena kecelakaan, bencana alam, kerusuhan hingga dicuri orang.

Baca juga : Kelebihan Asuransi Kendaraan Bermotor

Tentunya untuk bisa mendapatkan jaminan perlindungan mobil secara menyeluruh ini biaya asuransi mobil per tahun cukup besar.

Namun hal tersebut sebanding dengan manfaat yang akan didapatkan kedepannya. Tak heran jika saat ini banyak orang yang memilih jenis asuransi ini.

3. Asuransi Mobil Gabungan

Jenis asuransi mobil yang selanjutnya yaitu gabungan. Sesuai dengan namanya jenis asuransi ini merupakan gabungan antara asuransi TLO dengan All-risk. Biasanya mobil baru yang bisa menikmati jenis asuransi ini.

Biasanya mobil baru di tahun pertama akan mendapatkan asuransi jenis All-risk. Sedangkan untuk di tahun berikutnya menggunakan asuransi jenis TLO. Jenis asuransi ini berlaku untuk semua jenis mobil baru.

4. Asuransi Mobil Perluasan

Jenis asuransi mobil yang terakhir yaitu Perluasan. Maksud dari jenis asuransi ini yaitu sebagai pemilik mobil melakukan perluasan manfaat dari asuransi Total Loss Only dan juga jenis asuransi All-Risk. Pemilik mobil melakukan pemanfaatan juga mempertimbangkan beberapa hal.

Salah satu alasan kenapa pengguna melakukan perluasan perlindungan asuransi mobil karena terjadi kerusakan pasca bencana angin topan atau bencana lainnya. Intinya adanya asuransi sejenis ini sebagai antisipasi terjadinya kerusakan.

Faktor yang Mempengaruhi Biaya Asuransi Mobil Per Tahun

Jika anda tertarik untuk mendaftarkan asuransi mobil, tentu harus mengetahui beberapa hal yang dapat mempengaruhi biayanya.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Kesehatan

Lebih jelasnya lagi berikut di bawah ini beberapa faktor yang mempengaruhi biaya asuransi mobil per tahun yang harus diketahui, di antaranya yaitu:

1. Jenis Asuransi Mobil

Faktor pertama yang dapat mempengaruhi biaya asuransi mobil yaitu jenis asuransinya. Sesuai dengan penjelasan sebelumnya jika ada beberapa jenis asuransi mobil yang bisa dipilih yaitu TLO, All-risk, gabungan dan perluasan.

Satunya dari beberapa jenis tersebut mempunyai perbedaan dari layanan perlindungannya. Tak heran jika hal tersebut dapat mempengaruhi biaya untuk setiap tahunnya.

Jika Anda memilih penanggungan risiko cukup lengkap, maka biaya per tahunnya juga cukup besar untuk dikeluarkan.

2. Perusahaan Asuransi

Faktor lain yang dapat mempengaruhi berapa biaya asuransi mobil yaitu perusahaan asuransi yang dipilih.

Di Indonesia banyak sekali perusahaan asuransi mobil yang tersedia, tentunya Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih salah satunya.

Salah satu alasan kenapa biaya berbeda di setiap perusahaan asuransi karena manfaat yang diberikan juga berbeda. Bahkan, ada juga Perusahaan yang memberikan manfaat ekstra, sehingga biaya per tahun cukup tinggi.

3. Durasi Berkendara

Lamanya usia kendaraan juga dapat mempengaruhi Berapa biaya asuransi mobil. Selain itu, penggunaan kendaraan yang cukup tinggi juga dapat mempengaruhi biayanya. Misalnya saja antara mobil pribadi dengan mobil dinas tentu biaya asuransinya berbeda.

Baca juga : Manfaat Produk Asuransi Kesehatan BCA

Mengingat mobil yang mempunyai operasional cukup tinggi seperti mobil dinas akan mempengaruhi penurunan resiko mesin. Begitu juga sebaliknya untuk mobil pribadi resiko penurunan mesin atau komponen lain semakin kecil.

4. Wilayah dan Tempat Tinggal

Tempat tinggal maupun wilayah Anda saat ini juga dapat mempengaruhi Berapa biaya asuransi mobil per tahun.

Hal tersebut terjadi karena setiap wilayah mempunyai risiko kecelakaan yang berbeda. Terjadinya hal tersebut karena kondisi jalan yang berbeda.

Hal inilah yang dapat mempengaruhi pihak asuransi yang menerapkan pengambilan beberapa persen dari zona wilayah.

Semakin padat sebuah wilayah, maka semakin besar juga biaya yang harus dibayarkan untuk asuransi mobil.

Penutup

Itulah penjelasan lengkap mengenai faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perbedaan biaya asuransi mobil per tahun.

Dengan kata lain besar atau kecilnya biaya asuransi yang harus dikeluarkan setiap tahunnya tergantung dari kebutuhan.

Semakin besar harapan untuk mendapatkan jaminan perlindungan mobil, maka juga harus siap untuk mengeluarkan biaya asuransi yang besar.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *